Oleh: maulanusantara | Agustus 29, 2011

Biografi Singkat Syekh Siti Jenar

Syekh Siti Jenar lahir sekitar tahun 829 H/1348 C/1426 M di lingkungan Pakuwuan Caruban, pusat kota Caruban Larang waktu itu, yang sekarang lebih dikenal sebagai Astana Japura, sebelah tenggara Cirebon. Suatu lingkungan yang multi-etnis, multi-bahasa dan sebagai titik temu kebudayaan serta peradaban berbagai suku.

Selama ini, silsilah Syekh Siti Jenar masih sangat kabur. Kekurangjelasan asal-usul ini juga sama dengan kegelapan tahun kehidupan Syekh Siti Jenar sebagai manusia sejarah.

Pengaburan tentang silsilah, keluarga dan ajaran Beliau yang dilakukan oleh penguasa muslim pada abad ke-16 hingga akhir abad ke-17. Penguasa merasa perlu untuk “mengubur” segala yang berbau Syekh Siti Jenar akibat popularitasnya di masyarakat yang mengalahkan dewan ulama serta ajaran resmi yang diakui Kerajaan Islam waktu itu. Hal ini kemudian menjadi latar belakang munculnya kisah bahwa Syekh Siti Jenar berasal dari cacing.

Dalam sebuah naskah klasik, cerita yg masih sangat populer tersebut dibantah secara tegas, “Wondene kacariyos yen Lemahbang punika asal saking cacing, punika ded, sajatosipun inggih pancen manungsa darah alit kemawon, griya ing dhusun Lemahbang.” [Adapun diceritakan kalau Lemahbang (Syekh Siti Jenar) itu berasal dari cacing, itu salah. Sebenarnya ia memang manusia berdarah kecil saja (rakyat jelata), bertempat tinggal di desa Lemah Abang]…

Jadi Syekh Siti Jenar adalah manusia lumrah hanya memang ia walau berasal dari kalangan bangsawan setelah kembali ke Jawa menempuh hidup sebagai petani, yg saat itu, dipandang sebagai rakyat kecil oleh struktur budaya Jawa, disamping sebagai wali penyebar Islam di Tanah Jawa.

Syekh Siti Jenar yg memiliki nama kecil San Ali dan kemudian dikenal sebagai Syekh ‘Abdul Jalil adalah putra seorang ulama asal Malaka, Syekh Datuk Shaleh bin Syekh ‘Isa ‘Alawi bin Ahmadsyah Jamaludin Husain bin Syekh ‘Abdullah Khannuddin bin Syekh Sayid ‘Abdul Malikal-Qazam. Maulana ‘Abdullah Khannuddin adalah putra Syekh ‘Abdul Malik atau Asamat Khan. Nama terakhir ini adalah seorang Syekh kalangan ‘Alawi kesohor di Ahmadabad, India, yang berasal dari Handramaut. Qazam adalah sebuah distrik berdekatan dgn kota Tarim di Hadramaut.

Syekh ‘Abdul Malik adalah putra Syekh ‘Alawi, salah satu keluarga utama keturunan ulama terkenal Syekh ‘Isa al-Muhajir al-Bashari al-‘Alawi, yang semua keturunannya bertebaran ke berbagai pelosok dunia, menyiarkan agama Islam. Syekh ‘Abdul Malik adalah penyebar agama Islam yang bersama keluarganya pindah dari Tarim ke India. Jika diurut ke atas, silsilah Syekh Siti Jenar berpuncak pada Sayidina Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib, menantu Rasulullah. Dari silsilah yang ada, diketahui pula bahwa ada dua kakek buyutnya yang menjadi mursyid thariqah Syathariyah di Gujarat yg sangat dihormati, yakni Syekh Abdullah Khannuddin dan Syekh Ahmadsyah Jalaluddin. Ahmadsyah Jalaluddin setelah dewasa pindah ke Kamboja dan menjadi penyebar agama Islam di sana.

Adapun Syekh Maulana ‘Isa atau Syekh Datuk ‘Isa putra Syekh Ahmadsyah kemudian bermukim di Malaka. Syekh Maulana ‘Isa memiliki dua orang putra, yaitu Syekh Datuk Ahamad dan Syekh Datuk Shaleh. Ayah Syekh Siti Jenar adalah Syekh Datuk Shaleh adalah ulama sunni asal Malaka yang kemudian menetap di Cirebon karena ancaman politik di Kesultanan Malaka yang sedang dilanda kemelut kekuasaan pada akhir tahun 1424 M, masa transisi kekuasaan Sultan Muhammad Iskandar Syah kepada Sultan Mudzaffar Syah. Sumber-sumber Malaka dan Palembang menyebut nama Syekh Siti Jenar dengan sebutan Syekh Jabaranta dan Syekh ‘Abdul Jalil.

Pada akhir tahun 1425, Syekh Datuk Shaleh beserta istrinya sampai di Cirebon dan saat itu, Syekh Siti Jenar masih berada dalam kandungan ibunya 3 bulan. Di Tanah Caruban ini, sambil berdagang Syekh Datuk Shaleh memperkuat penyebaran Islam yg sudah beberapa lama tersiar di seantero bumi Caruban, besama-sama dgn ulama kenamaan Syekh Datuk Kahfi, putra Syehk Datuk Ahmad. Namun, baru dua bulan di Caruban, pada tahun awal tahun 1426, Syekh Datuk Shaleh wafat.
Sejak itulah San Ali atau Syekh Siti Jenar kecil diasuh oleh Ki Danusela serta penasihatnya, Ki Samadullah atau Pangeran Walangsungsang yang sedang nyantri di Cirebon, dibawah asuhan Syekh datuk Kahfi.

Jadi walaupun San Ali adalah keturunan ulama Malaka, dan lebih jauh lagi keturunan Arab, namun sejak kecil lingkungan hidupnya adalah kultur Cirebon yang saat itu menjadi sebuah kota multikultur, heterogen dan sebagai basis antarlintas perdagangan dunia waktu itu.

Saat itu Cirebon dgn Padepokan Giri Amparan Jatinya yang diasuh oleh seorang ulama asal Makkah dan Malaka, Syekh Datuk Kahfi, telah mampu menjadi salah satu pusat pengajaran Islam, dalam bidang fiqih dan ilmu ‘alat, serta tasawuf. Sampai usia 20 tahun, San Ali mempelajari berbagai bidang agama Islam dengan sepenuh hati, disertai dengan pendidikan otodidak bidang spiritual.

Nasab Syekh Siti Jenar Bersambung Sampai ke Rasulullah saw diakui oleh Rabithah Azmatkhan

Abdul Jalil Syeikh Siti Jenar bin

1. Datuk Shaleh bin

2. Sayyid Abdul Malik bin

3. Sayyid Syaikh Husain Jamaluddin atau Jumadil Qubro atau Jamaluddin Akbar Al-Khan (Gujarat, India) bin

4. Sayyid Ahmad Shah Jalal atau Ahmad Jalaludin Al-Khan bin

5. Sayyid Abdullah AzhmatKhan (India) bin

6. Sayyid Amir ‘Abdul Malik Al-Muhajir AzhmatKhan (Nasrabad) bin

7. Sayyid Alawi Ammil Faqih (Hadhramaut, Yaman) bin

8. Muhammad Sohib Mirbath (lahir di Hadhramaut, Yaman dimakamkan di Oman) bin

9. Sayyid Ali Kholi’ Qosim bin

10. Sayyid Alawi Ats-Tsani bin

11. Sayyid Muhammad Sohibus Saumi’ah bin

12. Sayyid Alawi Awwal bin

13. Sayyid Al-Imam ‘Ubaidillah bin

14. Ahmad al-Muhajir (Hadhramaut, Yaman ) bin

15. Sayyid ‘Isa Naqib Ar-Rumi (Basrah, Iraq) bin

16. Sayyid Muhammad An-Naqib bin

17. Sayyid Al-Imam Ali Uradhi bin

18. Sayyidina Ja’far As-Sodiq (Madinah, Saudi Arabia) bin

19. Sayyidina Muhammad Al Baqir bin

20. Sayyidina ‘Ali Zainal ‘Abidin {menikah dengan (34.a) Fathimah binti (35.a) Sayyidina Hasan bin Ali bin Abi Tholib, kakak Imam Hussain} bin

21. Al-Imam Sayyidina Hussain bin

(22.a) Imam Ali bin (23.a)Abu Tholib dan (22.b) Fatimah Az-Zahro binti (23.b) Muhammad SAW

(Serat She Siti Jenar Ki Sasrawijaya; Atja, Purwaka Tjaruban Nagari (Sedjarah Muladjadi Keradjan Tjirebon), Ikatan Karyawan Museum, Jakarta, 1972; P.S. Sulendraningrat, Purwaka Tjaruban Nagari, Bhatara, Jakarta, 1972; H. Boedenani, Sejarah Sriwijaya, Terate, Bandung, 1976; Agus Sunyoto, Suluk Abdul Jalil Perjalanan Rohani Syaikh Syekh Siti Jenar dan Sang Pembaharu, LkiS, yogyakarta, 2003-2004; Sartono Kartodirjo dkk, [i]Sejarah Nasional Indonesia, Depdikbud, Jakarta, 1976; Babad Banten; Olthof, W.L., Babad Tanah Djawi. In Proza Javaansche Geschiedenis, ‘s-Gravenhage, M.Nijhoff, 1941; raffles, Th.S., The History of Java, 2 vol, 1817),

Source

About these ads

Responses

  1. ada kemungkinan besar bahwa ajaran yang dibawa syekh siti jenar ini dinilai melenceng karena pada saat itu sebagian masyarakatnya belum siap untuk ilmu tersebut, beliau sudah meminta maaf terkait hal ini tetapi mengapa masih dibilang ajaran sesat yah,, ilmunya aja yang kelewat tinggi (pemahaman tentang kehidupan dan Allah swt), mungkin karena otodidak kali yah dan kebersahajaan beliau sehingga Allah memberi ilmu yang lebih,,,terima kasih untuk biografinya baru tau saya kalau beliau ada keturunan langsung dari Muhammad saw

    • semua uraian tentang syeh Siti Jenar di atas itu hanya duga2 dan kira2 atau dzon saja, jelas Nabi Muhammad tidak meninggalkan anak laki2, jadi tidak ada keturunan langsung dari Nabi Muhammad Q: 33/40: Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala suatu. jadi masalah ilmu Siti Jenar berilmu tinggi okelah sehingga masyarakatnya belum siap menerima untuk ilmu tersebut.

      • ilmu yang kelewat tinggi atau tak memiliki ilmu??

      • Maaf bpk cholil, sekedar meluruskan, cerita diatas, , silsilah Syekh Siti Jenar berpuncak pada Sayidina Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib, menantu Rasulullah.
        Supaya tidak lebih menyesatkan cerita lagi, terimakasih.

      • Heran saya ama bangsa arab, perlakuannya terhadap wanita sungguh biadab tapi kalau ngaku selalu sebagai garis keturunan Nabi Muhammad SAW padahal Nabi gak punya anak laki laki, yang ada hanya perempuan yang menikah dengan Imam Ali. Subhanallah

      • Rasullullah tak punya nasab?? Lalu siapakah fatimah?? Haruskah nasab tidak diakui hanya karena tak punya anak laki laki?? Jelas terdengar anda seperti kebanyakan pikiran para orang jahilliyah,yaitu lebih menghargai anak laki laki,dan pada kenyataanya Islam tak berpandangan seperti itu..tak ada perbedaan gender di hadapan Allah kecuali dalam hal keimanan dan ketakwaan.

      • pembaca harus lebih teliti,,disitu kan ada cucu baginda nabi muhammad yg bernama hasan,,,teliti lg yaa,,

    • ojo ngawut riko yuuu,.

    • Kalau tidak salah bukan ada keturunan langsung dar nabi Muhammad saw,tapi menantu beliau,gitu lho,mohon dicermati lagi nuwun.

    • ane sependapat dengan ente gans, hanya menambahkan pada saat itu unsur politis sudah mulai bermain juga.
      Note menjawab pertanyaan kenapa ditukar dengan anjing, karena jenazah siti jeunar setelah dipenggal dan ketika ingin disolatkan aroma wangi keluar dari jenazahnya, untuk menghindari pertanyaan dan kemarahan para muridnya akan hal tersebut maka ditukar dengan anjing. dan mulailah beredar bahwa ajaran siti jenar adalah sesat. (manusia berubah jadi anjing). CMIWW

    • Ilmu Makrifat sebenarnya otodidak,ketulusan hati hambanya hingga menjadi kekasihnya.Allah langsung masuk ke dalam hatinya hingga manunggaling kawulo gusti.Karena Allah akan menuntun cahayanya sendiri terhadap orang2 yang di kehendaki.

  2. trima kash untk info silslah Syehk Siti Jenar,,

  3. Menurut informasi spiritual yg sy dapat dari guru saya, syech siti jenar berasal dari baghdad.ia seorang dosen di sebuah universitas disana.ia merupakan seorang ahli ma’rifat yg mungkin pada waktu itu pada tahap tertinggi sehingga ajaran ajarannya blm bisa diterima kaum ulama pada waktu itu.sehingga ia harus keluar dari universitas di baghdad.Pada waktu itu sunan bonang ditugaskan utk belajar di baghdad yg akhirnya sunan bonang ketemu syech siti jenar dan pada akhirnya sunan bonang pulang ke tanah jawa bersama syaech siti jenar.Di jawapun syech siti jenar menyebarkan agama islam bersamaan dgn ajarannya.Lha disinilah terjadi perbedaan aqidah antara para wali dan syech siti jenar.dan pada waktu itu merupakan transisi masyarakat hindu ke islam.Para Wali mengkhawatirkan dengan pengetahuan yg sedemikian dasar masyarakat pada waktu itu akan menyesatkan aqidah.maka para wali berusaha membuat seakan akan ajaran syech siti jenar adalah sesat dan harus dibunuh,dan mayatnya di ganti dengan anjing.Wallahualam………………………………

  4. saya yakin bila seseorang pada zaman para wali memiliki ilmu agama yang berasal dari alquran dan assunah maka tidak akan mungkin mendapatkan fitnah ..karena para wali akan melindunginya bukan memintanya untuk bertobat

    • keyakinan anda boleh anda jadikan pijakan berpendapat. tapi belum tentu sesuai kenyataan, jadi harus menerima kemungkinan yang berlawanan dengan pendapat anda juga

  5. Org yg sibuk dgn sejarah org lain akan membuat sejarah dirinya semakin gelap, sibuklah dgn mencari sejarah diri sendiri, maka akan terang ttg sejarah dunia.

    • Saya kira sejarah manusia semua sama yaitu lahir ,hidup,mati.Yang membedakan antara seseorang dengan yang lainnya adalah sebaik apa dan seburuk apa ia dalam hidupnya..Sejarah selalu punya sisi yang dibutuhkan oleh manusia,seperti spion di speda motor atau mobil anda.

    • orang hidup harus terus belajar,walau sampai ke negeri china,
      termasuk sejarah orang lain…

  6. To hmb Allah: keterangannya tdk masuk akal, bila benar alangkah piciknya parawali menggantikan mayat ssj dgn seekor anjing

  7. M.Cholil: Fatimah itu anak perempuan rosululloh SAW. Yg dinikahi oleh sayidina Aly kmudian mempunyai keturunan Hasan & Husain, dari situlah nasabnya

  8. ..

  9. Ente jangan sembarangan menuduh tentang syeikh syYaid siti jenar apa ente punya dalil’nya..
    Ane ga membla siapa”oce?….

    • Kadang Ma’rifat lebih jelas kebenaranya akan syariat.begitu juga dengan asal usul Syech Siti Jenar.

      • Merujuk pada Rasulullah dan Sayidina Ali, maka makrifat yang benar Insyaallah selalu berada diatas syari’at yang benar. Disini makanya para wali sepakat menghukum Syech Siti Jenar dengan hukuman yang mengacu pada Al Hallaj di Baghdad.

      • timbul pertanyaan nya di mnkah kesesatan ajaran syekh siti jenar..?????mr kta galih sedikit masalah menyatu dgn ALLAH..
        asal mula asal kembali.??..kejadian manusia ???….ruh yg di tiupkan…??? mari kita galih dlm akal kefahaman diri kita……mksh
        d situlah ada jawaban nya…

  10. Kbnran hkiki bukn dtangn kta. .jangn brk0mentr jika msh menth. .org yg brani brk0mentr trhadp kanjeng lemah abang hruslh org yg stingkt dg bliau. .

  11. waow

  12. Disini perlu dipertanyakan lagi tentang apa yang dimaksud dengan Gustikwulamanunggaling… yang dimana istilah tersebut bersatu hambah dengan Tuhannya. pada dasarnya memang rancu pada pemikiran kita tentang istilah itu. namun bila disimak dan ditelaah.. istilah itu sangat berarti dan perlu diketahui oleh kahalayak. syeh siti jenar seorang ulama yang mempunyai ilmu sangat tinggi yaitu makrifat.. entah sampai dimana tingkat ilmu para sunan. tetapi bila menggandengkan istilah tadi dengan asmaul husnah… semuanya akan terjawab…
    perkataan yang mengacu bersatu hambah dengan Tuhannya.. bukanlah sesat tetapi perlu dikaji sampai dimana perkataan syeh siti jenar itu kita paham.

  13. aswrwb, saya belum pernah mendengar atau membaca artikel yang menerangkan syekh siti jenar masih keturunan dari nabi kita yang selalu kita puja dan hormati, untuk jangan sampai berita ini menjadi pengetahuan yang tidak benar atau bohong bagi orang khususnya orang muslim maka diberikan silsilahnya, perlu diketahui bahwa nabi Muhamad saw tidak mempunyai keturunan seorang laki2 dari istri-istrinya.

  14. saya rasa itu semua haq bagi orang yg kuat pendirian dan keyakinannya, tapi wajar apabila ada perbedaan pendapat !namanya juga manusia !!!salut tuk biografinya

  15. TO ALL..

    KLO BELOM BISA BERPIKIR JERNIH.. JANGAN ASAL NGOMONG. APALAGI MASLAH AQIDAH ATAU AJARAN.

  16. seorang yg mengajarkan tentang hakikat cinta sejati/cinta sang khalik kpd mahluknya pasti sgt besar ujian2nya termasuk beliau yg terimbas fitnah2 faham munafikun wahabi(SEKUTU ZIONIS DGN BAJU ISLAM) yg mulai masuk ke jawa pd awal abad 16-17 M

  17. kalau menurut saya syeh siti jenar bener koq
    hnya mngkin d trima dgn tdk kmmpuan ilmu murid”y
    bktinya wali songo gk brni mnindak seyh siti jenar

  18. dari literatur yg sering saya baca(di toko2 buku),,,kenapa ya menurut saya (pendapat pribadi ya) sebenarnya syekh Siti Jenar itu adalah makna kiasan!! arti kata sebenarnya itu berkaitan dengan “ilmu”,, karena “tokoh” syekh siti jenar tsb “muncul” setelah bergurunya Sunan Kalijaga(Raden Said) kepada Sunan Bonang(Raden Maulana Ibrahim)

    *mungkin ada yg bisa menjelaskan lebih “dalam” tentang pendapat saya ini tanpa harus di perdebatkan perbedaaanya,,,bukankah ada semboyan,,”Indahnya Perbedaan”,,,,terimakasih

  19. jelas Nabi Muhammad tidak meninggalkan anak laki2, jadi tidak ada keturunan langsung dari Nabi Muhammad Q: 33/40: Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki (Oleh: M. Cholil on Desember 18, 2011 at 11:00 am)

    tolong M.Cholil……baca dan simak dulu…baru coment

    Fatimah itu anak perempuan Rosululloh SAW. Yg dinikahi oleh sayidina Aly kmudian mempunyai keturunan Hasan & Husain, dari situlah nasabnya(Oleh: Mohammed on Januari 13, 2012 at 8:20 pm)

  20. kebenaran sejarah relatif semua, karena memang manusia itu relatif. semisal; ketika ada 3 orang berada disatu tempat yang sama dan melihat satu peristiwa yang sama pula maka dari ke 3 nya pun akan memiliki persepsi yang berbeda dari satu peristiwa tersebut. apalagi terhadap suatu peristiwa dimana peristiwa itu terjadi beberapa abad silam yang mana tidak “kita” tidak ada didalamnya, ditambah kurangnya data akan sosok beliau.

    sunan bonang merupakan sosok wali dalam sejarah tanah Jawa, tidak ada seorang murid “pada waktu itu” se”radikal” itu sampai-sampai membunuh gurunya sendiri dan diganti dengan anjing. se-sesat-sesatnya seorang guru (dalam anggapan belum siapnya masyarakat waktu itu) tidaklah akan dibunuh oleh seorang murid apalagi dalam hal ini adalah (pengajaran ilmu tertinggi dalam Islam).

  21. Beragam SekaLi Cerita Tentang Syekh Siti Jenar.. Mana Yang Benar..??

  22. jangan2 karena namanya “SITI” jadi lebay2……dimana gitu kale.

  23. OK….KBNARAN ….yg sdikit orang bisa memahami….tank infoy

  24. Trimakasi ats perkiraan silsilahx.. Ttg kbnrnx mugkin juga bs dgali dr para ulama’2 sepuh langitan.. Cp tw bliau2 i2 jg bs menjelaskn.. &tentux i2 ad perbedaan.. Tp xg jls syekh siti jenar memag tlah d akui sbgi salah 1 ulama xg sangat berpengaruh djawa&dsluruh nusantara ini.. Krn ajaranx serta pemahamanx xg sangatlah mumpuni dlm keagamaan&sosial,kesamaan hak,serta kedudukn xg sama dmata tuhan.. Terbukti dr ajaranx xg memerdekakan para golongan bwah&pengikutx dr penguasaan kerajaan xg berlebih.. Bliau jg inspirasi para raja2 berikutx sepeniggalan bliau.. U/ lbh memerhatikn kesejahteraan org2 golongan bawah.. Suatu teladan xg memperjuagkan serta mengajarkn hubungan baik antara tuhan dgn hambax.. Juga hubugan baik qta dgn sesama manusia tanpa melihat embel2 harta,tahta,jabatan,gologan,tak perduli jg dg rupa.. Tp meliat manusia secara seutuhx..

  25. Trimakasi ats perkiraan silsilahx.. xg jls syekh siti jenar memag tlah d akui sbgi salah 1 ulama xg sangat berpengaruh djawa&dsluruh nusantara ini.. Krn ajaranx serta pemahamanx xg sangatlah mumpuni dlm keagamaan&sosial,kesamaan hak,serta kedudukn xg sama dmata tuhan.. Terbukti dr ajaranx xg memerdekakan para golongan bwah&pengikutx dr penguasaan kerajaan xg berlebih.. Bliau jg inspirasi para raja2 berikutx sepeniggalan bliau.. U/ lbh memerhatikn kesejahteraan org2 golongan bawah.. Suatu teladan xg memperjuagkan serta mengajarkn hubungan baik antara tuhan dgn hambax.. Juga hubugan baik qta dgn sesama manusia tanpa melihat embel2 harta,tahta,jabatan,gologan,tak perduli jg dg rupa.. Tp meliat manusia secara seutuhx..

  26. jadi pada intinya syeh siti jenar mengajarkan menghilangkan kesombongan
    karena yg menjadi hijab segala hijab adalah kesombongan ,kesombongan batin .

  27. Bila diantara Anda ada yang ingin menyelami kedalaman pemahaman Syekh Siti Jenar, saya bersedia kirimkan buku tentang Guru Sejati yang dapat memberikan petunjuk Cahaya dan Suara Bathin, petunjuk awal pintu gerbang bathin mengenali kesejatian diri Anda. Silahkan SMS ke 0817 689 3113. Buku (edisi bahasa Indonesia) dikirimkan gratis sampai ke alamat Anda tanpa embel apa-apa.

    Tersedia juga buku spiritual pencerahan yang membahas syair pujian Jalaluddin Rumi kepada Gurunya, berjudul “Shams-e Tabrizi” (khusus bagi pembaca yang menguasai bahasa Inggris, sebab belum diterjemahkan). Buku ini juga gratis dan dikirimkan dalam jumlah terbatas.

  28. semua perbedaan yg ada adalah fitrah sekali dan sebuah kerahmatan, kita tidak akan ketemu jika sesuatu yg berbeda di jadikan titik temu, biarlah sesuatu yg berbeda menjadikan sebuah ilmu, karena kebenaran bukan kita punya hak. semoga bermanfaat.

  29. Taik,nak dr mana asal usul syeh siti jenar bkn hal yg harus d soalkan,knapa sdra2 trlalu fanatik budaya negara timur tengah,kita punya budaya sdr dr nenek moyang kita,mmngny cm timur tengah yg ngenal tuhan,bodohlah kita tdk pnya kbanggaan budaya agama nenek myang,mslh kepercyaan cr brsatu dgn yg kuasa dr jaman dl kala budaya kita sdh ada.

  30. Kadang2, seseorang yg ber ilmu tinggi, dianggap sesat oleh orang2 yg tingkat pemahaman agama nya masih rendah….

  31. kenapa kita harus memperdebatkan hal seperti ini. biarlah masa silam menjadi sebagai pelajaran untuk kita agar terhindar dari perpecahan. janganlah saling menyalahkan. bukankah keadilan dan hukum yang seadil-adilnya itu hanya milik Allah swt. biarlah Allah saja yang menentukan apakah hambanya patut dihukum. Islam tetaplah Islam. Jangan membedakan apakah aliran sunni dan syi’ah. kita tetap saudara seiman. jagalah ukhuwah. masalah syekh siti jennar apakah ia sesat atau tidak, hanya Allah yang berhak menentukan.
    janganlah kita menganggap diri kita seolah malaikat yang selalu benar. tapi jangan pula kita menganggap diri kita syaitan yang selalu salah. jadilah manusia. dengarkan apa yang menurut kita baik. abaikan bila menurut kita tak baik. saya yakin akhi dan ukhti sekalian lebih mengerti tentang agama ketimbang saya. jangan jadikan ini semua sebuah perdebatan yang dapat menghancurkan.

  32. syeh siti jenar yg pastinya manusia biasa yg di berikan kelebihan oleh allah swt.

  33. terima kasih, semoga budi baiknya mendapatkan balasan dari Allah SWT, Amin

  34. pengaruh ajaran syeh siti jenar sangat kuat melebihi penguasa( kerajaan )pada masa itu sehingga ajarannya dimatikan karena kalau tidak,akan berdampak politik.

  35. karena ilmu syeh siti jenar itu tinggi , dan mungkin org org di masa itu belum bisA memahami dan di kawatirkn salah pemahaman , sehingga ilmu syeh siti jenar di pending dulu utk di amal kn ,, kemungkinan!!!!

  36. ALLAH La di Balik permainan para WaLi tersbt…
    Maka dr itu jgn menggunjing ambil hikmah ny aj dr kisah syech siti jenar…

  37. Ass.wr.wb.Seiring dgn kmjuan jmn,ajaran syech St.jenar pnting dkaji ulang.krn ajrannya tidak mlibatkan logika kebendaan jdi penuh keikhlasan.Sdg para wali juga seperti syech cuma tidak utk diajarkan,hanya mengharap tanggung jawab generasi yg akan datang bisa menyerap sendiri setlh smp taraf Hakekat.

  38. Syech st jenar selevel,R.kian Santang,dan ulama2 pd jamannya dan para wali mempunyai iman yg beda tingkatan terkesan tak 100 persen iman kpd Allah Swt, msh Ainulyakin sehingga kemampuan syech st jnr diragukan.dgn alasan adanya perbdaan akidah paling prinsip.kekuatiran para wali membuat situasi nggak sehat

  39. Ilmu hikmak pd waktu itu kurang popiler .sebab para wali sesungguhnya adalah juru selamat ,ratu adil atau imam mahdi pd jamannya.dan gagal dlm perundingan dgn syech siti jenar sehingga melanggar srt.Almaidah ayat 49. ,musibah datang kemudian yg namanya Belanda

  40. Imam mahdi artinya pemimpin yg mendpt petunjuk.dan wali bukan nabi tapi sekaligus imam mahdi,nabi juga wali sekaligus imam mahdi. Rasul adalah nabi ,wali sekaligus imam mahdi. Bhs jawa Ratu Adil ,bhs Indonesia jr slmat.setelah sltn Agung gagal,p.Diponegoro gagal masyrkat mnghrap ratu adil datng

  41. Ass.wr.wb. Sesuai jawaban sn.Kalijogo mengenai ajaran yg diajarkan para wali dan syech Siti Jenar adalah tanggung jawab generasi yg akan datang dan ternyata Muhammadiyah sudah memulainya meluruskan ajaran Islam,dgn simbul yg meyakinkan yaitu Nur Haqulyakin dan menjadi simbul gambar partai PAN.

  42. Assalamu’alaikum….
    Menanggapi tulisan dan wawasan sdr M.Cholil,
    Aku sungguh prihatin dg pemahamannya,bhw ia menulis,

    ” semua uraian tentang syeh Siti Jenar di atas itu hanya duga2 dan kira2 atau dzon saja, jelas Nabi Muhammad tidak meninggalkan anak laki2, jadi tidak ada keturunan langsung dari Nabi Muhammad ,…Q: 33/40: …bla…bla…”

    Aku berpikir,jangan bikin malu kita yg mengaku umat Islam tapi sepintas..maaf..tidak cerdas dan memahami Islam dilihat dari aspek hakekat maupun secara historical…

    Semua org bahkan tahu jika Nabi Muhammad SAW tdk memiliki seorg pun anak laki2 …

    Bhw yg bilang Syeh Siti Jenar adalah sbg trmsk anak laki2 Nabi Muhammad SAW itu siapa..????

    Hingga menukil sebuah ayat Al-Qur’an tsb,apa korelasinya…???

    Dan bagi para penghujat Syeh Siti Jenar yg menjustice bhw Beliau mengajarkan aliran sesat,itu berdasar apa…???
    Apakah yg menjustice itu pernah hidup sezaman dg Beliau..??
    Dan apakah orang2 tidak menelaah sejarah yg benar dan mencari tahu sisi lain kehidupan Beliau….?

    Sedangkan kita Umat Islam di didik Nabi Muhammad SAW utk cerdas dan berlaku perbuatan yg Rahmatan Lil ‘Aalamin serta bersikap Khusnudzon drpd mengedepankan Su’udzon,….???

    Salam bening embun nurani…

    • sedikit tapi padat….

  43. cerita yg sangat menarik thx gan sdh mentediakan artikel yg bagus

  44. Pahami Dngn Teliti , Arti Sukur N Iklas . Cermati Dgn Detil. Niscaya Kau Mengerti N Mengenal Siapa Sbnarx Siti Jenar. Tetap Beriman Pd Allah.

  45. terimakasih atas uraian tentang sejarah syekh st jenar.

  46. trunan rosul yg d nisbat kn habib y dr jalur al-husaini putra siti fatimah azahro.syeh siti jenar itu hamba yg dmuliakan oleh allah,dosen dri mana bego,dh tw wali nya allah.tolol ajh kamu blang wali itu picik,wali itu bkan org hina kya kmu,jgan ngaku islam kalo kmu ga hormat n ga ngerti ma trunan rosul..

  47. baiknya kita ambil sebagai pengetahuan dan yg jeleknya cukup tahu aja… karna yg benar datangnya hanya dari ALLAH swt dan yang salah dari kita sebagai manusia ciptaannya ….. trims untuk penulis.

  48. Buat semua; jgn keturunan di permasalahkan,….coba kaji, didam tubuh kita
    Ada ruh,,..dan ruh kita berbentuk apa,.dari ruh siapa asal ruh kita Allah jadikan,..kita dijadikan dari ruh yg sama,….hanya manusia yg mengkaji rahasia allah aja yg bisa sejalan dengan ini,……

  49. SIRNANING KAWULO LAN GUSTI….

    ITULAH AJARAN YG DIANGGAP MELENCENG,SESAT OLEH PARA WALI…..

    KARENA ITU AJARAN “KEBEBASAN YG HAKIKI”

  50. ues lah ojo podo sok keminter,intine smpean kbeh nggk urep neng jamane syekh sj,utowo wali songo,ilmune smpean kbeh kui drg cukup bahas mslh syekh siti jenar.smua orang punya guru.dan smua org pnya pndapat,klo baru tau lewat buku,jgn sombong utowo sok keminter,,

  51. Assalamualaaikumullah.. Yaa Al Haqq Kekasih’KU,,,,
    Tidak Ada Ajaran yang Sesat Selama Bertahtanan Syahreat Juga Bertanggung Jawab
    Ajaran’Nya Dunia Dan Akherat..
    Biar’lah karena Mereka Belum tau dn Mengerti Maka Biar’lah Menjadi UrusanKU..
    Sesungguh’Nya Kekasih’KU Maha Menghendaki :)

  52. aq setuju mbek pak aris….

  53. Kenapa bnyk meributkan mslh nasab..klau sy gk pntng..yg utama manusianya..99% org2 arab bejat2 kelakuannya..muak n najis org ngaku2 habib..minta dihormati sampai skrng 99% org arab jg gk melaksanakan agama islam secara sempurna..

  54. beliau adalah korban politik dari kekuasaan para wali yang tidak tahu balas budi. hal ini bisa di buktikan dengan penghasutan wali kepada sultan Fatah untuk menggempur kerajaan Majapahit milik ayahnya.

  55. Owh

  56. Kalian menganggap salah satu cucu nabi adl orang yang sesat,sedangkan kalian tak tau,yang kalian tau adl ilmu bliau sangat tinggi,memang benar..syeh siti jenar adl keturunan langsung dr nabi,dari anaknya fatimah ra,sedangkan wafatnya bliau kalian menuduhnya dengan keji,padahal kalian blm ckp ilmu untuk bicara itu,apakah orang yang meninggal saat sedang sholat tahajud kamu anggap sbgtu hinanya,hingga kalian menganggap berubah menjadi anjing,?jangan terpancing oleh ulah ulah orang ingin memecahkan islam,belum cukupkah bukti,dari bau melati yang timbul dr jenasah bliau?alloh takan menyembunyikan kebenaran…alloh huallam

  57. Asslamu?maaf sblmnya?sy pnya sdkit crita .
    Ada 4 orang buta sedang mncritakan pngalaman&pngetahuanya tentang gajah.
    Or 1 : sy yakin bhwa gajah itu bentuknya tipis &lebar krn sy sdah memgangnya !
    Or 2 :akh bukan!!gajah itu bntuknya kcil tp panjang seprti pecut.!
    Or 3 :haha jngn sok tau!sudh jls a gjah itu bntknya panjang sprti ular,!
    Or 4 :e… kalian smua slh!!gw yakin bngt gajah itu kaki 4 dn bsar skali mungkin sbsar rmh krn gw aja gak bsa pluk tu gajah!.
    Perbincngan 4 orang trsbut dgn ego mreka brlanjut memprdbatkan tntang kyakinanya masing2 hingga timbul emosi dn prmsuhan krn adanya rasa kyakinan yg bsar dlm diri mrka msing2.
    Dn smntara itu mbah udin mnyaksikan mlihat&mndngar prdbtan mrka br4 ,lantas mbah udinpun trsnyum dn brkata ‘udh jls itu gajah’.

    -> dr crita d atas ,kita tau hikmah apa yg akan d petik dr prdbdan 4 orng buta dn 1 orang yg bsa mlht,pdhal jika 4 orn buta tsb bsa mnghlangkan ego mreka dn mnyatukan pndpt msing2,maka smkin jlslah wujud drpda gajah tsb.

    .sy rasa crta ini sama halnya dgn agama islam yg ada d negri trcnta kita ini.tiap2 ajaran d prdbtkan d sesatkan,d salahkan,mrasa sok gw pling bnr,.pdhal yg d prdbtkan sama islam2 jg!

    Ilmu islam ada bbrpa tingkatan yakni syariat,tarekat,hakikat dn ma’rifat.msing2 tingkatan punya sudut pndang msing2 .
    Waslm.

  58. kata imam syafi’i bila kmu melihat manusia berjaalan diatas air atau brjalan diatas udara tp ilmu syariatnya tdk dpke sm aja ilmu nya dri syaitan,jd mnrut sya syeikh siti jenar ilmunya dtngnya bkn dri allah krna makrifat tnpa syariat tdk akan bisa,contoh klo kita ingin naik ketingkat kedua pasti kita ketingkat prtama dulu g bsa lngsung kdua jd ilmu makrifat tnpa syariat itu ditolak

  59. Mohon Maaf.. Segala sesuatu tdak usah diperdebatkan.. Cukup kita mengambil hikmah dan pemahaman.. Dan stelah paham terus dilakukan sesuai dgn ajaran hukum islam..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: