Oleh: maulanusantara | November 29, 2007

Waspada Bahaya di Balik Krim Pemutih

mirelustra.jpg
Siapa perempuan yang tak bangga memiliki kulit putih berseri tanpa noda spot coklat atau kehitaman di wajah? Tidak ada. Bahkan yang berkulit gelap dari ‘sononya’ ingin tampak lebih putih. How come?

Bahkan iklan produk pemutih wara-wiri di televisi, belum lagi di media cetak. Anda tahu, dari dua produk pelembab yang terjual, salah satunya adalah produk pemutih kulit.

Apapun rela dilakukan perempuan untuk tampil lebih cantik dengan kulit putih cling. Bahkan harga bukan masalah, sekalipun harus mengeringkan tabungan bertahun-tahun! Putih sudah menjadi obsesi, yang tak jarang membuat kita lupa diri, tak waspada terhadap produk krim pemutih yang beredar di pasaran.

Mendapatkan kulit putih, atau tepatnya lebih cerah, tidak bisa dengan cara instan. Jika Anda menemukan putih dengan cara instan, katakan dalam hitungan minggu, patut dicurigai ada sesuatu di balik itu.

Secara umum terdapat berbagai jenis krim pemutih di pasaran. Krim-krim ‘ampuh’ ini umumnya mengandung berbagai jenis zat aktif seperti hidrokuinon, monobenzil dan monometil hidrokuinon, raksa, asam askorbat dan peroksida.

Namanya juga bahan kimia, selalu ada efek sampingnya jika tak digunakan sesuai takaran yang disarankan. Krim yang mengandung bahan aktif hidrokuinon amat mengesankan sekali cara kerjanya dalammembasmi spot hitam atau warna yang tidak merata pada kulit, meski hasilnya berbeda pada setiap individu.

Dalam suatu kajian yang telah dijalankan di Amerika Syarikat (Arndt dan Fitzpatrick, 1965), krim yang mengandungi 2% dan 5% hidrokuinon telah diuji ke atas 56 subjek yang mempunyai masalah spot kehitaman pada kulit. Menariknya, 12% dari jumlah subjek kajian adalah penduduk berketurunan kulit hitam. Mereka ini menggunakan krim mengandung hidrokuinon dua kali sehari selama tiga bulan.
Hasilnya menakjubkan. Krim mengandung hidrokuinon dapat menghilangkan spot hitam pada 44 orang yang mengikuti penelitian dari jumlah 56 responden.

Pemakaian hidrokuinon yang berlebihan bukannya tak membawa efek samping. Krim yang mengandungi 5% hidrokuinon telah dilaporkan memberi kesan sampingan (iritasi dan rasa terbakar pada kulit). Namun jika kadarnya hanya 2% pemakai hanya mengalami sedikit iritasi atau terbakar saja.

Pemakaian hidroquinon berlebih dapat menyebabkan kulit iritasi, dan jika dihentikan kulit akan seperti semula, bahkan bisa lebih buruk. Lebih bahaya lagi merkuri. Logam yang sebenarnya sudah dilarang itu memang menjadikan kulit tampak putih mulus, tetapi lama-kelamaan akan mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun kulit akan biru kehitaman, bahkan dapat memicu timbulnya kanker.

Kadar zat pemutih hidroquinon untuk kosmetik hanya diperbolehkan dua persen, lebih dari itu harus diperlakukan sebagai obat.

Krim pemutih merupakan campuran bahan kimia yang bertujuan memucatkan noda hitam (cokelat) pada kulit. Dalam jangka waktu lama krim tersebut dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Namun jangan salah, penggunaan yang terus-menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen.

Sayangnya, sekarang banyak konsumen kejeblos, menggunakan pemutih yang bermanfaat instan. Pemutih tersebut bisa menimbulkan efek rebound, yaitu memberikan respons berlawanan saat pemakaian dihentikan.

Hasil kajian tersebut juga menunjukkan bahawa krim ini hanya sesuai untuk pengguna berkulit cerah dengan spot kehitaman tidak banyak. Krim ini bekerja baik untuk perawatan kulit pada peringkat awal pembentukan bintik hitam.

Bagaimana krim seperti itu bekerja? Dari kajian ini didapat hasil hidrokuinon menghalangi pengeluaran melanin oleh melanosit di dalam epidermis. Hidrokuinon juga menembus kulit dan menyebabkan penebalan gentian kolagen.

Efek samping hidrokuinon memang sedikit saja terutama jika dipakai pada kadar rendah, namun ada rasa panas terbakar saat krim dengan hidrokuinon tinggi diaplikasikan pada kulit.

Jika krim seperti ini digunakan dalam jangka panjang, sementara kita juga terekspos sinar matahari, bukan kulit cerah merona yang kita dapat, melainkan sebaliknya. Spot coklat aau kehitaman justru bertambah, bahkan muncul bintik kekuningan pada kulit yang disebut okronosis. Kerusakan ini mungkin bersifat selamanya karena tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengembalikan ke bentuk atau warna semula.

Hidrokuinon bukan saja berbahaya jika digunakan pada kulit pada kadar tinggi. Jika termakan zat ini dapat menyebabkan keracunan yang serius. Jika yang termakan mencapai kepekatan 5-15 gram akan menyebabkan kerusakan sel darah merah (hemolytic anemia).

Siapa sih yang tak ingin kulitnya putih dan mulus dalam hitungan minggu? Tapi harap diingat, begitu kosmetik dihentikan kulit menjadi hitam atau dikotori dengan flek-flek, bahkan merah seperti udang rebus, atau lebih parah lagi muncul kanker kulit.[]

Source: http://www.hanyawanita.com/

About these ads

Responses

  1. saya nana…

    sudahlah…tak usah berpikir keras unutk menjadikan kulit kita menjadi putih…
    1 kilo krim pemutih pun tak akan mampu, karena dasarnya hitam ya diputihin kayak apapun akan kembali hitam pada saat suatu saat kita berhenti memakai krim tersebut…
    tak apa2 hitam, yang penting bersih dan wangi

  2. Emg produk apa yg mbak anda pakai? Sehingga mbak tidah yakin kalau bsa putih slamax.

  3. wahh..bahaya ne,, pdhal aq tuh trobsesi bngt jdi putih,, eh twu2nya,, mlah jd rusak,,

    klit aq gak diblng hitam,, tpi kuning lngsatt,, jd pingin sdikit lbih putih ja,,eh tpi stlah bca blog ne,,

    aq jdi tkut+ khawatir+ ragu buat pake,,

    jd ogah za dehhh………..biarin za kuning lngsatt, yg pnting bersih n trawatt,, ga usah di pikirin deh,, bwat cmuanya,,

  4. klo pke krim pemutih yang herbal gimana,ada efek samping’y juga gk

    • karena herbal, seharusnya efek sampingnya bisa diminamilisir

  5. bener bgt..

  6. Gw dah jadi korban. Awalnya pengen punya kulit putih mulus kayaq KK gw, t’rus gw nyoba krim pemutih yang gw b’li dari temen, dan k’tanya dia b’li dari dokter. Emang sih, awalnya instan, tapi setelah itu~

    Sampe sekarang kulit gw jadi rusak. Bayangin aja, bukannya jadi putih, malah hitam kusam, bintik2x hitam muncul, sering banget komedoan, beda banget sama kulit badan gw yang sering gw cuekin, bagaikan kopi dan susu :(.

  7. Huftu,, q jg pernah pake krim yg ada kandungan hidrokuinon 2 %. Alhasil dlm seminggu kulit q putih bersih merona, stlh q hentikan pemaikaian, kulit wjah q kembali sperti smula, bahkan noda2 cacar ku muncul jg, hadoooh, cape jg pngen terlihat cantik, huhuhu

  8. apa bahaya dari krim pemutih tersebut ?

  9. waduh apa’an dunk biar kulit tuch jd putih dgn ngk da efek samping,n dgn wktu yg cpat??????????
    thanks

  10. Pakai aja krim pemutihnya…ya seperti yg ada di iklan2…jgn takut makey nya blum tentu smua produk mengandung unsur yg berbahaya

  11. aq adalah salah satu pemakai krim pemutih…
    sebenarnya aq gak tertarik memiliki wajah putih.. tetapi aq pakai krim itu untuk menghilangkan tanda lahir yg ada di wajahku..
    krim yg pertama hasilnya cukup lama,tapi kalau krim yg kedua cepat,, hanya saja krim yg kedua malah bikin wajahku jadi gatal2…
    aq jg gak berani lagi pakai yg pertama karena takut kena kanker kulit…
    jd harus gimana ya buat menghilangkan tanda lahir itu?? mohon solusinya…

  12. jika ingin memakai produk pemutih wajah, anda harus benar” teliti dan cermat dalam memilih produk tsb…lihat kandungan produk, lihat ijin produk dan lihat apakah produk tsb sudah banyak konsumennya….

  13. kk” semuanya,tdk ush pakai yg kaya begonoan,soal’nya mamah aku juga kulit’nya jdi belang karna krim yg kaya begono’an…
    Udah g usah y
    bahaya nanti ujung”ny kena kangker kulir

  14. dulu pernah pake krim pemutih juga selama 6bln, emg wajah jd bersih bgt, tp lepas dr krim itu wajah jd hancur berantakan, jerawat muncul terus gede2 lg, wajah jd kusem, flek2 hitam mulai muncul…hiii ngeri
    skrg alhmdulillah ud pulih n ud nemuin solusi yg oke bgt buat muka aku
    ya stlh rajin treatment pake galvanic spa wajah jd kembali segar, ga putih tp terlihat cerah n yg pasti sehat :)

  15. aq makek ,,krim pemutih siank malam,,n beserta lulurnyaaa
    emank se baru dpat 1 mnggu ajha kulit aq dah kleiatan cerah,,
    tp pas aq makek mlmny ,,adha yg terasa gatal n perih,,
    bentol2 di lekukan tengan aq ..
    klu kuak gt bahaya gak kak ???
    mohon kritk n sarnnya yach kak…
    ;-(

    • lebih baik segera ditinggalkan pemakaiannya, atau dikonsultasikan ke dokter ahli. daripada membawa efek negatif lebih parah :)

    • mb mala…pake galvanic spa aj mb…(spt pengalamanku)
      bisa mendetox endapan bahan berbahaya kok yg ud terlanjur masuk ke lapisan kulit…

  16. Ngilangin kemerahan akibat pemakaian hidroquinon gmn ya? tolong dong. makasih

    • bisa send e-mail ke iea_farrelarva@yahoo.com.au mb Aza, aku ksh tau cara aman mendetox bahan2 berbahaya yg terlanjur masuk ke dlm kulit :)

  17. Mba nola ,mau tanya dunk galvanic spa itu buat apa n ada’a dmn yy ?mhon info’a.

    • kegunaannya antara lain : melancarkan peredaran darah, mengeluarkan toksin dan komedo dr dlm kulit, mendetox dr endapan bhan2 yg berbahaya (termasuk merkuri ato hydroquinone), menipiskan flek, mengecilkan pori2, menutrisi sel dan meremajakan kulit….for more info bs send e-mail ke iea_farrelarva@yahoo.com.au
      mba manda pernah jd korban krim pemutih jgkah?…tq

  18. Saya cuma mo tnya aza…
    cream pemutih dan ada juga sabunnya saya pakai emang bikin kulit kinclong dalam 2 minggu…
    tapi rasanya gatal2, kulit terkelupas, dan kulit sperti terbakar…
    apa kosmetik yang saya gunakan aman…????
    menurut penjualnya c dari bahan alami n ga pakai bahan kimia sama sekali…
    dan cuma di jual untuk kalangan sendiri…
    tapi ternyata setelah di cari banyak juga yang jual…..
    mohon penjelasaanya ya…
    trims…..

  19. Thx buat infonya….

  20. waspadalah…bila memakai produk-produk pemutih

  21. Banyak penjual krim pemutih yang mengatas namakan buatan dokter,kalau ditanya pada bingung, dulu karena kebodohan saya,saya ikut juga berjualan…hasil yg didapat bukan main besarnya, tapi setelah saya ketahui itu bermerquri akhirnya saya berhenti. saran saya berhentilah pakai krim2 yang tdk jelas. mungkin hasil cepat didapat tapi selanjutnya…wajah anda akan hancur dan terkontaminasi belum lagi efek2 lainnya….istri saya yg dulu pakai krim tsb mukanya rusak luar dalam alhamdulillah…proses dan waktu yg panjang bisa dilewati.STOP PENGGUNAAN CREAM-CREAM YG TIDAK JELAS. KALAU MEMANG PRODUK YG BISA MEMBERIKAN WAJAH PUTIH DALAM WAKTU SINGKAT ITU BAGUS DAN AMAN.kenapa perusahaan2 besar dan ternama tdk ikut ambil bagian?,knapa produk perusahaan besar qualitas nya tdk seperti mereka? padahal secara tehnology dan sumber daya perusahaan2 besar itu sanggup ? ya…karena mereka memiliki standard keaman !!! sdgkan kream pemutih hanya memiliki 1 standard !! KEUNTUNGAN TANPA MEMIKIRKAN PENGGUNANYA !!

  22. sya baru2 ini memakai kriem pemutih bermerek new dokter,berlabel asli..1 minggu muka sya mengelupas tp setelah itu putih,,,n bersih,,kriem itu sya beli dari teman dy udh make hampir 1 bulan,tp gk ada mslh..
    yg sya mau nanya mbak bgai mana cara menberhentikan nya dan tdk kenak efek sampng,dan sejenis apakah galvanic spa..utuk muka
    konfirmasi kan ke email sya ya mbak
    ukhtijanah@ymail.com

  23. mbak galvanic itu aman gk..untuk wajah yg sudah pernah memaki kriem pemutih

    • @Mifta, aman mb, bahkan dia menetralisir kulit dr bahan kimia berbahaya yg terlanjur masuk ke kulit…lanjut japri aja yuk ;)
      Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

  24. wahh, kalo gitu sih mendingan kulit item daripada pake cream pemutih kulit yg instan

  25. 1 bln lalu aku jg pakai cream yg komposisinya herbal banget,,tp kenyataannya stelah aku hentikan malah ad jerawat guede trus muka jd kering+kusam,merah2 gt kyk kebakar,trus noda yg kmrn hilang kyk mncul lg.. :(

  26. Kasusnya kayak saya,krim herbal tp 2mnggu muka udh cling,yg tadinya wajah sm leher kopi susu dlm 2 mnggu udh susu susu..tp smpet baca bbrp postingan dinternet klo krim itu bahaya,eh gini deh efeknya pas saya brenti,skrg plajaran bwt saya,klo mw membeli kosmetik kudu pahami komposisi,tekstur,asal usul,ada toko resminya,sm no. Pomnya,biar ga ketipu,lgipula mana ada kan dokter yg meracik obat dan obat tersebut djual bebas??

  27. Mendingan Syukuri aja apa yang ada skrng, yang diberikan Tuhan kpd kita.. Gak usah di neko2 apalagi pakai krim pemutih yang membahayakan.

  28. sy jd korban cream pemutih pasaran, setelah sy tw kalo cream tersebut mengandung bhn kimia berbhy sepert mercury sy langsung menghentikan, bukan tambh bgus tambh kulit wjah saya menghitam lebih hitam dr sebelum ny, apa kah kulit sy sudah menipiz- apa solusiny please kasih solusinya-

  29. Waduh jadi takut neh,, padahal bxk teman yg menggunakan pemutih wajah

  30. aku juga punya pengalaman dengan si Pemutih wajah itu,, awalnya sih bagus banget bersih kinclong tp lama kelamaan, wajah malah jerawatan, dan muka jd putih banget kyk mayat hdp yg putihnya cuman di muka smpe leher doank, kira” ada gak sih produk yg aman untuk ngilangin noda bekas jerawat beserta jerawatnya pula ??…

  31. kalau gua menjadi putih” seperti buras itu, ku kira mudah d.sembuhkan, ternyata sangat sulit disembuhkan.. gua sampai masuk k.dokter spesialis kulit, tetapi sangat lama dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkan, :(

  32. terima kasihnya atas artikelnya aku jadi mengerti bahwa krim pemutih terlalu berlebihan dapatb mengakibatkan keracunan


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: