Oleh: maulanusantara | Juni 5, 2010

Makna Tato

Apel : Melambangkan ‘Awal Kehidupan yang Baru’ , hal ini diambil dari kisah Nabi Adam dan Hawa.

Pisau : Melambangkan ‘Loyalitas terhadap Sesuatu Hal atau Keteguhan Hati’ , ini di dapat dari kebudayaan bangsa Jepang yang rela memotong jari sebagai tanda penyesalan dari kegagalan yang dilakukan untuk menaikan harga diri yang telah jatuh.

Mata : ‘Melambangkan ‘Sisi Keingin tahuan yang lebih mengarah kepada sifat Waspada’. Ini didapat dari para napi yang berada di dalam penjara yang mana sebagai tanda pernah dilecehkan secara seksual oleh napi lain. Dan ada juga yang digunakan sebagai tanda, bahwa pemilik tattoo tersebut merupakan informan yang telah di ketahui identitasnya.

Kipas : Biasanya dalam motif tattoo digambarkan kipas oriental, banyak orang yang salah mengartikan kipas ini sebagai symbol sisi keindahan dan feminism dari seorang wanita, karena selalu dihubungkan dengan seorang Geisha yang memegangnya, tapi kenyataannya sendiri di Jepang kipas merupakan alat untuk mengusir roh jahat.

Bendera : Bendera melambangkan sisi Patriot atau sisi cinta Tanah Air. Untuk luar negeri mungkin banyak sekali motif bendera yang dijadikan Tattoo sebagai status kewarga negaraan dan sisi cinta tanah air.

Fleur de Lis : Digunakan dalam symbol Pramuka di seluruh dunia, yang mana lambing ini merupakan lambang resmi kerajaan Perancis yang mempunyai arti Kemerdekan dan Kebebasan.

Buah Anggur : Merupakan symbol tua dari bangsa Greek yang melambangkan Dewa Dioysus, banyak yang salah mempresepsikan symbol buah Anggur sebagai lambang ‘Kesuburan dan Kehidupan’, namun dalam motif Tattoo, Anggur melambangkan ‘Kehidupan yang Sempurna dengan Alkohol yang Selalu Menemaninya’.Mungkin kalau di Indonesiakan artinya adalah pecinta minuman keras.

Bunga Lotus : Dalam budaya Chinese bunga Lotus adalah bunga yang indah walaupun tumbuh di daerah yang berlumpur. Hal ini mengambarkan ‘Semua itu Indah walaupun tak ada yang Sempurna’

Bintang Nautical : Motif ini sering sekali dipakai sebagai motif Tattoo, baik dari jaman dulu sampai sekarang. Bintang yang memiliki Strip warna Hitam dan Merah, namun tidak menutup penggunaan warna lain, ini mem visualisasikan sebagai ‘Sinar Kehidupan yang Tak Pernah Padam’ atau dengan kata lain melambangangkan ‘Kekuatan yang dimiliki oleh semua orang’.

Jaring Laba-laba : Beberapa mengatakan Tattoo gambar Jaring Laba-laba di sikut melambangkan kehidupan, namun asal dari motif ini adalah dari Gangster motor terkenal yang bernama Hells Angels yang memiliki arti ‘Penjaga Bikers agar tidak terjatuh saat mengendarai Motor Harley’ atau sebagai symbol ‘Penjaga agar terjauh dari Kesialan’.

Jangkar : Sekilas memang seperti mengambarkan seorang Pelaut, namun arti sesungguhnya adalah symbol yang memiliki arti ‘Perlindungan,Harapan, dan Pengorbanan’. Lebih ditujukan sebagai ‘Rasa Tanggung Jawab sebagai Kepala Keluarga’.

Bunga Hibiscus : Dikenal dengan “Clover” merupakan symbol nasioanal bangsa Irish, yang memiliki arti ‘Kekuatan dan Ketegara Seorang Wanita, biasanya untuk menunjukan kasih saying kepada Ibu.

Bulu : Simbol yang mengambarkan ‘Kreativitas , atau untuk Mengambarkan Perasaan seperti Terlahir Kembali’.

Hati : ‘Mengambarkan Sifat Kasih Sayang’ .

Daun : ‘Mengambarkan Kebahagian atau Baru Terlahir Kembali’.

Bulan : ‘Pengambaran dari Irama Kehidupan yang silih berganti’.

Bunga Mawar : Sebenernya buat arti bunga secara keseluruhan adalah ‘Kecantikan dan Keindahan yang abadi’, namun bunga mawar memiliki arti ‘Kesuburan yang mana dipakai oleh kaum pagan sebagai symbol yang mengambarkan wanita’.

Tengkorak: ‘Menggambarkan seuatu yang kelam atau kematian’

Motif Binatang :

Burung : Melambangkan ‘Kebebasan dan Keindahan’ hal ini diwakili oleh gradasi warna yang cerah. Biasanya untuk gambar burung ini sering dipakai adalah burung Walet(Swallow, burung Hantu (Owl), burung Phoenix, burung Gagak dll. Untuk Pria biasanya mengambil contoh motif2 burung Wallet yang dihiasi dengan Bintang (Melambangkan Bangkit dari Kegelepan), atau burung Gagak (Memiliki arti Kebangkitan), sementara wanita lebih banyak variasi seperti Phoenix (melambangkan kekuatan), burung Merak (melambangkan Keindahan).

Kura-kura : ‘Umur yang panjang’.

Singa : ‘Melambangkan Keberanian, Waspada, Keabadian’.

Monyet : ‘Pengharapan, Pengetahuan atau Kekuatan Setan’. Terkenal dengan istilah Three Mongkey ( See No Evil, Talk No Evil, and Hear No Evil)’.

Kodok : ‘Mengambarkan Perubahan Positif dalam Kehidupan’.

Anjing : Melambangkan ‘Kesetian dan Kepercayaan’ inilah cikal bakal kalimat Man’s Best Friend.

Capung : Memiliki arti ‘Kehidupan dan Spiritual’.

Kadal : Memiliki arti ‘Kekuatan untuk Bangkit dari Kesulitan , hal ini dikarenakan Kadal, Cicak atau Tokek saat terancam akan memutuskan ekornya untuk bertahan hidup dan seiring waktu ekor tersebut akan tumbuh kembali.

Kucing : Melambangkan ‘Sisi Wanita yang Feminim dan Lembut’, hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan yang haus kasih saying. Sementara untuk bangsa Mesir kucing melambangkan ‘Symbol Kematian, yang mana diasumsikan sebagai Hewan yang bisa ‘Membantu Menghubungkan Kehidupan Alam Dunia dengan Alam Kematian’.

Ikan :Biasananya sering dipakai adalah motif ikan Koi, ikan Cupang, Hiu, Lumba-lumba dll. Motif ini sering didefinisikan oleh penggemar tattoo sebagai symbol dari kesuburan, hal ini didapat dari bangsa Romawi yang tertera dalam Naskah ‘The Celtic of Wisdom’. Berbeda dengan kebudayaan Jepang, Koi merupakan symbol ‘Kekuatan dan Keindahan’

Banteng : Mengambarkan’Kekuasaan dan Kekuatan’.

Kupu-kupu : Sebagian besar mengartikan kupu-kupu adalah sebagai symbol keindahan, namun arti sebenarnya adalah sebagai ‘Tanda Syukur akan Keindahan Warna warni Kehidupan di Dunia walaupun Sementara’ , ini dikarenakan umur kupu-kupu yang singkat namun memiliki keindahan warna-warni pada sayapnya.

Mythologi dan Kepercayaan :

Naga : Untuk naga ada dua pengertian, untuk naga Amerika (American dragon) , melambangkan ‘Kekuatan’, sementara naga Jepang(Japanese Dragon), melambangkan ‘Keinginan (cita-cita) dan Kepintaran’ , biasanya untuk Japanese Dragon di gabung dengan Macan untuk men visualkan ‘Keinginan dan Keindahan’.

Salib : Simbol dari agama Kritiani yang mengambarkan ‘Pengorbanan dan Cinta Kasih’.

Peri :Peri merupakan makhluk mitology yang melambangkan ‘Sifat Anak Kecil yang Selalu Tersenyum’ Ini diambil dari Bangsa Irish yang mengambarkan ‘orang yang optimis, bahwa setelah kesulitan ada kebahagian’.

Yin-Yang : ‘Simbol Keseimbangan’.

Malaikat : Ada dua model dalam pengambaran malaikat, yaitu ada malaikat pria dan malaikat wanita. Namun keduanya memiliki kesamaan arti yaitu sebagai symbol ‘Perlindungan, Keamanan, dan Sebagai Penjaga Harapan dan Cita-cita’.

Ganesha : Salah satu motif agama Hindu yang menggambarkan Dewa berkepala gajah yang memiliki arti ‘Waspada dan Perlindungan’ namun masyarakat Indonesia sendiri memiliki pengertian sebagai symbol ‘Ilmu Pengetahuan’.

Griffin : Merupakan makhluk Mitology dari bangsa Yunani kuno, yang mana digambarkan sebagai makhluk yang Berkepala Elang namun Berbadan Singa dan memiliki sayap. Yang mana pada masa Abad pertengahan di Eropa dijadikan symbol religi yang dinamakan “Zoroastrianism”. Tapi kemudian oleh Kaum Gereja Katolik dijadikan sebagai symbol yang mengambarkan dua sisi dari Tuhan Yesus.

Mata Horus : Dikenal dengan nama “The Eye of Horus” , merupakan symbol dari bangsa Mesir yang mana tergambar sebagai “Mata Kiri dari Dewa Horus”. Horus menurut bangsa Mesir kuno merupakan ‘Dewa Perang dan Perlindungan’. Namun makin kesini ada yang mengartikan bahwa Mata Horus merupakan symbol dari komunitas Illuminati International, yang mana merupakan symbol ‘Perlindungan dari Setan’, biasanya disatukan dengan gambar Jangka.

Mata Rah : Dikenal dengan nama “The Eye of Rah” perbedaan dengan mata Horus adalah jika mata Horus memiliki lekukan ke kiri, sedangkan mata Rah memiliki lekukan ke kanan. Yang tergambar sebagai ”Mata Kanan dari Dewa Horus” yang memiliki arti ‘Penciptaan Kehidupan yang Baru’.

Kokopelli : Mungkin asing mendengar kata ini, namun jika kita search di Google dari “Kokopelli” mungkin dari kita pernah melihatnya, gambar ini juga banyak yang salah mengartikan sebagai lambang dari Rastafarian atau kaum pecinta musik Reggae atau lambang dari pecinta musik Ska. Lumrah jika sebagian salah mengartikannya karena memang jika diperhatikan seperti gambar orang berambut gimbal yang sedang memaikan alat music tiup. Namun pada kenyataannya Kokopelli merupakan symbol dari bangsa India yang melambangkan ‘Kesuburan dan Kejantanan Pria’.

Sumber: http://www.facebook.com/topic.php?uid=12612052875&topic=14282

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: