Oleh: maulanusantara | September 21, 2008

Bahaya Daging Babi Bagi Kesehatan

Babi adalah hewan yang sangat kotor karena biasanya memakan segala sesuatu yang diberikan kepadanya dari mulai bangkai, kotorannya sendiri sampai kotoran manusia. Secara psikis babi memiliki tabiat yang malas, tidak menyukai matahari, sangat suka makan dan tidur, memiliki sifat tamak, dan tidak memiliki kehendak dan daya juang, bahkan untuk membela diri sekalipun.

Secara fisik babi banyak menyimpan bibit penyakit. Babi dianggap hewan yang sama sekali tidak layak untuk dikonsumsi. Di antara parasit-parasit itu adalah sebagai berikut:

Cacing Taenia Sollum

Parasit ini berupa larva yang berbentuk gelembung pada daging babi atau berbentuk butiran-butiran telur pada usus babi. Jika seseorang memakan daging babi tanpa dimasak dengan baik, maka dinding-dinding gelembung ini akan dicerna oleh perut manusia. Peristiwa ini akan menghalangi perkembangan tubuh dan akan membentuk cacing pita yang panjangnya bisa mencapai lebih dari 3 meter. Cacing ini akan melekat pada dinding usus dengan cara menempelkan kepalanya lalu menyerap unsur-unsur makanan yang ada di lambung. Hal itu bisa menyebabkan seseorang kekurangan darah dan gangguan pencernaan, karena cacing ini bisa mengeluarkan racun.

Apabila pada diri seseorang, khususnya anak-anak, telah diketahui terdapat cacing ini di lambungnya maka dia akan mengalami hysteria atau perasaan cemas. Terkadang larva yang ada dalam usus manusia ini akan memasuki saluran peredaran darah dan terus menyebar ke seluruh tubuh, termasuk otak, hati, saraf tulang belakang, dan paru-paru. Dalam kondisi ini dapat menyebabkan penyakit yang mematikan.

Cacing Trichinia Spiralis

Cacing ini ada pada babi dalam bentuk gelembung-gelembung lembut. Jika seseorang mengkonsumsi daging babi tanpa dimasak dengan baik, maka gelembung-gelembung -yang mengandung larva cacing ini- dapat tinggal di otot dan daging manusia, sekat antara paru-paru dan jantung, dan di daerah-daerah lain di tubuh. Penyerangan cacing ini pada otot dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan menyebabkan gerakan lambat, ditambah lagi sulit melakukan aktivitas. Sedang keberadaannya di sekat tersebut akan mempersempit pernafasan, yang bisa berakhir dengan kematian.

Bisa jadi, cacing jenis ini tidak akan membuat seseorang meninggal dalam waktu singkat. Namun patut diketahui bahwa cacing-cacing kecil yang berkembang di otot-otot tubuh seseorang setelah dia mengkonsumsi daging babi bisa dipastikan akan menetap di sana hingga orang itu meninggal dunia.

Cacing Schistosoma Japonicus

Ini adalah cacing yang lebih berbahaya daripada cacing schistosoma yang dilkenal di Mesir. Dan babi adalah satu-satunya binatang yang mengandung cacing ini. Cacing ini dapat menyerang manusia apabila mereka menyentuh atau mencuci tangan dengan air yang mengandung larva cacing yang berasal dari kotoran babi. Cacing ini dapat menyelinap ke dalam darah, paru-paru, dan hati. Cacing ini berkembang dengan sangat cepat, dalam sehari bisa mencapai lebih dari 20.000 telur, serta dapat membakar kulit, lambung dan hati. Terkadang juga menyerang bagian otak dan saraf tulang belakang yang berakibat pada kelumpuhan dan kematian.

Fasciolepsis Buski

Parasit ini hidup di usus halus babi dalam waktu yang lama. Ketika terjadi percampuran antara usus dan tinja, parasit ini akan berada dalam bentuk tertentu yang bersifat cair yang bisa memindahkan penyakit pada manusia. Kebanyakan jenis parasit ini terdapat di daerah China dan Asia Timur. Parasit ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, diare, dan pembengkakan di sekujur tubuh, serta bisa menyebabkan kematian.

Cacing Ascaris

Panjang cacing ini adalah sekitar 25 cm. Cacing ini bisa menyebabkan radang paru-paru, radang tenggorokan dan penyumbatan lambung. Cacing ini tidak bisa dibasmi di dalam tubuh, kecuali dengan cara operasi.

Cacing Anklestoma

Larva cacing ini masuk ke dalam tubuh dengan cara membakar kulit ketika seseorang berjalan, mandi, atau minum air yang tercemar. Cacing ini bisa menyebabkan diare dan pendarahan di tinja, yang bisa menyebabkan terjadinya kekurangan darah, kekurangan protein dalam tubuh, pembengkakan tubuh, dan menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan fisik dan mental, lemah jantung dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Calornorchis Sinensis

Ini jenis cacing yang menyelinap dan tinggal di dalam air empedu hati babi, yang merupakan sumber utama penularan penyakit pada manusia. Cacing ini terdapat di China dan Asia Timur, karena orang-orang di sana biasa memelihara dan mengkonsumsi babi. Virus ini bisa menyebabkan pembengkakan hati manusia dan penyakit kuning yang disertai dengan diare yang parah, tubuh menjadi kurus dan berakhir dengan kematian.

Cacing Paragonimus

Cacing ini hidup di paru-paru babi. Cacing ini tersebar luas di China dan Asia Tenggara tempat di mana babi banyak dipelihara dan dikonsumsi. Cacing ini bisa menyebabkan radang paru-paru. Sampai sekarang belum ditemukan cara membunuh cacing di dalam paru-paru. Tapi yang jelas cacing ini tidak terdapat, kecuali di tempat babi hidup. Parasit ini bisa menyebabkan pendarahan paru-paru kronis, di mana penderita akan merasa sakit, ludah berwarna cokelat seperti karat, karena terjadi pendarahan pada kedua paru-paru.

Swine Erysipelas

Parasit ini terdapat pada kulit babi. Parasit ini selalu siap untuk pembakaran pada kulit manusia yang mencoba mendekati atau berinteraksi dengannya. Parasit ini bisa menyebabkan radang kulit manusia yang memperlihatkan warna merah dan suhu tubuh tinggi.

Sedang kuman-kuman yang ada pada babi dapat menyebabkan berbagai penyakit, diantaranya adalah TBC, Cacar (Small pox), gatal-gatal (scabies), dan Kuman Rusiformas N.

Dalam berbagai argumentasi, sebagian orang berpendapat jika peralatan modern sudah jauh lebih maju dan bisa menanggulangi cacing-cacing ini sehingga tidak berbahaya lagi, karena panas tinggi yang dihasilkan oleh alat tersebut. Namun pengetahuan ini masih memerlukan kajian yang lebih mendalam. Sampai sekarang belum ada seorang ahli pun yang bisa memastikan dengan benar berapa derajat panas yang digunakan sebagai ukuran baku untuk membunuh cacing-cacing ini. Padahal menurut teori, memasak daging yang benar adalah tidak terlalu cepat namun juga tidak terlalu lama. Karena jika terlalu cepat dikhawatirkan parasit-parasit yang terdapat dalam daging tidak sempat mati sementara kalau terlalu lama semua kandungan gizi daging akan hilang dan hanya menyisakan toxic (racun). Kalau sudah demikian siapa yang berani menjamin kalau daging babi cukup aman untuk dikonsumsi?

Memang benar dalam tubuh sapi juga ada cacing. Cacing tersebut diberi nama T. Saginata. Tapi babi sendiri kadang-kadang juga menjadi sarang cacing jenis ini. Namun demikian ada perbedaan yang mendasar antara cacing yang terdapat pada sapi dan cacing yang ada pada babi. Saginata yang ada pada babi melangsungkan proses hidupnya dalam tubuh manusia sedangkan saginata yang ada pada sapi hanya dapat hidup di dalam sapi dan tidak hidup di dalam tubuh manusia, sekalipun sudah terlanjur masuk dalam tubuh manusia. Adapun keberadaan saginata dalam tubuh manusia mungkin disebabkan oleh proses masak yang tidak baik di dalam tubuh babi.

Disamping itu daging babi adalah daging yang paling sulit dicerna, karena kandungan zat lemaknya sangat tinggi. Tabel berikut akan menjelaskan kadar lemak yang terdapat dalam daging babi dan hewan lainnya:

Babi gemuk 91%, Kambing gemuk 56%, Sapi gemuk 35%

Babi sedang 60%, Kambing sedang 29%, Sapi sedang 20%

Babi kurus 29%, Kambing kurus 14%, Sapi kurus 6%

Selain itu jika dibiarkan berada di udara terbuka maka daging yang pertama kali busuk adalah daging babi, diikuti daging domba dan yang terakhir adalah daging sapi. Akan tetapi apabila daging-daging tersebut dimasak, maka yang paling lambat masaknya adalah daging babi.

Dari hasil penelitian juga diperoleh kesimpulan bahwa daging kambing dan daging sapi berada dalam lambung selama 3 jam proses pencernaan sempurna, sementara daging babi bisa berada dalam lambung selama 5 jam hanya untuk memperoleh hasil pencernaan yang sempurna.

Jika ada yang bertanya: buat apa babi diciptakan jika tidak untuk dimakan? Kita bisa jawab: di dalam tubuh babi ada hal yang bisa kita petik pelajarannya dan kemudian kita hindari sebagaimana naluri kita selalu berkata untuk sedapat mungkin menghindarkan diri dari pengaruh virus flu atau bibit penyakit lainnya. Namun jika dia masih juga bersikukuh tentang babi, maka paling tidak dia harus bisa membuktikan bahwa daging tersebut aman dari pengaruh parasit maupun kandungan lemaknya yang tinggi. Apa dia dapat melakukannya sementara para ahli saja tidak benar-benar berani menjaminnya?

Tayangan www.youtube.com tentang daging babi (parodi): http://www.youtube.com/watch?v=XdguyMJprsA

Eksperimen daging babi dan coke (dokumenter dan parodi): http://www.youtube.com/watch?v=f3IOvFA8LLE&feature=related

Daging babi dan coke (serius): http://www.youtube.com/watch?v=p2eEw26J0z8&feature=related

Source: http://ratualit.blogspot.com/2008/07/bahaya-daging-babi-bagi-kesehatan.html

About these ads

Responses

  1. Ah… jelas-jelas fakta menunjukkan harapan hidup manusia di Jepang juga Barat [juga negara-negara maju lainnya] jauh lebih panjang dari negara yang mengharamkan BABI juga Whiskey.

    Artinya: alasan kesehatan jangan digunakan untuk justifikasi keagamaan! Penunjang argumen untuk meyakinkan kalangan awam bolehlah.

    Bitinotunnotibiratun…!

    • anda yang suka terhadap daging babi adalah orang yang sangat bodoh… bertobatlah…

      • lo hidup u/ mati …
        Bego!!!
        mang ada org idup u/ idup???
        STUPID!!!!!

      • Alasan kenapa bodoh?

      • ya anda yang goblok jangan2 anda yang kebanyakan makan daging bangkai

      • indie, kamu gk usah nuruh org bertobat soal makanan,
        Lgian apa bedanya babi sm binatang lain? sama2 hewan, dan sm2 makan kotoran kan.
        Lu jg suka makan ayam, mmgnya lu pikir ayam gk pernah makan tai lotok??
        Lbh baik org yg mkan babi drpd sifatnya kyk babi.

      • kaw yang bertobat cembat

      • mantaff komentarnya semua, setuju.. wk

    • @ W :
      “makanlah apa yg kamu suka” . MESKIPUN ITU BISA MEMBUNUHMU !
      Dasar begok !
      buat apa makan sesuatu yg bisa dgn cepat membunuhmu …
      memang hidup untuk mati . tapi kalo udah tau bahaya, tapi tetep dimakan, itu namanya bunuh diri ! agama apa sih kamu, perasaan semua agama mengajarkan bunuh diri tuh dosa . haduh begok.nya gag ketulungan anak ini . udah salah, nyolot, begok, hidup pula …

      • Viera Ali, mulut kamu kok kotor bgt yah, lbh kotor dr mulut babi.
        Jgn kamu bawa2 nama agama ya, lbh baik makan makanan jorok drpd sifat kyk kamu yg jorok.
        Ibadah kamu gk akan diterima Tuhan.
        Percuma lu sholat trzz tp mulut dan kelakuanmu lbh2 dr babi.
        Aku kristen & suka mkn babi, Tp klo dsar Tuhan mberikan kita umur smp skrg, knp hrz bawa2 nama babi.

      • biarin . meski kotor tapi aku gag makan babi :p .
        yah maaph kalo tersinggung …

      • iy, mulutnya udh kotor, bauk pulak..
        daging babi enak bung,
        coba dulu baru ngomong..

      • daging babi enak kucing, coba z law ga percaya, pasti ketagihan, banyak juga yang satu komplotanmu yang coba, enak memang katanya

      • gak usah bawa” agama orang laa..
        mang agama mu juga ngajarin hina agama orang ..
        gak kan ?!

      • Sy btl2 kecewa ma kata2 kmu. Sy bragama budha, dan sy Mkn Babi. Stlh sy fikir, knapa kmu g Mkn Babi? Dan knapa kmu hot bgt ngatain org yg Mkn Babi.
        Knapa??
        Krn kmu adlh Babi!!

      • Kakek sy Islam, tp dr dulu Mkn Babi. Krn itu yg bisa dimkn, trutama Babi hutan. Dan alhamdulillah, kakek sy bisa hidup sehat smpai umur 89tahun. Ini adlh fakta.
        Yg sy heran, knapa bakso daging sapi brformalin g di mslhkan ya. Trus mie ayam cmpur daging tikus pun Laris manis.

    • Betul kawan

    • maaf ya teman2 semua…saya mahasiswa kedokteran hewan,,, setahu saya babi itu walaupun dimasak tidak akan bisa steril…karena bakteri pada babi tahan pada suhu 100-200 derajat c….bakteri itu nantinya akan membentuk endospora dalam kondisi panas..setelah kondisi suhu stabil,, maka bakteri tersebut akan menjadi koloni dan menyerang tubuh kta…tidak hanya itu,,telur cacing yang ada pada daging tersebut akan berkembang di tubuh kita bisa dipastikan orang2 yang suka makan daging babi didalam perutnya pasti tersimpan salah satu jenis cacing yang ada pada babi tersebut… ini fakta pasti…dan bisa dibuktikan dan dipertanggung jawabkan dengan research trims.

  2. Betul apa yang sudah digariskan dalam Al-Quran dan sabda Rosululloh SAW.

    • betul apanya kalo makan daging babinya bersih ya aman dibanding makan kambing yang busuk , mkanya kalo omong otak dipake. berapa banyak orang makan babi di dunia ini kok gak pada mati semua tuh orang dengan daftar penyakit seperti di atas, semua itu tergantung kebersihan diri

      • Yah berarti bahaya daging babi bersih sama dengan bahaya daging babi busuk, bro …
        hahahaha !

      • Knp sllu ribut soal daging Ɣªήğ di haramkan,sy org kristen dging babi suka jg.Mslh penyakit Ɣªήğ terdpt di binatang Ɣªήğ kita konsumsi itu ad smuana termasuk babi,sapi,kambing,ayam dll.Klo dging sapi am domba Gaªª ad penyakit lsng az d mkn.Makana sblm konsumsi d masak dlu biar kuman2na mati.

  3. ah yang penting bersih, wong lele ja makan kotoran..gak ngaruh yang penting diolah dgn bersih y gk?
    sifat2 babi yang males dll jg gk ngaruh..orang eropa ja lebih rajin dari orang yang cuma makan ayam n sapi. yang makan babi aj gak poligami yang gak makan malah poligami. gmn euy..
    semua makanan itu boleh. inget dung. apapun yang masuk no problemo..yang penting yang dikluarin itu yang baik baik. jangan lupa kalo masak pk api gede yaw.. gw jg gk sk makan..hehhehehehe

  4. wah..babi kan emang kotor, buat apa juga makan yang jorok-jorok, ya toh???

  5. semua makanan kalau berlebihan ya bahaya!!
    yang penting itu : bukan yang masuk lewat mulut ini, tapi yang keluar lewat mulut. itu yang bahaya.

  6. Penganut kristen seharusnya juga tidak mengkonsumsi daging babi karena itu diharamkan dalam injil mereka.

    Bunyi Imamat 11:7 pada AlKitab tahun 1968 :

    Demikian juga babi, …. haram bagimu.

    namun mereka mengganti hukum didalam injil tersebut demi menghalalkan babi…

    Coba lihat pada Al Kitab 1979

    Demikian juga babi hutan …. haram itu bagimu.

    Dalam Bible versi Inggris (King James Version) pada Imamat (Leviticus) yang tertulis adalah “pig”, yang terjemahannya adalah babi.

    Latar belakang Lembaga Alkitab Indonesia yang telah mengganti kata “babi” dengan “babi hutan”, adalah kiranya setelah para Pendeta di Lembaga Alkitab menyadari bahwa Yesus tidak pernah menghalakan babi dari adanya
    ayat Matius paragraf 5 diatas. Tentang Kebusukan Pendeta di Lembaga Alkitab ini sudah pernah diramalkan Quran pada tahun 700 M!!!

    Apakah kamu mengharapkan mereka (Kristen) percaya kepadamu. Padahal sungguh dari golongan mereka (Pendeta) mendengarkan kalimat-kalimat Allah (babi haram), kemudian mereka merubahnya (babi hutan haram) setelah mereka mengerti dan mengetahui. (Quran Surat Baqarah : 75)

    • Ko sama skali g patut menjugde kristen dan alkitabnya.
      Sbnrnya ko Ada baca alkitab g?
      Kalo baca pun hrs dr depan, bkn dr belakang. Nti otak ikut trbalik

  7. Agar anda lebih tahu tentang bahaya memakan daging babi coba buka situs ini:

    • gak usah ngurusin agama laen loe kagak tau apa2 soal kristen urusin tuh kalo kepepet boleh makan babi, emang kalo kepepet semua keburukan babi hilang ya?

      • Berebuatlah sesuka hatimu, tunggu aza siapa yang benar, kalau kamu memang merasa agamamu paling benar dan jaminan masuk surga, segeralah minta kematainmu, sebab untuk mendapatkan surga yang kamu impikan harus melewati mati. kalau kamu tidak segera meminta kematianmu berarti surga yang kamu omongkan dan kebenaranmu hanyalah impian yang mengada-ada dalam kitabmu.

      • isss sok ea kali sie ko
        itu kn brbhya bgi kshtnnnn

  8. Yg saya tau ketika kita percaya bahwa Yesus itu Tuhan dan juruselamat kita,,maka semua dosa kita dihapuskan dan kpd kita diberikan hidup yg kekal,,masalah babi itu haram apa gk itu gk penting..bwt yg suka silakan makan dan bwt yg kurang suka kyk saya(bkn krn babi itu haram tapi krn saya mmang gk suka krn rasanya yg aneh kcuali klu dipanggang atw disate baru enak rasanya)ya gk usah dmakan..krn mengenai yg jorok2 ini Yesus sendiri pernah mengecam org2 yg sok bersih..”bukan yg masuk kedlm mulut yg menajiskan,,tp yg keluar dari mulut kyk fitnah,cacimaki dll itulah yg bkin najis”

    • kmu tu benar2 kristen apa ga…???
      Klo baca alkitab itu jngn setngh2…

      babi tuh enak nya waktu di makn aja..
      abis itu penykit dah yang datng…

      • Penyakit nenek lu , emang kalo kagak makan babi lu udah masuk surga , iya surga duniawi.
        Pake jilbab atas yang tertutup tapi bawahnya ke buka…

    • yesus cape’ nyelamatin kalian di palang salib. Tapi kalian malah gak bisa nyelamatin diri sendiri dengan memakan babi yg penuh keburukannya. GBu

      • gmna mau nyelametin ,,
        dia aj lg di salib ,,,
        sarab lo

      • Artinya orang islam percaya dong kalo Yesus itu di salib kan

    • woi gila…sarab…alex….gak usah lah bnyak bicara tentang dunia ini, perbanyaklah Doa, mintalah ampun..sebab engkau anak manusia yang punya Tuhan. dan untuk semua yang memberikan komentar tentang Bahaya Daging Babi…ingat !!!! Babi dengan Manusia itu Sama, yang membedakan hanya Manusia Punya akal Dan pikkiran, Babi hanya sebuah Binatang yg diciptakan Tuhan Yang Esa.
      ALEX Adalah Anak Jelex…hahahahahahahahahahahahahahahahah

  9. itu kalu situ yang masak, jadi sumber penyakit.,,,
    kalo di olah dengan benar daging babi itu bukan sumber penyakit tapi sebaliknya sumber gizi…….
    coba rasakan dulu baru komentar……

    • bukan sumber gizi,, tp sumber kenikmatan doang,, uda jelas2 unsur lemaknya paling bnyk diantara daging2 yg lain..
      maka nya Al-qur’an melarang, injil jg melarang,, n baaaaanyak lg y melarang krn emg sumber penyakitnya itu lhoo..
      klo gw sih ga mkn mendingan menjaga kesehatan drpda mengobati nya.. habis biaya byk uy… tp gw si ga suka ngelarang,, biarin aj org mo mkn or ga yg pnting tanggung sndiri aj akibatx,,

      • jga aj kshtan sndri, jga jg mulut, mata, tangan dll spy menghasilkan kbaikan.

  10. bah…sebenrny klo mo ngmg soal agama n kesehatan..smua DAGING itu ngk bole dimakan…ada efect baik burukny, sapi ada antrax,ayam flu burung,kambing buat asam urat..ngk ada daging yg bagus klo di makan berlebihan.lagipula usus manusia sepanjang 12 meter bukan untuk mencerna daging..jaman sekarang bahkan sayur pun pake pestisida..klo mo di pikir tntg ini dan itu..mo jd apa manusia?? makanan pabrik misalny..apa ada yg bagus??? daging,sayur smua tetep masak harus bener..apa ada dokter bilang byk2 makan daging biar sehat??? daging babi aja di ributin..hahah..ngk ada hal lbh penting apa???

    • benr kmu blng..
      aq stuju ama kmu…

      • aq juga setuju,,,semua itu ga usah diperdebatkan,,yang iya nya kembali pada diri masing2,,bgi orang2 yg menghina agama kristen 1 az berarti dia menghina seluruh dunia, hargai lah setiap pendapat masing2 org dan jgn menghina apalagi memburukkan SANG PENCIPTA, ingat kebenaran akan terungkap dan PENGGENAPAN FIRMAN AKAN TERJADI.

  11. makan dulu baru komen
    memang lebih baik babi itu haram
    karena haram saja sudah mahal harga per kilonya
    apalagi kalau dihalalkan bisa lebih mahal tuh
    dari daging sapi ..hehehhe
    Makanya gua setuju kalau babi harammmm
    selamanyaaa….

    • gak ada pengaruh, biar babi haram selamanya..pelacur gak makan babi, si arl, cut, lun juga gak makan babi. apa hebatnya sih gak makan babi…babi itu nikmattttttttttttttt nikmattttttt apalagi kalau diguling….kalau kau ikut makan…akan mahal jadinya…..

  12. Alhamdulillah gw muslim, nggak makan sembarangan jadinya.

    • gue sependapat dengan muslim, karena muslim makan tidak rakus, seadanya saja… sederhana… gak kayak binatang seperti babi,,, (apa aja dihadapannya dilahap, kotorannya pun diembat juga)… berpikirlah selagi bisa, berbuatlah kebajikan selagi bisa…amin.

  13. Kalo yang masak dan yang makan kotor, ya itu ikut dikotori. Tetapi kalau yang masak bersih dan tujuannya baik, maka pasti enak disantap.

    Pernah nggak makan cap-cae, mi goreng, McDonut, atau masakan restoran yang banyak pengunjungnya? Di sana pasti ada bahan dari babi yang bersih. Apalagi ayam goreng dengan mentega dan sedikit minyak pelumasnya. Wah itu baru enak namanya…

    Jadi sy doakan semoga babi-babi tetap sehat, cepat besar, dan tetap siap untuk menggurihkan makanan sehingga enak dan bermanfaat untuk disantap oleh siapa saja. Itulah babi yang telah menjadi daging manusia, gemuk, dan jalan-jalan di antara kitaaaa.

    Ok-ok, semoga babi tetap menjadi babi sehingga harganya murah agar banyak orang mau mengkonsumsinya, amiiin.

  14. segala sesuatu itu halal, tapi tidak segala sesuatu itu berguna, bijak-2 lah tuk memilih makan yg sehat gituuuuuuuuuu

  15. kalo di tinjau dari dalam , banyak makanan yg berbahaya, udang misalnya. Yg dikonsumsi udang itu limbah. Kalo kebanyakan makan udang dan jenis kerang-2an, bisa mengalami penyumbatan pembuluh darah. Makanan yg baik yg telah disediakan TUHAN, yg pas dalam anatomi tubuh manusia adalah tumbuhan yg berbiji dan kacang-2an, makan sayur pun harus dipilah2. Kalo seperti daun ganja yg dikonsumsi orang padang, ya berbahaya (ganja sawah, bukan ganja psikotropika).

  16. memang benar apa yang dikatakan bung joe, seharusnya kita umat kristian sangat haram jika akan memakan babi, sebetulnya terkutuklah para pendeta indonesia mula2 dan para pengikut gereja reformasi!!!!,
    saya bersyukur kepada ALLAh karena telah mengijinkan Iesus nazarenus datang kepada sya dengan mencerahkan saya sehuingga saya tak lagi makan babi dan alhamdulilah sekarang saya penganut kristen ortodox

    • sAYA muslim, saya sangat menghargai suatu agama, tetapi saya kagum kepada anda karena sependapat untuk umat manusia, mudah2an jika semua seperti anda, akan damai kita di kemudian hari… salam damai…

  17. saya sangat setuju dengan tanggapan sauadara joe mengenai haramnya daging babi tersebut bagi orang kristiani.
    sesungguhnya terkutuklah para pendeta indonesia pertama dan para pengikut gereja reformasi, karena berkat merekalah ajaran Iesus nazarenus dicerca dan dizalimi oleh orang banyak!!!!. tetapi untunglah Allah yang pengasih menunjukkan jalan lewat Iesus nazarenus sehingga alhamdulilah sekarang saya masuk kristen ortodox. terpujilah Allah Abraham!!!!

  18. Alhamdulilah gw g pernah ngerasain daging babi, karena diharamkan al Qur’an sm Rosulullah saw,.,.
    Apa enaknya makan babi,.,.?
    Coba ksh tw cara ngolah yg baik agar sumber penyakitny hilang,., masalahny gw g pernah denger saran orang makan babi itu baik untuk kesehatan,.,.,

    • setuju. coba kasih tau gimana cara pengolahan babi yang baik? sebaik-baiknya pengolahan, kalau di dalam tubuh babi sudah banyak parasit yang ada, tentu saja tetap menempel walaupun sudah direbus berjam-jam juga.
      saran saya, pintar2lah memilih makanan yang baik untu kesehatan :)

  19. Kayanya yg dibahas tentang daging babi…tp knp jd bahas agama???
    Aneh…
    Agama yg diyakini masing2 individu punya aturan & ketetapan sendiri… silakan berjalan pada koridor masing2. Itu saja…

  20. lihat aja orang2 keturunan cina pemakan babi tuh jauh lebih rajin, mau bekerja keras daripada yang mengharamkan . ga heran kalau mereka rata2 berhasil di bidang ekonomi. saya setuju dengan pendapat jangan jadikan alasan kesehatan untuk pembenaran ajaran agama, apalagi kalau kesannya dicari-cari. satu lagi, daging babi adalah daging terenak di dunia yang pernah saya makan, hanya orang berpikiran picik yang menganggap babi haram.

  21. nah lhoo kena flu babi entar nyahook lhoe maka makan yg halal dan baik jangan asal masuk perut

  22. Akh… soal Babi makan makanan yg kotor2 jadi alasan untuk nga boleh makan babi, lha kenapa bebek yg suka nyosor segala kotoran di comberan nga diharamkan? kenapa ikan lele nga diharamkan? pakai logika mas biar pintar, makan babi biar logikanya jalan…

    Soal kawin ramai2, lha kenapa kambing nga diharamkan? kenapa bebek nga diharamkan?

    Soal lemak… lha dari kambing juga bahaya kolesterolnya tinggi?

    • lo makan aja babi biar badan lo kayak babi…. dasar babi….

      • hanya babi yang suka bilang orang lain kayak babi…..sahabatan sama babi ya…jangan dah dimakan…

    • Ini ni kalo da keseringan makn daging babi…

      sifat nya jdi kyk babi nih..
      heheheh…
      Uda baik2 di kasi tau apa bahya babi kok ga di hargai…
      khan fakta yang membuktikan kalo babi tuh sumber nya sumber penyakit…
      bukn di agama islam aja yng di larng kristen juga di lrng kok makn babi…
      ga da yang bilng tu hlal..
      aq jga umat kristen tpi aq ga mkan babi karna aq tau itu di larng oleh Tuhan..
      Bukan di perjanjian lama aja itu di larang..
      perjanjian baru juga ada..
      klo kmu mank seorang kristen kmu pasti tau itu hram…

      • law sering makan kambing, bararti jdi kembaran kambing juga ya,dasar tolol..

      • Eh… Elo gak usah kumur2 dsini buat ngejelekin agama orang lain pake ngaku agama orang lain buat nyampah…. Urus tuh junjungan kalian yg suka poligamy…..

    • Masalah kawin ramai2 tuh beda y sama makanan haram.
      Lagian hewan sama manusia tuh nggk sama, manusia punya etika, manusia lebih mulia dari hewan.
      Hewan kalo mw kwin ramai2 y trserah, tpi klo situ mw kwin kyak hewan y silakan

    • WARNING: YANG DOYAN MAKAN DAGING BABI,,DUEL SAMA W ONE BY ONE

      • Putra , bancinya islam ya
        Pasti anggota fpi songong
        Memang islam terbukti suka kekerasan

    • Ini orang Guuooblokk nya gak ketulungan..Bego , Dongok , Idiot pulak… makan tuh TAI BABI… , Biar gak Bebel bt mikirr…!!!

  23. eh tapi sepertinya enak tuh yah.. hehe.. temen gw yg nasrani juga pada doyan babi,tapi ga sedikit diantara mereka yg anti juga.. cus katanya kalo makan babi itu ngegemukin parah,jerawatan,gatel2,n gampang pusing..
    jadi lebih baik y jangan di makan lah,apalagi yg muslim.. kan jelas2 haram..

  24. Kenapa dibuat polemik seputar daging babi ? Keyakinan kita masing-masing itu filternya… Kalo anda suka silakan tdk suka ya monggo. Masalah nanti kena penyakit atao ndak tergantung… makan daging kambing saja bisa bikin kita KO kalo punya hipertensi. Utk dosa itu prerogatif Tuhan. Yang dilarang itu adalah menciptakan kerusakan di muka bumi ini krn semua agama jelas melarangnya…

  25. hmm..koq agama malah dibawa-bawa sih…?

    yang dilihat itu adalah dari segi logika ilmu pengetahuannya…

    intinya sih daging babi tuh banyak penyakit2 yang membahayakan manusia, tetapi daging sapi, daging kambing, ayam, bebek, dan daging2 yg layak di konsumsi lainnya, jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit juga bagi yang memakannya…
    di dunia ini, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik,Di antara daging-daging tersebut, yang paling berbahaya dan paling berpenyakit adalah daging babi…jadi kita bisa memilih makanan mana yang sehat dan yang tidak, atau mengukur kadar seberapa banyak kita memakan daging-daging tersebut…

  26. kalo soal makan apa ajah, itukan tergantung dari si peternak mo kasih makan apa, emang pada dasar nya dari babi itu pemakan segala, ayam juga kalo dikasih makan daging ayam juga mau makan kok.

    sapi juga ada antraxs kambing juga, blom ajah virus flu babi itu bermutasi ke tubuh sapi ato kambing,

    kalo soal cacing di badan orang juga ada cacingnya.

    • betul.. setuju dengan ulasan yang yang intelek.. gak spt ulasan muslim munafik kebanyakan….

      • usah bilang muslim munafik sama orang lain mas randu..koknya dalam Islam BABI itu jelasnya HARAM dan disusuli pula oleh bukti2 saintifik malah medical..terserah pada mas utk menilainya..jelasnya MUSLIM tidak bisa kecuali DARURAT..babi atau segala macam boleh di makan demi kelangsungan hidup.
        ini semua datangnya dari Allah dengan pelbagai hikmah sebab dan munasababnya kenapa dan mengapa ianya HARAM di sisi agama kami..

  27. Yesus berkata, “Janganlah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.”

    Baik Perjanjian Lama, maupun Perjanjian Baru, tak ada dalil yang membenarkan pencabutan status keharaman binatang2 yg ada di dalam Taurat. Perjanjian Baru malah menegaskannya kembali. Sayang, karena salah penafsiran terhadap Kisah Para Rasul pasal 10, terutama ayat 9-16, karena tak memerhatikan konteks pasal tersebut, akhirnya menjadi alasan dicabutnya Hukum Taurat yang Agung. Apa mungkin TUHAN yang tak mungkin mengingkari janji tiba2 mencabut Hukum yang dibuatnya hanya lewat mimpi Yohanes? MUSTAHIL! Pencabutan itu hanya berdasarkan salah penafsiran yang berujung pada penetapan dogma yang salah! Semoga TUHAN yang Maha Agung mengampuni ketidaktahuan kalian yang tak mendalami Alkitab dengan benar…

    GBU

    • Syalom..

      aq stuju ama kmu..
      kmu cermt dlam Alkitab..
      Semoga orng2 pada ngerti dngn ap yank kmu mksd..

      GBU..
      ^_^

      • sentai aja bro….kita punya juru selamat.. yg laen gak.. jd pada iri

  28. Semua jg tergantung persepsi, klo kt berfikir bkal sakit makan dgn babi. Mka sakit itw akan dtng!
    Mw buktikan cba ja!

  29. apa sich sekuler?…ilmu pengetahuan tidak terlepas dari prinsipal agama dan keyakinan,soalnya kaitannya sangat erat. kalo di agamu ku….makan daging babi is HARAM. jadi setelah diteliti ternyata di Babi itu terdapat byk kejelekannya (salah satunya adl cacing pita), bagi yg suka daging babi silahkan anda memakan daging babi……enak tho..manteb tho.. , tapi ya satu sich pesanku…. “tau gak kenapa adam-hawa turun ke dunia?krn makan buah kuldi yg dilarang oleh Allah”….padahal buah kuldi itu tu ceritanya sama kayak daging babi kayak gini niy… bagi yg muslim.. eh jangan makan daging babi yak… okey.

    • bernas disusuli dengan contoh buah kuldi dari Syurga…:)

  30. abisnya daging babi enakkk sihhhh….bikin ketagihan…manntappppppppppppppppp

  31. Menurut hemat sy, untuk Anda yg meyakini bahwa babi itu haram, ya jgn Anda konsumsi… dan untuk Anda yg meyakini bahwa babi itu tdk haram, ya silahkan Anda konsumsi… Manusia diberi kebebasan oleh Tuhan untuk memilih pilihannya sendiri…

    • betul itu…

  32. Daging Babi itu sumber penyakit, dan tidak layak di konsumsi oleh manusia.
    maka aku percaya 100% dngn Agama yg saya anut, yg memberi hukum bahwa daging babi haram.
    karena sebelum ada orang yg meneliti bahwa daging babi sumber penyakit, ISLAM sudah memberi hukum bahwa Babi itu haram.

    • dasar goblok..kenapa daging babi diharamkan, kamu sdh kena doktrin dr ajaran agama-mu , coba kamu pikir, giliran daging babi dipakai vaksin untuk orang2 haji giliran daging babi dianggap Halal.. Dasar munafik…..

      • woooiiii,,,klo ngomong tuh dipikir kaya gak punya agama aja huuuuuuuuuuuuu

  33. sekarang tinggal anda sendiri yang menentukan, ingin menjalani kehidupan yang baik atau tidak. berbagai penjelasan secara ilmiah sudah ada di depan mata,jgnlah selalu memperturutkan hawa nafsu. makanlah makanan yang baik dan halal. gunakanlah akal yang kita miliki dg benar. bukankah bila kita selalu memperturutkan hawa nafsu sama saja atau bisa lebih rendah drpd hewan? semoga kita selalu pada jalan yang benar. wassalam

  34. al-quran itu sumbernya ilmu pengetahuan dan teknologi lho, boleh kita taruhan! Jadi jgn menganggap tak ada hubungan apa2 antara keduanya.

  35. dr dulu smpe skr paling hobi makan seafood di restoran cina, gak pesen menu babi tp resto cina langganan kita emang semua masakannya enak sih, mungkin pake minyak babi ya.

  36. Brsyukur sekali gw jd muslim,..
    Semua yg baik dan tidak baik ditunjukanNYA.

    • goblokkkk……pelacur yang ada di indonesia agamanya apa ya? luna, cut, aril agamanya apa ya…si kd agamanya apa ya….apa hebatnya muslim????

      • astaghfirullahaladzim…
        sdh jelas2 daging babi itu mengandung banyak penyakit,msh tetep aja dimakan. hampir tidak ada efek positif dri daging babi sama sekali, hanya kenikmatan yang sementara.
        Al-qur’an adalah sumber kitab di alam semesta ini yg paling sempurna. bcalah kandungannya secara benar. segeralah masuk agama islam, karena agama islam agama yg sempurna!!!
        (janganlah kamu menilai suatu agama itu jelek,sedangkan kamu belum mengkajinya!)
        ALLAHUAKBAR

  37. Di dunia ni mank ga da yang baik..[bisa di bilank gito lah]lagi mknn…
    sbnrnya kita ni diciptkn bukn mau makn daging2 an..
    kita ni sbnrnya pemakn tumbh2 an…
    Kirnya sadar2 dah…
    jgn hnya karna dgng babi enak..
    di buat jdi halal..
    mank manusia ni kerjanya mlanggar… molo…
    sok tau padahal ga tau…

    ia kha..???

  38. Yang makan babi silahkan makan sepuasnya….
    Bagi yg Muslim jangan memakannya…..
    BiarLah mereka memakannya
    Kita gak usah capek memikirkan enak atau endak yg penting babi,bagiku haram it sudah peraturan Agama saya Yg indah…Tuhan masih Banyak menciptakan makanan yg Halal bersih dan segar…
    Bagi umat Islam mari kita mengkonsumsi makanan yg bersih dan Halal tanpa,bakteri penyakit.,umur menjadi panjang,badan sehat….
    Dan bagi pemakan babie berjuanglah kalian melawan cacing parasit,penyakit yg tumbuh di dalam perut kalian.berjuanglah membela babi sampai kalian menjadi babi,,

  39. Hayo saya mau bertanya……
    Penyakit HIV,ANTRAKS,FLU BURUNG,FLU BABI dan virus yg lain berasal dr negara yg mayoritas ……?
    Ada gak dengar negara yg mayoritas Muslim mengeluarkan penyakit atau membawa penyakit….?
    Jgn terlalu membanggakan cina y bos,cina rajin apanya yg di Indonesia aja rajin bodohin orang.coba dinegaranya cina jg pemalas badannya bnyak lemak kaya babi…..liat it orang cina mulutnya banyak bau tai kucing,hah saya klo beli dtempat kokoh beli alat motor heh asli gua jarak kra2 60cm hawa naganya masih tercium,busuk cina.it akibat senang makan babi,pdhl saya teliti Gigix bgus ,jg kynya nda palsu..pas saya lg asik ngbroL2 m anak buah koko bengkel cina busuk,anak buahnya aja,mengakui klo bosnya mulutnya baau tai kucing suami ,istri pula…klo bagi pembaca tak percaya,saya lgsung bs membawa anda ke tempat seperpat motor tempat toke,boleh lgsg berbicara dengan tokenya….buruan GRATIS sebelum tokenya meninggal dunia ,melawan penyakit cacing pita.

    • ngomong aja lu, mulut lu aja bau daging babi andy, munafik..kemaren aja lu gue lihat makan di lapo senayan, malah lu pilih saksang, sama sop kaki babi…huhhh…muka babi lu !!!!

  40. biarin aja yang masih pada pengen terjngkit pnyakit yang nyelekit ntu,,
    buat yang muslim,, masih banyak pilihan lain yang jauh lebih baik dibanding sekedar babi yang diharamkan,, toh dg kita konsumsi mkanan halal,, ksehatan terjaga,, pahala juga dpat krena kita hindari makanan haram,, jgan pe trjebak hrus nyobain dlu baru komentar,, Sekali Alloh swt mengharamkan,, ya Tetap Haram, gak bisa diganggu gugat,, alhamdulillah para muslim memiliki agama yang sangat indah luar biasa,, Begitu peduli pada hambanya,, jangan disia-siakan,, kalau dibilang enak?? Enak tu cuma masalah melewati lidah,, seterusnya,, mau apa?? Lambung dihinggapi parasit??? Naudzubillahimindzalik..

  41. klo mo komentar ya silakan, n liat topiknya apa? jgn spt orang ga sekolah buka mulut cina busuk, kalo tahu busuk jgn kerja dibengkel org cina, jgn terima gaji dr org cina,kalo orang cina busuk berarti u lebih busuk drpd org cina, dasar manusia sirik, jgn lupa di alquran da pepatah “belajar lah ilmu ke negeri cina” secara logika pikir kok ga di amerika, ato eropa bahkan diindonesia, g yakin Allah tdk akan suruh kamu belajar ilmu di tempat yg busuk, betul ga? Nampak kali kamu ini tidak bisa menghargai ajaran sendiri, kalo lom sekolah pergi lah ke sekolah, kajo lom memahami alquran pulang lah baca alquran., dan sapa yg bs buktiin bw byk makan babi akan byk penyakitan, jgn lupa didunia ini dimana da daratan disitu da org cina yg doyan babi. Ini dah cukup bukti yg akurat bw tidak da masalah dgn babi, yg masalah cuma pengolahan aja, kalo riset penelitian bil da byk cacing yg bahaya didaging babi saya yakin bahwa didunia ini ga da binatang yg namanya babi, jd manusia kalo masi bs makan, makan aja asalkan jgn daging manusia yg dimakan, ini da saran kalian smua baik u agama pa aja ingat “smua penyakit itu masuk dari mulut, dan bencana itu keluar dari mulut”

  42. @ Andy Bush : kata-kata anda sudah mencerminkan siapa anda sesungguhnya.,dan seprti apa hati anda. Berrati anda sering berbelanja di toko cina busuk itu,namun anda membenci nya setengah mati. siapa yg busuk,sebenarnya ?

    • Stuju sama agan “Apa adanya” , ngejelekin orang tp dia nya butuh…. Ha ha ha ciri orang munafik…..

  43. betul itu ….orang cina di indonesia …setan tukang tipu orang pribumi,pemakan babi sama sifat mereka kaya babi..tinggal di indonesia namun hati nya tetep cina bajingan..emang bener ada hadis nabi TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KE NEGRI CINA,,namun itu semua dulu disaat orang cina mempunyai ,,pintar mempunyai berbagai seni namun kepintaran orang cina sekarang hanya untk membodohi orang.liat tuch film2 kunfu china apaan tuch masa murid ngeracunin gurunya mentang2 udah bisa kungfu ,guru sendiri di bunuh emang kenyataannya ada cerita yang seperti itu..coba kaum muslimin setelah berguru jd tunduk dan patuh,,,salam dari gua untuk seluruh orang cina di indonesia kalian semua bajingan,,dan yang membela orang cina berengsek

  44. Kalian perang agama y?? ckckckck~~

  45. Mending visit yang satu ini buat penjelasan daging dan cola,, yang ternyata gak cuma terjadi pada daging babi saja,,

    http://abcnews.go.com/GMA/Moms/story?id=1643942&page=1

  46. yang penting sedap….semua kita pasti akan mati juga satu hari nanti……x usah risau akan semua itu..TUHAN YESUS kan ada sebagai pelindung dan penyembuh….TAKUTLAH AKAN DIA….AMEN.

    • amen..puji Tuhan

      • Klo ada ummat nasrani masih takut makan babi, berarti ga punya keimanan kuat, jgn berpolemik dlm Alkitab. Tenang saja karena Dia sang penyelamat, menebus dosa” kita dgn penderitaan di tiang salib

  47. sangat disayangkan bahwa ada beberapa komentar yg diskriminatif thd etnis tertentu, padahal kita tahu bahwa dibeberapa wilayah Nusantara ada juga penduduknya yg bebas mengkonsumsi daging babi, misalnya di Bali.

    Artikel diatas adalah sekedar informasi ttg apa/bagaimana daging babi tsb tanpa bermaksud menjelekkan pihak lain.

    Janganlah kita picik/berpandangan sempit bila melihat segala sesuatu yg tidak sejalan dg pandangan kita.

  48. yang gak setuju,,,boleh2 saja…toch otaknya dah kayak babi……………………….yang bilang babi gak baek bwt kesehatan orang kristen sendiri…tolol

  49. kalau kita mau jujur, orang china adalah pemakin daging babi nomor wahid. tapi lihat mereka sehat dan panjang umur. jarang mereka yang sakit-sakitan pada usia muda kecuali kalau sudah akik2

    • orang cina sehat-sehat karna ramuan herbalnya, bukan masalah makan babi. Biksu aja pantang makan daging. Rata-rata orang cina yg panjang umur mereka vegetarian.

  50. jangan pada rame loe smua!!!!masalah babi biar dirasain tu yg pd mkn!!!klo g y g usah dmakan.Babi g baek bt badan qt tp jg haram tu msh dmkn jg!!!klo mslh Agama urus tu agama lo msng2 udah bnr kagak loe smua menjalankan perintahNya dan Menjauhi laranganNya……Bisanya cuma pada nyela lo smua……

  51. Semua yg diperinthkan n dlrg Islam,itu sudh past baik,ql ada penyimpangn,it krna org nya sndri…
    Knp babi haram?Krna memg tdk lyk konsumsi..Knp alcohol haram?Krna tdk baik utk tbuh!
    Org cina yg meng0nsumsi dging babi,ktika tua kelhtan jelas penampilan kultny ya pnuh bercak menjijikan,

    bagi yg merasa nasrani silahkan buka bible anda,dan lihat sbrapa bnyk perselishn d dlm bible.Lebih jelasnya ketik keyword di google “masalah ketuhanan yesus”

    • saya bangga skali sbg org kristen. kalo km bnr2 islam sejati pastinya km mencerminkan sbg sikap org islam. jgn pernah menjelekkan agama org lain krn itu sifatnya keyakinan. sy bangga pnya Tuhan Yesus sbg juruslamatku yg sdh menebus dosa2ku. tunjukkan kalo islam itu baik.

      • saya juga bangga menjadi orang Islam, karena kami punya peraturan-peraturan dan hukum agama terlengkap. Ada halal dan haram, haram bagi kami urusan kami, tidak perlu agama lain menentang atau mencemooh, hanya karna kami bilang “itu haram.” tolong hargai hukum agama kami, dan berjalanlah sesuai hukum agama masing-masing.

      • @jibril: saya kembalikan kalimat anda pada umat yg seiman dg anda…. “haram bagi kami urusan kami, tidak perlu agama lain menentang atau mencemooh. Tolong hargai hukum agama kami, dan berjalanlah sesuai hukum agama masing-masing.”

  52. Tuhan menciptakan segalanya yg ada di bumi ini termsk hewan babi pasti ada maksud dan tujuan tertentu yg berguna bagi manusia sebagai ciptaan yg Secitra dgn Nya..

    • benar itu

  53. INTINYA : NO PIG NO PORK NO BABI

    SAYA SARANKAN BAGI ORANG KRISTEN KALAU INGIN SELAMAT JANGAN MAKAN BABI.

    KALAU ANDA MASIH SAYANG SAMA OTAK ANDA YG PINTAR ATAU TUBUH ANDA YG SEHAT.

    JANGAN KAITKAN KE AGAMA KARENA SAINS SUDAH MEMBUKTIKANNYA

    BUKTI ILMIAH JAUH LEBIH KUAT DARIPADA KATA-KATA

  54. TUHAN YG ASLI DAN SEJATI ADALAH TUHAN YG MAHA KUASA SAMPAI KE BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI.

    TUHAN YG MEMBERI PETUNJUK DAN MENYELAMATKAN UMATNYA.

    CONTONYA : AllaH YG TELAH MENGHARAMKAN BABI BAGI UMAT ISLAM DAN PERNYATAAN HARAM NYA DAPAT DIBUKTIKKAN LEWAT SAINS.

    SEHINGGA UMAT ISLAM MENJADI SATU SATU NYA UMAT YG SELAMAT DARI PENYAKIT YG BERSUMBER DARI DAGING BABI.

    • yang kena flu burung manusia islam, flu babi manusia islam-pesantren lagi, antrak manusia islam juga yang kena. pake otak lu. Otakmu yang babi…hatimu ajing.

      • pusat penyebaran penyakit2 tsb adalah dari negara2 non muslim, kita hanya korban. Dan berkatalah sesuai etika, apa anda belum pernah sekolah? Diajarkan sopan santun?

      • @ jibril: kan yang kenanya di Indonesia (yang katenye negara penganut muslim terbesar di dunia), nape jd negara non muslim yang disalahin? Pake otak klo ngomong….. Jangan otak onta yg lu pinjam……

      • memang di Indonesia cuma hanya orang islam saja?, memang sbgan besar islam tpi masa g ada sm sekali kristen ;p

  55. yah, kalau kita bener-benar berpikir dan melihat kenyataannya, maka daging babi itu tetap rantai penyakit, segala macam pembelaan dengan silat lidahpun tidak akan bisa membenarkan sesuatu yang sudah jelas salah dalam pembuktian ilmiah maupun agama, buat orang yang menyangkal babi haram pasti akan berpikir juga tentang kebenaran yang ada dalam kitab mereka, tetapi mereka merubahnya sendiri,

  56. UDAH GAK USAH DIRIBUTIN MAKAN BABI = KETURUNAN BABI.

    • tidak makan babi = neneknya babi, makan babi = musuhnya babi. dasar babi goblok banget sih pake logika gak bisa

  57. orang jawa ngak makan babi tapi berotak babi suka korupsi dan jadi teroris. hobby mencuri sandal di masjid saat sholat

    ARTINYA TIDAK MAKAN BABI KARENA DIANGGAP ITU SAUDARANYA NANTI DIKIRA KANIBAL SEPERTI tau kan

  58. Heran ya padahal yg dibahas ttg bahaya mkn babi, kok kenapa jd nyangkut ke masalah ras,agama? Kalo emang msh pengen mkn babi ya silakan aja tapi tau kan resikonya.
    Emang bener penyakit bs dtg dr mana aja,penyebabnya apa aja, tp setdknya dengan gak mkn daging babi bs ngurangin resiko kena penyakit.

  59. pantesan orang muslim gak ada yang malas. rajin-rajin bekerja, tidak ada yang suka mencuri saat lebaran, tidak ada yang memperkosa, oh ya….penjara di jawa dan bali dipenuhi oleh orang bali apa orang muslim? wah hebat sekali islam itu. makan dah sorganya habisin. sebaiknya jangan makan saudara sendiri. hebat, hebat, berapa orang indonesia dicoblos vaginanya dengan cara paksa oleh orang arab yang tidak pernah makan babi. goblok…goblok…lihat dong prilaku dan fakta.

  60. tidak perlu teori. di arab muhamad gak mungkin makan babi. disanakan daerahnya panas, habis makan babi kulit berminyak dan panas. tapi kalau muhamad lahir di kutub utara gue jamin 100% babi pasti hal;al untuk hangatin badan termasuk minuman beralkohol. orang indo aja yang bodoh minum alkohol dimakan di daerah tropis. oh ya…orang bali juga jahat-jahat setelah makan babi.”suka menipu, suka menjambret, jual vagina disana-sini, suka membunuh, jelek-jelekin agama orang, suka ngebom, maling motor, pengedar narkoba sampai ke aceh, suka perang dengan tailand, philipina, india, semua negara dimusuhin dan selalu ada pemberontak. ” itukah kejahatan orang yang biasa makan babi?

  61. 1 lagi untuk si TOMO guoblok. emang gajk ada orang mati makan sapi karena antrak atau ayam karena flu burung. goblokmu kebangetan deh. kamu anggap allah itu manusia yang make kopiahh? yang kena flu babi ewaktu ini kan orang-orang pesantren…penyakit selalu kena di orang-orang macem kau.

    • Eh, goblok . gag penah liad berita yah ???
      flu burung tuh bermula dari babi …

      dasar ! udah salah, goblok, nyolot, hidup pula !!!
      hahahaa !

  62. dah deh ganti aja situs ini jadi group perang agama n rasis kalian ga berpendidikan semua masalah babi aja di ributin
    kesimpulannya: yang mo makan babi ya makan yang ga mo ya udah ga usah (ribet amat).
    Lakum dinukum waliyadin (agamaku agamaku agamamu agamamu) perintah agamaku aku turutin perintah agamamu ya kamu yg turutin
    hidup udah rumit guys ga usah dibikin rumit lagi

    peace…

    • Kalo sampe blog ini harus ditutup, kayaknya jangan dech ya ;)
      btw, kesimpulannya kayaknya bisa menjadi solusi tuch.
      Terima kasih ya atas kunjungannya di blog kami :)

    • habis….islam itu jelek-jelekin orang aja kerjanya. semua dibilang jelek. pelacur banyak beragama islam, kuruptor juga, pembunuh juga, yang suka isep vagina yang najis juga dia, penjilat seperma juga dia. gak pernah sekali berpikir bahwa kedalam…terus-terusan jelek-jelekin yang ada di luar dirinya.

  63. thank atas kesimpulannya

    makan babi memang ngak sehat, sapi juga ada antraksnya begitu juga makan kambing dan ayam juga tidak sehat lebih baik makan sesama manusia aja ( tuh negara asal yg melarang makan babi aja praktekin kok. kirim tki perempuan ke sana masih beruntung pulang bawah anak dan luka2x karna diperkosa dan siksa majikan. kurang beruntung jika pulang tak waras dan sial jika pulang jadi pocong) soalnya disana wanita harus pake penutup wajah klo ngak bisa bikin nafsu babi keluar main perkosa dan pukul memang kaya babi orangnya :p

  64. ya udah lah,,,,,
    kita sebagai muslim cukup menginformasikan saja,,

    jangan lah terlalu dipikirkan, lah wong babi sendiri ga pernah mikir….
    yang pentingkan kesehatan masing”….
    kan yg jadi penyakitan karena babi ya mereka yg makan babi toh????

  65. Agama Islam dan Yahudi melarang umatnya untuk mengonsumsi daging babi. Contoh ayat yang melarangnya adalah al-Quran surat al-Baqarah:ayat 115 dan Perjanjian Lama Imamat 11, 7-8. Pelarangan ini menyebabkan pembatasan ketat terhadap impor atau konsumsi produk babi di berbagai negara, seperti Israel, Iran, Arab Saudi, Qatar, Mauritania, Oman, serta berbagai negara berpenduduk Muslim lainnya. Uniknya, Israel sebagai negara yahudi, tidak memperbolehkan adanya peternakan babi, mereka lebih prefer ke daging domba. Kalaupun ada importasi babi dan produk turunannya itu sangat ketat, bahkan cenderung dilarang ketika timbul epidemik penyakit akibat babi. Memasuki tahun 2010 impor babi dilarang di seluruh Israel lho !

  66. Maaf,, bukannya Artikel ini tentang FAKTA ilmiah mengapa babi bahaya,, bukannya mengapa babi haram..
    tidak terdapat unsur agama di sini,, jadi tlg hargailah ilmu pengetahuan..
    Makasi :-) andiz 18taun muslim

  67. jah….. SETIAP VIRUS KALO DIPANASIN AMPE 20 DRAJAT PASTI MAMPUS
    KAMU LULUS SMP
    GA SIH? GITU AJA GA TAU
    CKCKCKCKCK

    NGOMONG AJA KARENA EGO MUHAMAD SI ANAK ALLAH SWT{SEWPT}
    GA KEBAGIAN BABI N DIHARAMKAN
    DASAR PENGIKUT SWT SEWOT

    • Tuhan kita gag punya anak . tuhan kita tunggal karena Allah adalah tunggal ! yah kalo tuhan lo tuh beranak ! ngentot ama sapa tuh ??? mau banget, yah mski gag dikawin . hahaha !

      Yg goblok tuh elo . kliad bgt suka nyontek pas pel biologi . ada cacing yg gag bisa mati mski dipanasin 100 derajad . dan satu2nya tempat tinggal cacing itu adalah didalam daging babi .
      dasar begok dipelihara !
      hahahaha !

    • anak jaman sekarang kalau ngomong tuh d jaga….
      allah tidak punya anak..nabi muhammad bukanlah anaknya…
      semoga allah memberimu hidayah….

  68. Wah… lagi ngomongin tentang BABI ya… !! pastilah orang ISLAM yang fanatik akan mecari-cari alasan pembenar untuk mengatakan sah tidak makan BABI dan pastilah akan mengatakan HARAAAAAAM … ???

    Kenapa Islam Dilarang makan BABI, tahu ?

    Begini, Pada jaman dahulu di arab orang-orangnya barbar (kasar, rakus), dan bahkan wanita diperkosa rame rame).
    Babi adalah daging yang merupakan menu utama kalau terjadi Pesta atau acara diarab. Nabi Muhamad faham benar masyrakat arab seperti itu.
    MUhamad juga tahu benar kalau BABI itu daging yang paling enak diantara daging khususnya hewan yang hidup di darat.
    Ketika Nabi muhamad mendapatkan wahyu, bahwa dia diharus berpuasa selama 1 bulan pada bulan yang dianggap suci (tepatnya bukan berpusa tapi pindah jadwal makan dari siang ke malam hari/tidak ada matahari), maka untuk memulai cara berpuasanya Muhamad mencoba mulai tidak memakan daging yang dia paling sukai yaitu Babi (krn memang enak) tapi masih memakan makanan lainnya. kemudian hari berikutnya mulai tidak makan makanan lainnya dan seterusnya sampai tidak makan makanan keseluruhannnya. Sehingga dia berhasil berpuasa sampai sebulan penuh. dan mendapatkan pencerahan jiwa.
    Kemudian dengan dia berhasil tersebut, kebetulan Nabi muhamad mendapatkan Jimat (atas kuasa Tuhan/Allah) dari kesaktian Babi yaitu berupa RANTAI BABI (ada yg menyebut Ante Babi), yang menyebabkan dia kebal tak terkalahkan oleh musuh. sehingga dia menjadi jaya dan terkenal (sebelum dia dukultuskan menjadi nabi). sejak itulah dia mebabat habis musuh-musuhnya bahkan kawan-kawannnya sendiri yang dianggap menentang dirinya dibabat habis. Sehingga dia berhasil mendidikan aliran kepercayaan thd TUHAN yaitu islam dengan harus mengakui ALLAH satu-satunya Tuhan dan tidak ada istilah Tuhan lainnya(untuk diketahui sebelum tahun 502 M seluruh tanah arab adalah Penganut agama Hindu dimana KaBah sebagai Kuil Agungnya.)
    Karena dia mendapatkan kekuatan itu dari kesaktian Babi, Nabi Muhamad berhasil merebut dan menguasi Kabah di mekkah, maka nabi muhamad berjanji tidak akan pernah membunuh dan memakan Daging Babi. Sehingga dia berseru barang siapa yang menjadi pengikutku, maka aku perintahkan untuk tidak membunuh Babi dan tidak memakan daging babi dengan alasan bahwa daging babi itu jijik, kotor dan banyak penyakit sehingga harus dijauhi.

    Kesimpulan :
    Jadi Orang muslim tidak memakan daging Babi sebenarnya bukan karena Babi itu haram, kotor, atau berpenyakit. tapi karena itu merupakan janjinya nabi muhamad, krna dia justru mendapatkan kekuatan dari Rantai Babi.

    Untuk diketahui bahwa satu-satunya binatang yang memiliki kelebihan memiliki tubuh kebal adalah BABI yaitu babi ratunya (induk). Krn sebenarnya makanan pokok babi adalah umbi-umbian terutama umbi BANAH semacam umbi kayak ginseng yang ada dihutan, dengan penciuman tjam dari babi dia tahun dimana ada iumbi banah tsb.

    Disebut Rantai Babi yaitu bukan rantai seperti rantai besi tetapi semacam gelang karet yang diameternya sekitar 3-4 cm, tetapi sangat elastis bisa ditarik lebih dari 1 mtr, bisa dipakai dibadan manusia seberapapun gedenya bisa masuk.

    Rantai babi itu biasanya dilepas oleh induk babi itu sendiri ketika dia akan mandi yang dikeluarkan dari mulutnya.

    Jadi filsafatnya adalah kalau kita ingin pengendalian diri dengan jalan berpuasa (pengendalian diri itu banyak cara (sep : tapa, brata dll, bukan puasa makan saja) maka harus dumulai dari hal-hal yang kita paling sukai, secara bertahaf dikurangi, bahkan tidak sama sekali.
    termasuk tidak memakan daging apapun, apalagi usai sdh mulai diatas 50 tahun, kalau dia ingin lebih sehat harus memilih makan yang cocok bagi dirinya (kondisi tubuh orang masing-masing berbeda kondisinya).
    Bagi para pendeta, ustad atau kiayi atau apapun namanya, memang sebaiknya makan makanan dari unsur nabati bukan dari hewani (untuk diketahui, efek energi daging kambing dan sapi jauh lebih jelek dari Babi). krn dengan memakan dari unsur nabati pengendalian diri akan lebih baik, agamapun mungkin ada klausul seperti itu, misalnya seperti pada Hindu ada pada kitab Ayur Weda.

    Semoga kita semua, ada dalam pengendalian diri !! dari energi makanan bersih (suci).

    • @pasupati,,,hebat anda bilang Muhamad punya Rantai Babi,trus bisa kebal ? kata siapa?sumber dari mana?kawan2 MUhamad di bantai?,,,,sebelum tahun 502 tanah arab penganut Hindu?,,,hebat coment anda,,,,salut tapi ga jelas,,,
      Perlu anda ketahui Rantai babi sekarang pun banyak yg punya,,,apa dia akan sehebat Muhamad?sejelas2nya TIDAK,
      Muhamad Hebat Bukan karena rantai babi,babi haram bukan karena anjuran muhamad,,,coba baca dulu yang baik dan benar,,,
      Mau muslim,mau keisten mau hindu kek mau buda kek,,,anda perlu tau alkohol,babi dan sabung ayam ,,,orang ga punya agamapun tau kalau itu ga baik,,,

    • kalo mau ceramah ke mesjid sono,,ga penting amat,,,nyemak2 in situs az

    • ngarang ni orang, sumber dari mana lo??

    • Wakakakakaka mbak/mas pasupati lebih baik bakat menulisnya disalurkan pada tempatnya ya…..

  69. “Untung aku Islam jadi endagh makhan Pig.Lagi pula apa sih enaknya makan pig, mempercepat masuk ke alam kubur. Jadi perisitirahatan hotel bintang lima ama cacing lagi.”

  70. Kita gak usah bicara halal dan haram. Karena itu berhubungan erat dengan Agama dan Kepercayaan Kita Masing-Masing . Yang penting adalah …Bagaimana kita menjaga makanan kita supaya terhindar dari berbagai macam penyakit, yang dap[at merugikan kita. Karena banyak makanan yang mempunyai efek samping yang tidak baik. Maka berhati-hatilah. Jaga dirimu dan Keluargamu dari makanan yang tidak sehat. Makan dan Minumlah dari sesuatu yang baik, tetapi jangan sampai berlebihan. Makanan yang Baik , kalau berlebihan akan berakibat tidak baik…. Apalagi Kalau Makanan itu sendiri Tidak Baik.

  71. yaaahhh yg mau mkan babi ya makanlah….yg ga mau ya bagus lah…..

  72. yg donyan makan babi.siap2 membusuklah kau

  73. Islam telah melarang segala macam darah. Analisis kimia dari darah menunjukkan adanya kandungan yang tinggi dari uric acid (asam urat), suatu senyawa kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

    Dalam tubuh manusia, senyawa ini dikeluarkan sebagai kotoran, dan dalam kenyataannya 98% dari uric acid dalam tubuh, dikeluarkan dari dalam darah oleh ginjal, dan dibuang keluar tubuh melalui air seni.

    Maka dari itu, tidak heran jika Islam sangat menghargai metode prosedur khusus dalam penyembelihan hewan. Sseorang penyembelih, selagi menyebut nama dari Yang Maha Kuasa, membuat irisan memotong urat nadi leher hewan, sembari membiarkan urat-urat dan organ-organ lainnya utuh. Hal ini menyebabkan kematian hewan karena kehabisan darah dari tubuh, bukannya karena cedera pada organ vitalnya.

    Nah, ternyata, dalam hal ini tidak banyak yang tahu jika babi sebenarnya tidak dapat disembelih di leher karena mereka tidak memiliki leher; sesuai dengan anatomi alamiahnya? Muslim beranggapan kalau babi memang harus disembelih dan layak bagi konsumsi manusia, tentu Allah swt akan merancang hewan ini dengan memiliki leher.

    baca baik-baik dan terjemahkan dengan bijak :)

    sumber: http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/mengapa-daging-babi-haram.htm

  74. dasar islam ANJINK….AND GOBLOGS…..!!!!
    sok tau tentang agama orang aja lo jink….!!!!

    • islam bukan anjing dan ga makan anjing !!! biasa aja bro, ga usah marah,gw sih ga perlu penelitian segala kucing ,anjing, babi ya ga mau makan aja….mau di bilang apa dan kagak doyan aja….apa lagi di perkuat sama agama dan kedokteran,,,makin aja kagak mau,,,hehehehe santai bro,

    • eh, kenapa ngejelekin Islam sih, hormati donk agama yang dianut oleh orang lain, coba juga agama lu di jelekin pasti marah kan ?

  75. Silakan kunjungi blog di wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  76. setiap orang indonesia pasti sdh merasakan daging babi, mulai dari ajino moto yang di anulir oleh MUI mengandung babi sampai dengan serum yang digunakan oleh para jemaah Haji,..
    lihat ini lebih jelasnya :

    http://hidayatullah.com/berita/iptek/9432-boleh-jadi-kandungan-babi-sudah-menjalar-ke-tubuh-kita

    • spa yang blang…cntonya aqu..blum pernh mkn dan mask jg ga pke ajinomoto…..ngawur aj kmu ni

  77. UNTUK PASUPATI.
    jangan asal nulis kau. darimana kau dapat cerita kayak gitu. kau pikir kisah Nabi muhammad itu dongeng. makanlah cerita mu itu.

  78. blog goblok coba anda2 yg punya otak cari di wikipedia nama2 cacing tersebut dan pelajari satu persatu daur hidup cacing2 tersebut, dasar keturunan monyet yang buat blog goblok ini

    • Ngapain marah2 ma yg buat blog. Kalo suka baca aja, gak suka silahkan pencet tombol close. Beres….

  79. coba hitung berpa kemungkinan penyakit2 di atas menyerang manusia yang ada hub dengan babi , bandingkan dengan kemungkinan seseorang meninggal gara2 rokok

  80. bhya babi bukan di dlm dagingnya aja melainkan di dna nya jg,mskipun bebek,lele ato yg lain jorok dan kotor makan di comberan tetapi cuman dna babi yg pnuh parasit sdngkn dna bebek,lele teup brsih dr pnykit…mskipun babi di olah/di masak dngn benar teup aja pnykit,bakteri di dlm dna babi ga akn mati kecuali di masak diatas 1000 derajat celcius(daging gosong)
    so….pikirkan baik2 pke akal krn skrng teknologi udh maju,bnyk penelitian2

  81. Untuk semua agama, jika ada alasan halal ato haram itu bukan diperdebatkan tapi dikaji! terus diambil manfaatnya buat kehidupan manusia,,,

    • Bego All…..
      satu bulan y lewat teman gue abis penelitian ttng babi hutan n babi peliharaan….

      tp y jelas dia muslim….
      pelajaran y bs diambil secara langsung dri penelitian nya
      dari segi pemeliharaan babi memiliki kebiasaan buruk spt : makan n tidur serta BAB di t4 y sama…..hihihihi
      setelah di teliti skala laboratorium….babi memiliki kandungan kolesterol y tidak bs di tolerir oleh tubuh bila di konsumsi oleh MANUSIA… selain MANUSIA blh makan koq.

      smg menjadi reverensi bg smua bloger….

      • I like it …

  82. Babi!! Babi!!!!
    Ngapain makan BABI!!!????

    Udah tahu ilmunya, jangan dimakan lagi..
    KAlau uda tau masih makan,,
    ya sudah lah.

  83. Daging babi kayanya haram bagi Umat Islam aja,saya pernah punya keluarga yang sudah beragama Islam,tetapi doyan makan daging babi,pas mau mati sulitnya minta ampun,ruhnya sulit keluar.Ada inisiatip dari ananknya supaya di ajarkan 2 kalimat menjelang ajalnya,ternyata tidak lama dia meninggal dengan tenang.Ternyata makan daging babi dengan sengaja bagi umat Islam dapat menyebabkan orang dapat menjadi kafir(iman menjadi hilang).Ayo siapa yang berani………..,,

  84. semua yang masuk melalui mulut tidak haram, yang keluar dari mulut banyak yang haram, yang menurut kamu baik untuk dirimu ambillah, yang buruk tinggalkanlah, urusilah dulu dirimu dan keluargamu baru orang lain. Berapa banyak kamu sudah berbuat baik? berapa banyak juga kamu sudah berbuat jahat?, menginginkan yang bukan miliknya dalam pikiran saja sudah dosa, apalagi diucapkan.. Hati-hatilah karena doktrin yang dipahami saat ini bukan datang dari Tuhan tapi dari manusia. Manusia bersifat salah.. doktrinnyapun bisa salah. Jangan kaku, buka matalah dan belajarlah. makan apa saja boleh asal kita suka. Orang yang selalu menyalahkan orang lain adalah tanda2 kelemahan.

    • yang menurutmu (manusia) baik makanlah, berarto kalian boleh makan segala makanan apapun yang kalian suka tanpa ada batasan. orang minum alkohol bakal mabuk. orang makan bangkai bakal dapat penyakit, orang makan hasil korupsi akan selalu ber perangai buruk..YANG JELAS MAKANAN PASTI MEMPENGARUHI KESEHATAN, POLA PIKIR, ROHANI DAN JIWA..INGAT KAMU ADALAH APA YANG KAMU MAKAN. menurut kita makanan itu baik tapi belum tentu pada kenyataanya. segala puji nagi Allah yang telah menjaga hambaNya dengan membatasi antara yang hakak dengan yang haram, sehungga manusia tidak terlalu bebas dan melampaui batas.

  85. Islam adlh agama yg smprna . Slh satu.x, Mski d.zman dlu blm ada tknologi kdoktern, tp lrangan utk mkan dging babi sdh ada . Subhanallah ! Allah maha pintar …

  86. “makanlah apa yg kamu suka” . MESKIPUN ITU BISA MEMBUNUHMU !
    Dasar begok !
    buat apa makan sesuatu yg bisa dgn cepat membunuhmu …
    memang hidup untuk mati . tapi kalo udah tau bahaya, tapi tetep dimakan, itu namanya bunuh diri ! agama apa sih kamu, perasaan semua agama mengajarkan bunuh diri tuh dosa . haduh begok.nya gag ketulungan anak ini . udah salah nyolot pula …

  87. Sudah,,sudah,,
    jangan debat… kita senua saudara,,,
    bagimu agamamu, bagiku agamaku…
    tak usah di debatkan,,
    jalani keprcayaan masing-masing, , ,manusia hanya bisa berusaha ….

  88. seharusnya artikel seperti ini alih-alih jadi bahan debat, harusnya jadi ilmu baru buat kita. inilah bedanya kita orang indonesia dengan orang eropa misal. mereka membicarakan fakta dengan data. kalo kita, udah fakta nggak paham, data nggak punya, eh udah dapet fakta data, masih aja nyangkal, ngajak debat, ujung-ujungnya berantem. wah….ck..ck..ck..dangkal bener!!!

  89. waduh…waduh….liat orang debat masalah babi, mpe maki-maki gitu..
    babi-babi dikandang pada ketawa tu…..
    …..
    ..
    ngapain sibuk ngurus masalah babi, mpe tengkar gitu…?hodoh..
    capek dan nggak ada gunanya..
    dan g usah make ayat-ayat didalam Alkitab deh untuk saling nyerang..
    sebrapa ngertikah kamu semua mengenai Alkitab….?
    comot ayat ini itu, tapi salah nafsirin……
    capek………
    ……
    …..
    indonesia ini nggak akan pernah bisa berubah dan maju, klw orng dalam nya sendiri “perang” terus…
    yang sukulah, yang agama lah..
    buat apa sih saling nyindir agama orang..?
    islam ama kristen, dan sebaliknya..
    dan knapa slalu dua agama ini yang sering ribut…?
    buddha ama hindu jarang kedengaran……
    …….
    udah deh…
    stop aja tengkaran kalian itu semua…
    saya agama kristen..
    tapi saya tidak membela kristen, ato islam, budha ato hindu..
    karena saya tahu, agama-agama yang didunia ini tidak akan membawa orang yang menganutnya pada keselamatan..nggak ada jaminan keselamatan yang pasti dari agama…
    keselamatan hanyalah dari Yesus..terserajh lu pade mau nrima ato kaga…
    tapi itu iman gua,,
    dan Yesus tidak berbicara kekristenan…tapi berbicara iman..
    iman pada Yesus..bukti dari iman itu lah, mengakui bahwa YESUS lah TUHAN……
    dan yang mengakui hal itu, dia akan selamat. org kristen belum tentu selamat kalau dia belum menerima YESUS secara pribadi…karena pasti hidupnya urakan, dan ttp hidup seperti cara dunia…..
    aku pikir yang ngaku kristen, pasti ngerti tentang hidup dengan cara dunia………
    …………….
    ………………
    buat semua, damai aja ya…
    masalah babi haram ato nggak, g usah d perdulikan..
    bagi yang makan, makan aja..
    bagi yang nggak makan, y jangan di makan…
    nggak usah diperdebatkan…DOSA….
    oke……?
    ….
    ..
    SYALOM untuk mu semua…
    TUHAN YESUS mengasihi mu semua….
    TUHAN YESUS memberkati……….
    amin.

    • wah..setuju nih pemikirannya tentang babi, tp kita beda pendapat tntang yesus mu…..tp kita tetap bisa damai selalu kan

  90. siapa sih pencipta babai?? hayooo…. daging kambing yg arab2 makan jg kbanyakan mudoratnya drpd manfaatnya, kambing mnimbulkan kolestrol, gairah sex mningkat akibatnya banyak perkosaan dan poligami di mana2.

  91. @david: sy sepakat bgt sm pendapatmu. yg menciptakan agama itu adalah manusia. agama itu memang sarana yg paling jitu utk membuat perpecahan. jgn asal; menafsirkan ayat2 kitab suci. otak manusia tdk akan sapai yg namanya membahas agama siapa yg benar. jd stop perselishan dan teror yg mengatasnamakan agama. sy org kristen dan mengasihi saudara2 yg beda agama dgn sy. kalo masalah daging babi ga usah diributin. buat yg suka silahkan mkn dan tdk suka ya ga usah mkn. ngapain mikirin kesehatan org lain mikir diri sendiri aja susah.

    • setuju tuh….

  92. uda udaaaaa…!..pada ribut mslh daging babi,msg 2 pada ngerasa yang plng benar..kalo d bhs trus,ujung 2 nya jd ribut n mslh jd melebar …..
    haram ato tdknya tdk mslh bwt aq ,……

    pantaskah kt slg hina st sama laen hanya karena babi ??????????

    apalagi sampe bunuh2 an ,….aq rasa kalian lbh hina ,haram,bodoh,malas dr babi yg kalian permasalahkan jk sampe itu terjadi…

  93. Semoga Kiamat Dunia cepat datang, biar nggak ribut lagi soal agama. langsung ketahuan siapa yang benar dan kurang benar….

  94. udahlah daging babi emang nikmat lezat palagi klo dibikin babi kuah bakal ketagihan deh pokoknya,yg ngg doyan itu yang goblok………….

  95. kalo sesuatu yang menyangkut agama pasti akan dibesar2kan keburukannya, padahal setiap makanan pasti ada racunnya, contoh aja sapi ada penyakit sapi gila, sekalipun ular yang memiliki racun(bisa) itu jg bisa kita makan kok, tergantung cara masaknya. yang gak makan daging babi didunia ini cuma dua ras, yaitu Arab dan Yahudi, Indonesia tdk makan babi karna tradisi agama dari Arab yaitu Islam.

  96. waaahhhhhh………ribut amat..tentang babi….yang kayak ini dah nampak sifaf yang diributkan….kayak babi…ya….. bagi saudara-saudariku yang mengharamkannya karena alasan larangan agama atau karena alasan lain…ya jangan dikomsumsi…diluar dari itu bagi saudara-saudariku yang tidak ada larangan ya ngak usah didebatkan…apalagi dihubungkan dengan masalah agama…..urusan iman dan kepercayaan lebih penting ditingkatkan menurut kepercayaan masing2…jangan urusin makanan atau perut.. yang lebih penting…kita diberi pengetahuan dan ilmu untuk mencari dan memilih apa yang terbaik bagi kita…jd..sudahlah…ngak usah diributkan daging babi dan segala tete bengeknya tu….kalau kita ribut terus kayaknya kita sama saja kayak babi yang gemar meributkan sesuatu yang ngak penting….maaf agak pedas….tp saya hanya prihatin…dengan cara saudara-saudari yang tidak bersikap dewasa..seperti kekanak kanakan..

    • Lakum dinukum wal yadin, bagiku agamaku dan bagimu agamamu.
      aku tidak bertangganggung jawab apa yang kamu lakukan, dan kamu tidak akan bertanggung jawab yang aku lakukan.
      semua manusia sama dimata Allah yang Mahaesa mau barat, cina melayu, arab afrika , sunda jawa,… yang membedakan hanya iman dan taqwanya saja….

    • pengetahuan dan ilmu udah diketahui tapi tetap banyak orang yg buta akan ilmu…

  97. waduuuuuuhhh….koq daging babi aja di permasalhkan…?itu aja koq repot? kalau gak mau mkn/atau d anggap haram,ya udh jgn mkn n sentuh…! tapi bagi yg doyan n tdk menganggap haram,ya sikat..!tolong jgn d campur aduk dgn agama n kesehatan….!!!!

  98. peace is beutifu……..

  99. peace is very good for all poeple in the word, lakum dinukum wal yadin……..

  100. peace is very good for all poeple in the word, ana dzofatu minal iman……..

  101. jangan mencampur aduk kan masalah babi dengan agama! islam, kristen.dll semua ada tanggung jawab masing masing. islam pun kalo hanya menyebut agma islam tapi tidak menjalankan perintahnya dan tidak menjauhi laranggannya itu islam KTP begitu pun mungkin kristen? menurut saya biarkan yang suka makan babi untuk kristen ya silakan selama itu tidak merugikan dirikita. jalan kita memiliki tanggung jawab masing – masing di alam sana. jadi kita jangan mengurusi keburukkan jika diri kita saja belum tentu menjalankan hidup sudah benar.

  102. KOK RAMAI BANGET SIH ? Tuhan aja Anteng Kalem, nggak pernah usil. kok manusia ribut soal babi. mau makan apa engga ? itu urusan manusia

  103. wooy kalian semua??? ngapain babi diributin,,kePDan babi_na tu??? yg jls bnr itu kata sains klo babi itu bnyk sumber pnyakit.
    bagi mw brfikir ya jgn dmkn tp bg yg g bfkir silahkn klo mkn!!
    yg harus_na kita ributin tu para koruptor yg sifat & muka_na kyak babi.
    BENER KAGAK…………………!!!!!!!!!!!!!

  104. Rekan-rekan sekalian,

    Diskusi yang menarik dan lucu. Saya membaca semua komentar dan saling kritik kalian. Saya tertawa lucu. Semoga saja diskusi ini dapat menambah awareness kita semua. Kesimpulan saya adalah dibutuhkan pengetahuan dan informasi lebih banyak sehingga diskusi menjadi lebih produktif.

    Saya menemukan link yang sangat bagus untuk kita simak dan pelajari dan semoga menambah pengetahuan dan referensi kita mengenai babi.

    Selamat surfing dan membaca link di bawah ini

    http://www.associatedcontent.com/article/30961/the_truth_about_eating_pork_pg5.html?cat=5

  105. Sebagai tambahan, silahkan pula dibaca laporan dari Mr. Paul Wong di dalam situs: http://www.onlinetruth.org/Articles%20Folder/eating_pork_can_be_hazardous_to.htm.

    Paul Wong is a Christian minister and the President of ARK International.
    His ministry also serves as an architectural service company in Houston.
    The ARK Forum on the Internet is international and non-denominational.

    Selamat menikmati hidangan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kita semua.

  106. makan aja kok repot???

  107. pasti disini rusuh gara gara ulah pemakan Babie…kami cuma mempertahankan kebenaran yg ada….

  108. Bagiku Agamaku, Bagimu Agamamu……Silahkan jalani kepercayaan masing-masing. Terserah mau makan daging apa, resiko ditanggung masing2 kok.

  109. pepatah bahasa indonesia mengatakan domba yang sama tidak akan masuk kedalam lobang/jerat yang sama pula, pasti akan menghindar dari bahaya tersebut. yang artinya orang bijak tidak akan melanggar kesalahan yang sama bilamana itu benar2 salah atau tidak baik,, jadi biarlah kita semuanya menilai diri masing2 dengan kebenaran fakta yang sesungguhnya yang boleh dilakukan/nikmati dan yang tidak boleh dilakukan/haram.

  110. Mnurut saia, daging babi itu Lbih byk pngaruh negatif’y drpd positif’y. Krn kta guru agama saia, d dLm daging babi ntu trdpt cacing” yg bs mmbwt pncrnaan d tubuh jd rusak wLwpun qta msak’y dgn brsih. Mhon maaf bwt tmn” saia yg non musLim,mngkn haL ntu biasa” bwt anda nd gag trLaLu d perdebatkan krn agama anda tdk mmprmasaLahkan haL ntu, tp gag da sLah’y kn kLo qta mncegah pnykit drpd mngobati??Krna kshtan ntu Lbih mahaL hrga’y dbndingkn dgn apapun. Bwt tmn” saia yg musLim,toLong hrgai pndpat mrk. Biar Tuhan yg mniLai mna yg baik nd buruk. Saia mnghrgai pndpt smua. Nd bagi anda yg tdk stuju dgn coment saia,it’s no probLem cz I know stiap org pny pndpat msing”.Inti’y bgmn qta bs dgn bijak mnrima’y..

  111. ni yg membuat blog memang provokator jgn termakan ma omongan org yg mw memecahbelahkan persatuan negara kita

    • Kok provokator sih. Kayaknya lebih ke NGASIH INFORMASI tentang bahaya babi. Bagi yang gak ingin kena bahaya ya hindarilah… kalo gak suka blog ini ya tinggal tutup aja kan gampang… Dikasih ilmu kog gak mau ya apa ini…

  112. makan gak makan asal kumpul…
    ngapain meributkan hal seperti ini?
    ingat, islam tdk pernah memaksakan kehendak orang lain. bagi mereka yg mmg suka memakan daging babi ya biarkan saja…
    kita adalah makhluk Tuhan yg cerdas & diberi akal, sdh pasti kita tau apa yg terbaik utk hidup termasuk soal makanan…
    enjoy aja………………

    • iya, setuju. apapun agama kita pasti mengajarkan yang baik-baik. tinggal kita aja, bisa mengolah suatu ilmu ataupun gak

  113. ada yang bisa jelaskan kenapa rumah sakit stroke nasional berdiri di Bukit Tinggi ?

    • Bagi orang kristen boleh baca Yesaya 66:17

  114. ya , sekarang kalian sudah taukan bahaya daging babi dalam al quran pun dilarang dan tau juga gak kalian dalam kitab injil juga dilarang memakan daging babi apa lagi khasiatya bikin kita mati paling

  115. Ihhhh daging babi , menjijikan bgt sihh ,, pdhl kotoran manusia , dan hewan” laen kn jorok bgd.. Smpe kotoran sndiri di mkn !! Babi babi … Ckckck.. Mkn bekas perut di keluarin n sking rkus nya di mkn lg bekas perut nya ihhhhhh @~@ (˘ε˘”) huhhhhh

  116. Kalian sdh pada pernah ngentot sblm merit aja kaga ada yg protes, padahal dosa nya lbh besar drpd mkn babi yg di bilang haram. Gitu msh brani omong. Ke laut aja loe sono…

  117. Kasian ( ˘ з˘ )/(˘̩̩̩-˘̩̩̩ƪ) amat tuhan ku..
    Gara2 babi tuhan jd bhan olok2…
    Tobat oi kmorg it!
    Malu ma bulu…

  118. Apa pun makananya..♏ªµ ayam ikan ataupun babi yang penting sebelum makan berdoa dulu yaaa…
    ♏ªǚ itu ayam ikan babi sapi kambing dll…yang penting belinya pakai uang yang HALAL…dr pd makanan Ɣăπƍ diHALAL kan tp belinya pakai uang HARAM…!!!

  119. Babi haram gak boleh di makan katanya dosa tapi di ajak mabok mau di ajak ngewe mau gimana ceritanya sih….???

  120. Jadi daging babi itu bener bener gak baik ya

  121. Fakta membuktikan bahwa korban virus flu burung di Indonesia sebagian besar bukan karena mereka pengkonsumsi daging babi….penderita cacingan bukan karena mengkonsumsi daging babi tapi umum dapat terkena pada semua orang JIKA kurang memperhatikan POLA HIDUP SEHAT mulai dari diri sendiri dan lingkungannya….Babi bukanlah hewan sumber penyakit justeru sebaliknya babi adalah hewan yang cukup kebal terhadap penyakit walaupun berada pada tempat yang ektrim kotor sekalipun. berbeda dengan hewan piaraan lain yang gampang mati bila terkena penyakit ataupun berada pada tempat yang kotor, basah/lembab. Virus pada babi bukan berasal dari babi itu sendiri melainkan dari lingkungan sekitar yang kurang bersih…POLA PEMELIHARAAN YANG BAIK DAN BENAR AKAN MENGURANGI RESIKO TERKENA DAMPAK PENYAKIT PADA BABI. (hal ini berlaku juga untuk semua hewan peliharaan).

    • Kalo FLU BABI????

  122. Juijiki wuekkkkkkkkkk

  123. Judul yg. Tepat bahaya makan babi setengah masak !!!

  124. Halo teman temin… :)
    Klo kalian mau tau, sebenernya udang, cumi, kepiting, kerang, lele, belut juga sama gak sehatnya dengan babi, kodok, anjing, kucing..
    Jadi klo saya sih udh gak makan itu semua.. Termasuk racun-racun yang lain, spt MSG, vetcin, persevatives, pengawet.. Kecuali sy benar2 terpaksa dan tidak ada pilihan lain. (Bukan krn keinginan sendiri)
    Alesannya cuma krn sy ga mau tubuh saya rusak trus jadi sakit dan gak bisa bekerja bagiNya. Yah sesederhana itu aja..
    salam…….

  125. Kt mmakannya mungkin bhaya n mngkin tdk. Kt tdk mmakannya,jelas tdk kena bhayanya. Inilah yg paling aman. Syukur.

  126. […] Dikutip Dari : MaulaNusantara […]

  127. stop saling menjelek jelekan agama lain. kita ini semua bersaudara. bagimu agamamu, bagiku agamaku. masalah makan babi atau ga, serahkan saja pada pilihan masing masing. bagi yang merasa itu haram, ya jangan dimakan. dari masalah makanan saja koq bisa sampai melebar kemana mana.

  128. Silahkan Baca berikut perbandingan komposisi antara daging Sapi, ayam, dan Babi menurut Univesitas islam negeri sarif hidayatullah jakarta : http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/valensi/article/download/219/137

  129. Yang jelas Kami2 pemakan babi neh gak penyakitan, PINTAR2 N GAK OON……BUKTINYA….; ORANG” JEPANG, CINA, KOREA, INGGRIS, AMERIKA, JERMAN, RUSIA , iTALIA, yang asli pemakan babi lebih pintar dari orang Arab yang konon steril dari daging babi……
    Di indonesia yang cerdas dan jadi ilmuwan tuh kebanyakan Orang BATAK, TORAJA, BALI N JAWA KRISTEN…….
    Yukss mari makan babi kecap…..

    • kalo orang asia timur mah mereka lebih suka makan makanan laut tanpa dimasak, makanya kandungan gizinya gak hilang. Itu lebih masuk akal dibandingkan bandingin dg makan daging babi.

  130. Babi ga suka matahari karna emang tubuhnya lemah ga punya bulu. Bukan karna malas atau apa. Dia emang ga kayak binatang lain… Kulitnya kalo kena matahari bisa rusak. Makanya dia suka mandi d kubangan utk mlindungi kulitnya.

  131. ijin menyadur ya..

  132. Selain Manusia, binatang juga difitnah.

    Tahukah anda, makan daging Kambing jauh lebih berbahaya daripada makan daging babi, itu sebabnya orang barat tidak mau makan daging kambing. sayang orang Barat tidaklah sepicik ajaran kalian sehingga mereka enggan mengutarakannya.

    salah satu yang paling LUCU, mengenai Cacing yang diutarakan diatas. kalau memang Babi cacingan Tentu tidak ada Babi yang GEMUK.
    Babi adalah binatang yang banyak memiliki kekebalan / imun dalam dirinya, kalau anda tidak percaya, pemerintah Saudi Arabia mengharuskan calon jemaah haji untuk disuntik imun babi sebelum keMekah untuk menghindari penyakit radang otak, cari aja infonya di google.

  133. ya ampuun..sebenernya mas ato mbak ya, , saya tau kok banyak kayaknya yg sensi bnget ama muslim karena ketidak tahuannya…klo gitu masalah babi ini ya silahkan di cek aja baik ato buruknya, klo loe merasa oke makannya ya silahkan kalo kmi yg muslim ya nggak mau..truss jangan kemana2 donk ceritanya,……kayak kebakaran jenggot aja mengetahui kebenaran agama kami,..

  134. bukanya kambing sama sapi lebih kotor dan parasitnya buanyak,., karena sekarang ini kambing ama sapi hidupnya sudah di tempat sampah dan makananya sudah terkontaminasi sama logam2 berat ,
    sedangkan babi tau ga, dia di kandan dan dibersikan secara teratur ,

    dan saya bandingkan saat sapi di sembel;ih saya melihat betapa banyaknya cacing yang ditemukan di usus nya,.,
    dan yang perna saya liahat sampai saat ini di babi tak pernah ditemukan cacing pada usus nya.,

    jadi yang makan kambing dan sapi yang hidup melarat di tempat sampah , hati hati coy kena kanker luu

    • Lah emang sapi n ambing gak dikandangin, gak dibersihin… Coba lihat baik2 di kandang (peternak rakyat ataupun perusahaan) n RPH. Cara memperlakukan sapi n kambing jauh lebih baik drpd babi mas. Ngapain ngelihat cacing di usus sapi, di RPH tuh yg dilihat pertama kali abis disembelih tuh hati sapi, ada cacingnya pa gak. Kalo di hati udah ada cacingnya berarti sapi tersebut kena penyakit, maka sapi tersebut gak layak didistribusikan. Kalo di ususnya sapi mah emang buat mencerna makanan. Mas makanya belajar dulu di peternakan kalo mau lebih jelas…

  135. […] Dari : MaulaNusantara Baca Juga :Partikel ini Membantu Kita Hidup Saat Tak Lagi […]

  136. ni buat anda penikmat hewan babi lihat cuplikan berikuthttp://www.youtube.com/watch?v=nGdluV7f-Ow

  137. babi di peternakan dikasih makan dedak bro… bukan makan kotoran. Campuran dedak dengan potongan batang pisang, rumput, dsb … gizinya malah melebihi rumput saja. Babi memang makannya banyak dan gendut.. karena sengaja dibuat gendut agar bisa dipanen… sekali-kali cobalah datang ke peternakan babi.. lihat sendiri.. baru komen.

    • Kalo udah pernah ke peternakannya mending terus dilanjutin ke laboratoriumnya ngecek cacing2 yg ada tuh di perut babi…

  138. yg jelas nya babi itu tdk baik tuk kesehatan bagi manusia & hewan lainnya, yg pastinya babi adalah sumber segala penyakit, coba anda yg semua lihat n baca awal mula dr virus flu burung… pada unggas.

  139. ngakak gw bacanya…babi aja diributin ampe sepanjang ini…pada dasarnya indonesia emang penuh dengan sara sih…ga bisa disembuhin…uda penyakit…hahahahahaha

  140. Yang gatau makan apa” gausa bawel.. COBAIN DULU ! BARU NULIS KOMENT BRO ! :D
    Bilang aja ngiri.. Babi kan mahal.. Ga mampu beli babi sih.. Wkwkwkwk makan aja tempe oreg ama tahu goreng sama buncis aja sonoo… Ga ada gizi broo… Wkwkwkwkwkwkwkwk (n)

    • Emang siapa bilang tempe gak ada gizinya??? Mas mending belajar dulu gih. Kan asalnya tempe dari kedelai, kedelai kan kaya protein. Proteinnya gak ada tuh di Babi yg kalian sukai itu. Gimana sih mas ini! Makanya belajar dulu. Babi tu murah, lebih murah dr daging sapi makanya yg murah2 itu yg lebih dicari orang, padahal manfaatnya kosong.

  141. Haduuuhh.. Kalian ini yg ga pernah mkn babi itu bego ya.. Jelas jelas babi itu enaakk.. Lah wong sperma aja diisep diminum dijilat.. Masa babi ga dimakan… Rugi looooh.. Wkwkwkwkwk
    Makanya jgn pada miskin.. Masuk kuliah kedokteran. Belajar dah tu daging babi itu gimana… tolol kalian yg menghina babi. Ckckck

    • Kayaknya masuk jurusan Peternakan dulu deh biar tau tentang Babi plus tingkah n perilakunya.

  142. yang pintar pake otak dan akalnya,,,,,,,,,,,,masalh bgni aja gk bisa diselesiakan baca al kitab,,,,,

  143. kenapa malah jadi saling menghina?????
    jangan terpengaruh oleh hasutan media massa yang menimbulkan perpecahan diantara kita……perrpecahan itu MENGERIKAN,,,,tapi perdamaian itu sungguh INDAH bukan????
    BERDAMAILAH!!!!

  144. Islam juga agama yang paling aman dan nyaman

  145. penyakit antrak juga ada pada sapi, terus malah lebih bahya lagi….

    • Kalo udah kena penyakit, ya pihak RPH gak akan menyetempel dagingnya (kan ada pemeriksaan post mortem ma ante mortem), dagingnya gak didistribusikan ke masy. Kelihatan gak pernah masuk RPH ya kayak gini…

  146. Islam telah mengatur semua aspek termasuk dalam hal makanan yg halal bagimu. Kita umat Islam jangan terpancing dengan orang-orang yang berpenyakit di hatinya, karena kita memiliki Al Quran dan Hadist. Kalau sesuatu itu dikatakan haram, pastilah ada sebabnya. Nah, kita sebgai umat Islam diwajibkan belajar dan mempelajarinya. Setelah kita mendapatkan jawabannya, bertambahlah keimanan kita pada Allah SWT yg Maha benar. Jangan ikut-ikutan mereka yg bodoh dan tidak mau mencari kebenaran. Biarkan mereka tersesat, bahkan telah disebutkan di dalam Al Quran,…”mereka itu seperti binatang bahkan lebih dari binatang kelakuannya”. Oleh sebab itu, yuk kita perbanyak ilmu kita, kuatkan iman kita, bersatulah umat Islam, jgn terpancing dengan setan dan dajjal calon penghuni neraka! Semoga Allah SWT selalu meridhai kita dan menolong hambanya yg berada dijalan Al Islam. Amiiin…

  147. Sepanjang kehidupan manusia selalu memakan daging Babi, dan kebanyakan orang yang makan daging Babi lebih pintar dari orang yang mengharamkan daging Babi. Jepang, China lebih pintar daripada orang yang mengharamkan Babi seprti Arab

    • Kayaknya bukan karena babi deh, tapi lebih ke mereka suka makan ikan, sayuran tanpa dimasak. Kan emang tanpa dimasak, kandungan gizinya tetap utuh. Kalo babi tanpa dimasak, bisa muntah2 tu yg makan. Lagian dibandingin daging babi, mereka lebih suka daging sapi, soalnya daging sapi jepang mang terkenal enaknya, kayak kobe beef.

  148. Udhlah mending yg makan babi pada cek ke dokter aja,bener gak ada cacing diperutnya..hiiio

  149. Yesaya 66:17 (Isaiah 66:17) Mundur | Maju

    Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN.

  150. Waduhhh,,,
    Seruuu banget,,,
    Ngk usah mikir banyak2,,,
    Klu ada cacing dalam Tubuh kita di karenakan makan babi,,,
    Tinggal minum obat cacing jj,,
    Mati juga khan cacingnya ,,,

  151. 2 ekor babi jantan tidak berkelahi untuk memperebutkan babi betina, tetapi yang terjadi adalah 2 ekor babi jantan malah menyetubuhi secara beramai2 babi betina, dan juga terjadi hubungan homoseksual antara kedua ekor babi jantan setelah selesai dengan si betina. Hal inilah yang jelas2 bertentangan dengan fitrah umat manusia. Bila umat Islam ikut2an memakan babi maka ditakutkan umat Islam akan mempunyai sifat dan karakteristik seperti babi

  152. orang islam kok suka merendahkan orang lain ya?
    dan merasa dirinya paling suci?
    pdahl smua manusia itu kan bersaudara. . , hnya krna agama smua jdi sling membunuh. . mencaci maki. . .
    pngen mengenal islam jdi ragu, org2nya aj bgitu. . ..

  153. Bodoh lo,klo m3mang daging babi sumber penyakit dinegara2 maju seperti amrik ato asia lainnya uda di musnahin dari dolo tu babi tp nyatanya ngak kan….yg buat artikel seperti ni hanya propaganda agama aja…

  154. postingan yg aneh bro..
    negara maju aja menganggap babi adlh makanan sehat, kaya protein n benar2 aman di konsumsi.
    tapi ko perompak somalia justru bilang haram ya..

    yg kita tau justru banyak obat n vaksin dr babi yg sangt membantu di dunia kedokteran.
    gak ada tuh vaksin dari onta

    #real.com

  155. Terim kasih pada penulis artikel atas informasi yang diberikan sehingga kita bisa menghindari apa-apa yang merugikan kesehatan kita. Artikel yg bagus yang bisa jadi bahan diskusi ilmiah malah menjadi bahan argumentasi yang gak ada habisnya. Ilmu n pengetahuan terlihat, malah banyak orang yang menutup mata dengan sengaja agar ilmu tersebut tidak pernah terlihat. Padahal Allah SWT menciptakan manusia dengan akal n pikiran agar manusia tersebut menggunakannya dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan hidup.

  156. Ngelucu aja Daging di urusin udah kayak orang bodoh.. pikir” dulu kalo ngomong semua daging lu pikir sehat? gak ada yg sehat eh kita makan daging juga karena itu makanan coba deh pikir” dlu

  157. oh tuhan kenapa aku(babi) ditakdirkan untuk dicaci oleh manusia,kenapa aku diciptakan kalo untuk menderita,adilkah tuhan dengan aku(babi)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: