Oleh: maulanusantara | Oktober 28, 2008

Ciri-ciri Psikopat


KITA tidak pernah tahu siapa orang terdekat kita sesungguhnya. Bahkan kita juga tidak pernah tahu keadaan seseorang jika hanya melihat dari sisi luar saja. Inilah hal yang harus dipelajari dalam mengenal seorang psikopat. Tentunya untuk menghindari diri kita agar tidak terjerumus dari jeratan si psikopat.

Dalam buku The Mask of Sanity, Dr Hervey Cleckley menggambarkan psikopat sebagai pribadi yang likeable (mudah bergaul), charming (menawan), intelek, perhatian, impresif, punya pede tinggi, dan pintar merayu (karena itu mereka mudah “menipu” perempuan). Umumnya, mereka juga cerdas secara akademik.

Tapi, di balik itu semua, mereka membawa sifat negatif, seperti tidak bertanggung jawab, serta merusak diri sendiri dan orang lain.

Dan, yang paling penting untuk diketahui adalah para psikopat umumnya tidak pernah merasa menyesal, meski telah menyakiti orang lain. Bila belangnya ketahuan, wajahnya akan tetap seperti orang yang tak berdosa, dengan kata lain ia tidak akan pernah merasa bersalah dan tidak akan pernah berubah meski ia bersumpah untuk berubah.

Psikopat tingkat akut, atau level paling parah, justru akan memutarbalikkan fakta yang ada dan mengumbar cerita seolah-olah dirinyalah yang menjadi korban. Biasanya orang akan mempercayai kata-katanya, ya, karena itu tadi, seorang psikopat sangat pandai merayu.

Robert D. Hare, seorang profesor di Jurusan Psikologi, Universitas British Columnia, Kanada juga memaparkan ciri-ciri senada tentang karakter seorang psikopat. Menurutnya, ciri-ciri personal/emosional psikopat adalah:
Glibness - Melakukan tindakan-tindakan tanpa pikir panjang
Grandiosity - Terobsesi akan hal-hal yang besar
Lack of guilt - Tidak punya rasa sesal
Sering berbohong, fasih dan dangkal
Egosentris dan menganggap dirinya hebat
Teguh dalam bertindak agresif
Shallow emotion - emosi yang dangkal, mudah marah
 
Sedangkan ciri-ciri penyimpangan sosial psikopat adalah:
Impulsiveness - Impulsif dan sulit mengendalikan diri, bertindak berdasarkan gangguan dan bukan pikiran
Lack of responsibility - Tak bertanggung jawab
Antisocial behaviour - perilaku-perilaku antisosial

Source: Robert D Hare, “Without Conscience: The Disturbing World of the Psychopaths Among Us”, dikutip dari Metro Hari Ini, Metro TV, 29 Juli 2008. http://sarie-novian.blog.friendster.com/2008/08/inilah-ciri-ciri-psikopat/

About these ads

Responses

  1. ah, masak.. kok aku ga ngerasa gitu…^^

    • aq kasihan sekali ma pacar qu..smua ciri-ciri diatas ada pada dia,dulu nya ga ketahuan karana kami sering jarak jauh..tapi disaat kami sudah srius mau marrid dah sering bersama smua ciri-ciri diatas ada pada dia..sekarang apa yang harus aq lakukan..bisa ga disembuhkan..??thanks

      • sekedar saran, coba berikan dukungan secara moril. atau ajak ke psikiater.
        Terima kasih :)

  2. Artikel anda di

    http://psikologi.infogue.com/ciri_ciri_psikopat

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

  3. How are you? your website is cool
    I have a new band and we just had a live gig u can see here:
    http://tinyurl.com/7wmqct

  4. Mang kya 9′tu yeh…tank’s

    • memang terkadang kita sulit membedakan sosok yang psikopat dan yang normal. karena justru orang yang psikopat cenderung terlihat laiknya orang yang benar-benar normal. tks

  5. Aq Se7 beudz m ciri-ciri tugh,.
    al’y, cwok aQ juga seorang psikopat..
    ciri2′y persiz beudz..

  6. aq ksian sma tmn qu….
    smua ciri2 psikopat tu ada sm dy…
    gmn cara nyembuhin’a???
    makasih,tlg di beri tahu..

    • Salam.
      Lebih baik langsung diajak ke psikiater agar lebih baik bagi dirinya. Terima kasih

  7. ak ksihan ma tmen dketq…smua ciri dats mirip kyak diriny..
    mga2 dy bs brubah

  8. sy mau tanya,,, sy ada teman. Dia berjenis kelamin wanita. Dy & temannya pnh membunuh anjing yang mereka benci dan meminum darahyanya. Mereka jg senang untuk menyiksa org dan org lain. Timbul kepuasan. Dan mereka tidak menyesali perbuatan mereka tersebut.. malah ada rasa ketagihan. Apakah mereka tmsk psikopat? Apakah mereka bisa berubah menjadi normal?

    Teman saya itu sudah bertahun2 tidak melakukan lagi krn tidak mau dalam keadaan spt itu lagi. Ada juga yg lainnya skrg harus dirawat kejiwaannya.

    Terima kasih atas perhatian& jawabannya

  9. saya lu2san salah satu fakultas psikologi d jakarta
    saya mempunyai mantan yg sangat aneh kejiwaanya, semua ciri2 psikopat it mengarah k dirinya..
    hingga kini saya masih d kejar2 trs dengan dia karena dia bil dia sangat mencintai saya tp cara dia mencintai saya dengan dia sering brbuat selingkuh
    klo sudah ketahuaan dia meninggalkan wanita it begitu saja dan minta maaf tdk akn berbuat seperti it lagi,
    terakhir dia bilang dia akan merusak repotasi saya d tempat kerja dan akn melakukan segala cara untuk menghancurkan saya.
    yg saya tanyakan
    apakah dia psikopat/dia memiliki kepribadiaan ganda???
    tolong kasi tau saya apakah orang psikopat it memilki cinta atau tdk….

    • Jelas banget lah psikopat… Orang normal akan pergi kalau misalnya dia sudah diputusin, dia akan malu karena sudah gagal membahagiakan pacarnya… orang psikopat adalah orang yang penyesalannya hanya sampai di mulut, tetapi besar kemungkinan bahwa dia akan melakukannya lagi…
      Saran saya adalah kamu tidak perlu takut dengan orang itu karena orang benar adalah benar dan kebenaran itu gak bisa ditutupi selamanya, walaupun dia merusak bagaimana pun, tetapi tindakan/sikap kamu tidak menunjukkan seperti yang dikatakan oleh mantan kamu itu, maka orang lain akan melihat siapa yang lebih benar dengan sendirinya..^^,
      Yang terpenting berdoa supaya itu orang disembuhkan oleh Allah dan supaya hidup kamu tidak terganggu..

    • Psikopat pastinya… hindari dia … jgn hiraukan lg… biar gak jd penyesalan nanti

  10. ane normal pa psikopat ga ya,,,,,????

    • Biasanya psikopat gak bakal sadar kalo dia psikopat ;)

  11. hati hati buat pemuda yang ingin menikah apabila melihat ciri pacar anda psikopat harus tega putusin aja dari pada sudah menikah akanj kacau balau. Istri akan jadi so pintar so tau so ngatur..hindari ..cewe psikopat waspadah ingat kebahagian rumah tangga di awali dengan pilihan pacar yang tepat.

    • Baiknya sich jangan diputusin, kalo memang cinta, gak ada salahnya untuk berusaha menyembuhkannya sebagai tanda cinta :)

      • ga ada gunanya bertahan dan memperjuangkan seorang psikopat yg dicinta. endingnya bakal berakhir di kepolisian. masih bersyukur bukan di rumah duka.

  12. [...] ujarnya. Berikut ini beberapa ciri yang mungkin dapat menjadi isyarat adanya gangguan kepribadian psikopat: 1. Pada awalnya menampilkan sikap yang menarik, cenderung dibuat-buat, memesona, dan menebarkan [...]

  13. benar banget, baru aja aku tmuin org kayak gitu!

  14. saya seorang perempuan…yang punya suami aneh..
    dia tidak suka kalau saya ngobrol dengan orang lain, tidak boleh keluar sendiriian…menurut orang suamiku sangat sayang aku, tapi kenyataanya menurutku tidak..dia suka memukuliaku percis seperti mukulin maling..dia orngnya egois..kalau punya keinginan harus tercapai..suka pergi sama teman-temannya..selalu bohong..tidak pernh mau minta maaf walau dia sudah menyiksaku..apakah suamiku psikopat..?

  15. assalamualaikum wr wb

    teman saya juga mempunyai sebagian ciri2 psikopat …tapi sebagian lagi bertentangan bgt sama sifat dia…apa dia termaksud orang psikopat????

  16. ass,wr.wb

    saya orangnya agak aneh jg ,,,
    begini ,,kalo aku lg biasa” rasanya aku sayang banget ma orang2 yg aku sayangi …
    mlah kdang2 sampai bsa dibilang berlebihan…

    tapi kdang 2 aku jd ngerasa gak sadar soalnya tiba-2 aku suka jadi sangat benci terhadap orang 2 sekitar ,,,terutama yg aku sayang itu…

    namun aku berbeda ,,, biasanya klo aku dah ngerasa biasa lagi aku selalu merasa sangat menyesal dan ingin memutar waktu,,, dan aku berperilaku seperti semula lagi ,,,berlebihan ….

    kjadian ini bsa dibilang sangat cepat ,,, antara sadar dan tdaknya ,,,
    apakah aku psikopat??????

  17. mgkn mantan aq seorang psikopat jg ya?sampe sekarang dy msh berusaha ngejar-ngejar aq hanya untk nyakitin aq lg, sama mantan2 nya yg lain gt jg..dy sm skali gk mau peduli calon “korban” slnjutnya itu siapa n dg latar belakang yg gmn..emang g da hati nurani,selalu berbohng n berusaha menciptakan kebohongan baru jika belangnya ud ketahuan, gk da belas kasihan, rasa penyesalan, rasa malu, bahkan mgkn yg nm’a cinta

  18. faktor apa sih yg menyebabkan orang jadi psikopat??? apa krn lingkungan,didikan, atw krn faktor orng tua dan mungkin ga sich krn keturunan??????????

  19. kalo tidak merasa menyesal atas perbuatan yang dilakukannya terhadap pacar apa it jg bsa di sebut psikopat ? merasa seakan akan gak terjadi apa apa dan tidak pernah meminta mav dgn ap yg dilakukan ? suka memutar balikan fakta seakan akan jd kita yg salah . ? tindakan yg dia lakukan selalu di anggap nya benar ….

  20. Stelah baca artikel ini, aq smakin klo pacarku memang psikopat.dia sringkali menyelingkuhi ku,tp dia malah balik menyalahkan ku. Dia brjanji&brsumpah akn berubah tp kenyataan nya enggak.
    Cwo ku itu gmpang skali mrah,dg hal2 kecil.mrasa paling bnar, pdhal jlas2 salah. Overprotektif, bisa mnghajar cwo lain yg mndekatiku,suka menghina ku. Mngluarkan kata kasar, dan tdk mrasa brsalah. Dan aq salu brusaha sabar mnghdapinya krn aq brhrap dia bs brubah, tp smwa prcumah. Dan aq smkin takut dg nya,. Aq pengen bgt lepas dr dy. Tp dy mengancam mau bunuh aq kalo aq putusin dia. Help me!! Aq gak tau hrus gmna???

    • Jgn pernah menikah dengan org yg pny ciri psikopat gitu, krn akn menjadi sebuah penyesalan spt sy… ketika sy pacaran apa yg km rasakan sm sepertiku… bahkan dia menganiaya aku.. sampe memar2… dikira dia hanya khilaf gak taunya sampe menikah kumat kelakuanx..bila marah selalu dg penganiayaan … untung sy lom pny anak ketika menggugat cerai dia

  21. ass,,,,
    gi mana kalo kita punya mantan pacar yang kalo boleh di liat semua ciri2 seorang psikopat ada pada nya ,,,,, taoi dia nya selalu menuduh kita sendiri sebagai pengidap psikopat…..
    mungkin karena rasa sakit hatinya!!!!tapi koq seo rang psikopat teriak psikopat siiiicccc

  22. kyany kasus dewie on Desember 29,2010 sama dech dg kasusku.
    aku selalu berusaha mengubahnya, tapi tetap saja jika cembrunya lagi angot.
    ampun dch. g hnya mengncam, bhkn bisa menyakiti.
    tapi itu beberapa bulan lalu, skrg sudah agak sdkt ada prbahan.
    cara yg aku lakukan.
    brbcra baik2, mnanykan mw dy ap, mendiskusikn smw problem kita, dn hal2 yg
    bisa mnimbulkn slah pham lg.dn itu bisa dilakukan…

  23. ih serem bgt ktx gw mau di bnh klo tidur.gmn neeeeeeeeeeeeeeeeh

  24. suamiqu sudah berkali2 selingkuh…. dia pintar banget berbohong….sudah 2 th dia kerja dikota C sedang aku di kota A…ternyata selama itu pula dia tinggal bersama dengan perempuan lain di kota B… memang ini bukan kali pertama dia selingkuh…. setelah perselingkuhan yg 1 berakhir,selingkuh yg ke 2 semakin pintar dan begitu seterusnya…. sampai akhirnya sekarang dengan perempuan yg ke 4… setiap ketahuan selalu berjanji bahkan bersumpah tdk akan mengulangi lg tp ternyata palsu. setiap hari pulang kerja selalu telpon,dia selalu bilang berada di kotaC,pdhal aku tau dia berada dikota B… beberapa waktu yg lalu selingkuhannya menelpon katanya suamiku dah meninggalkannya dan bersama perempuan lain lagi…. yg aku heran selalu saja yg dia memanfaatkan perempuan kaya untuk bersenang2 dan memanfaatkan hartanya…padahal suamiku punya pekerjaan yg bagus dengan gaji yg lumayan besar…. apakah yg dilakukan suamiku termasuk tanda tanda psikopat…. kalau melihat ciri2nya semua ada pd suamiku…. dia juga selalu ingin dihargai oleh aku… misalnya pulang kerja dia sms ktnya badan pegel2 krn seharian kerja keras… pdhal yg sebenarnya dia sedang bersama perempuan lain…. kalau waktunya pulang hari sabtu ada saja alasan…katanya hujan,ato lg lembur,ato ada kerjaan…. pdhal dia sedang bersama perempuan…. dia selalu menggunakan berbagai alasan untuk meyakinkan aku ,,,walaupun sering kali ketahuan bohong seperti tidak merasa bersalah,seperti angin lalu…. bagaimana cara menyembuhkannya

    • Percaya deh org spt itu gak akn bs berubah… percuma dipertahanin… menyiksa hati kita…

  25. ak kshn ma shbtku, dy punya pcr, psikopat, keada’an pcr’y bhkn lebh parah dr cri2 d’atas,
    dia sering ngelakuin tndkan2 seenak’y sndri ma shbtku, yg paling parah adlh kekerasan seksual yg dia lakuin. . .
    Dia juga kerap bicra kasar dg shbtku, dn sering memukuli shbtku. . .tp shbtku cm bsa diam dn nuruti kmauan dy aja. . .

  26. ia tmen saya juga nma nya imam

  27. Ihhhh bener nih baru ketemu saya ciri2 seperti ini

  28. psikopat emang susah,ea bedainnya????
    tp psikopat tu ciri”nya selain diatas.menangnya sendiri ga,trus and slalu merasa klo dia emang benar?
    tu trmasuk ciri psikopat ga???
    thx…

    • itu bisa juga jadi salah satu cirinya

  29. yaaampun aku baru sadar sekarangg,,
    mantan ku yg baru putus sama aku 2 minggu,trnyata memang psikopat,,,
    ciri2 smua ada didia,,,
    dia selalu ngekang aku,
    cemburuan abis,
    kemana2 hrs sm dia,,
    aku sllu drmh,smpe aku gk pny tmn cowo sdktpun.hampir tiap hr pacaran kita lalui dengan berantem,,
    tapi dia kalau lg perhatian bener2 perhatiann,,,
    tp kalau aku ngmng slh dikit,
    dia lgsng diemin aku berhari2,
    dia juga gak segan2 mukulin aku,,
    nampar,nendang , semua dia lakuin ke aku tnpa mikir kl aku ini wanita,,
    dia jg prnh slgkh,,
    tp dia jnji gak aknn nglangin lg,tp gktaudeh sy,
    kbtulan bru 2 mggu puts,
    dia yg putsn sy,dgn alsn yg gk logis,
    dia yg putsn tp dia yg uring2an,
    dia ngatain aku di fb,hina aku,,dan dia ngirim messagess ketemn2 aku yg tujuannya untk ngancurin hdp aku..
    Smpee skrg sy mssh stres,tp sy bersyujur bisa pisah dgn dia.

    • selamat :)

  30. Ciri-ciri diatas mirip sekali dgn mantan saya, baru aja saya alami..
    Saya putus dgnnya krn dia membohongiku,,
    Ternyta dia memacari byk wanita, 5wanita ia pacari dlm satu semester th ini..dan semuanya dijanjikan menikah..semua wanita ini memutusi lelaki ini krn mereka diselingkuhi. Ia juga meutar balikkan fakta. Satu diantaranya ada yg sampai thypus pun, lelaki ini tak peduli…Lelaki ini tdk merasa bersalah. bahkan, skrg ia menghilang begitu saja…Yang ingin saya tanyakan, apakah jika ia menikah ia akan kambuh lagi mencari korban lainnya? sebab, lelaki ini dlm berpacaran sdh keterlaluan, mengarah pd “……..”. Lelaki ini pernah mengatakan pd saya, ia pernah sakit hati saat SMU oleh mantannya. apakah lelaki ini ingin korbannya merasakan sakit hatinya? apa tujuannya dia mengoleksi byk wanita? dan dgn mudah meninggalkannya dan mencari lg?

  31. Assalammualikum & salam sejahtera,sy akhir2 ini bingung sekali.krn sy dgn paca hampir tiap bulan ini slalu saja diterror2 trus2an (ntah itu lwt sms,bbm,inbox difb n twitter,dll) dgn mantan pcrnya pacar sy yg skrg ini.setau sy, pcr sy sdh lama sekali (lost contact)tdk kirim2 kbr ke mantan’a itu,tapi kok bs ya si sang ex-girlfrndnya ini ngaku kalo msh suka berhubungan ma pcr sy? Sy knl pcr sy dari mulai SD,tapi knp slalu sy ya yg slalu diincarnya ma ex-gfnya? Pdhl sy g tau apa2 permslhan’a antara pcr sy dgn ex-nya itu…yg mau sy tnykan apakah itu jg termsk psikopat juga g ya? Terimaksh atas perhatiannya….:)

  32. Hmmm… teman dekat saya, sebut saja Z, berkali-kali mengakui kalo dirinya psikopat. jika ditanya bagaimana mngkin, dia selalu menyebutkan ciri2 yg memang dmiliki psikopat.
    apa mungkin seorang psikopat menyadari bahwa dirinya memiliki kelainan? padahal teman sya ini sangat baik, sabar, tidak pernah marah…

  33. dunia ini penuh orang2 menyeramkan, masya allah hati2

  34. Saya memiliki mantan yg hampir 1 tahun, n br pts 3 hr yg llu.padhal rncna x mnggu bsok maw lamaran,ber bulan bulan,ber hari” dya nyiksa btin q,g pduli kdaan qw,hina q,ungkit 2 msalllu qw,pdhal dy sndr yg blg nrm q pa ad ny, g mw ungkit mslalu,ktk mlht qw nngs smpe hncur 2 an dy mrsa puas, dy sndr yg brsaha nggalin qw,hgga aqw pts asa n mmbtalakan pertunangan dgn ny,dy pun sgt excited dgn niat q,tp knp dy mlh jelekin 2 qw d dpn klwrganya,kelwrga qw,kerabat 2 dkt q,tnp merasa nyesal ataw sedih tlh pts dr qw , smua ciri 2 psikopat ad pd dya. smpe skrg pun mantan 2 ny msh ngejar 2 dy, n mnyesal tlh khlagn si cow (mantan qw) ini, dy selalu ungkit 2 yg pnh dy ksh k qw,, aqw hrs bgaimana ????? AQ TKUT BGT ,,, Pa dy emng stressss????????????? tqyue ,,,bls

  35. Sy pny mantan suami seorang psikopat.. hidupnya kaku gak bs diajak bercanda.. selama hidup dengannya spt hidup dineraka… nyaris tiap hari menganiaya sy dl.. selama 2 tahun saya sabar dg penganiayaannya dan tidak melaporkan perbuatanx ke polisi.. sy takut bl sampe urusan polisi pasti masa depannya akn suram.. tahun 2012 sy mengajukan gugatan cerai krn sdh gak tahan lg hidup bersamanya.. tekanan batin dan bikin depresi.. soalnya klo menganiaya saya gak liat tempat, bisa didepan umum dia lakukan..kdg dipermalukan juga dg kata2 gak pantas didepan org lain. Alhamdulilah tahun 2013 sy menikah lg dg suami yg baik hati… sy bahagia sekali… ternyata mantan suami msh gak senang dan pengen sy hancur… mgkn dia gak terima sy ceraikan… sehingga dia melakukan fitnah keji melalu fb sy dl yg gak sy pake lg krn pasword dan emailnya sdh digantinya… di fb trus dia pasang foto2 bugil… dan dia buat sy spt pelacur.. astagfirullah pdhl di fb itu banyak temen2 yg kenal sy.. dr temen SD sampe temen kantor bahkan tetangga… dibuatnya sy ini hina sehina2nya… tujuannya untuk merendahkan sy dan jg bila suami skrg melihat suami sy akn merasa jijik tp ternyata dia salah.. suami sy membela sy mati2an… dengan melaporkan pelaku ke pihak berwajib..(proses sdg berjalan) ..mungkin pelaku gak sadar sedang di intai pihak berwajib krn kami dilarang untuk memberi tau dia ttg laporan kami ke pihak berwajib, bila dia tau dia pst akn melarikan diri dan menghilangkan semua bukti.. suami sy kekeh mo menjarakan psikopat itu.. biar jera… oh yah sy menikah dg mantan sy itu duda, istri sebelumnya juga gugat cerai krn kasus penganiayaan… sy tau stlh menikah… ternyata tuh org mmg sakit jiwa… stelah mukulin saya dia juga mukulin mukanya sendiri sampe bentuk segi lapan kayak maling digebukin satu kampung, mgkn dg maksud fitnah sy klo sy yg mukulin dia… bener2 gila dan sakit jiwa…

  36. Ciri ciri itu ada pada pacar ku..
    Aq dah sering menasehati tapi tidak didengarkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: