Visi dan Misi Organisasi

VISI
Terwujudnya manusia merdeka dalam pondasi nilai-nilai universal untuk membangun dunia yang adil, demokratis dan sejahtera.

MISI
Maula mempunyai enam misi yang merupakan konkretisasi dari konsepsi filosofis hingga tindakan konkret.
1. Mencari nilai-nilai universal dalam setiap komunitas sosial, suku, etnik, bangsa, dan agama. (basis filsafat)
2. Membangun titik temu dalam setiap komunitas yang majemuk demi terciptanya keharmonisan dan kerjasama antar sesama. (basis sosiologi)
3. Membentuk kelompok-kelompok strategis di tiap komunitas dengan prinsip kesetaraan dan transparansi untuk mewujudkan sistem yang integral. (basis politik)
4. Menjaga dan memperkuat jaringan dengan menciptakan basis-basis perkaderan demi kelangsungan transformasi nilai (basis ideologi)
5. Menyebarkan dan mempublikasikan nilai-nilai universal sebagai perekat kerjasama kepada sesama dan antar komunitas. (basis propaganda)
6. Mendukung sistem universal dengan memperkuat basis ekonomi yang mandiri di tiap komunitas (basis ekonomi).

MOTTO
Kegiatan Maula Foundation pada dasarnya disesuaikan dengan motto lembaga:
 Enlightenment,
 Equality,
 Pluralism,
 Welfare.

TAFSIR MOTTO
Enlightenment (the acquisition of new wisdom or understanding enabling clarity of perception) adalah pondasi setiap kegiatan Maula untuk senantiasa memberikan arti dan nilai bagi setiap realitas yang kita hadapi yang selama ini hanya terkungkung dalam label agama, golongan, etnik, dan strata sosial. Pencerahan juga bermakna brightening, sebagai juga fungsi cahaya, memberi kemilau bagi segala sesuatu sehingga ia bermakna. Maula menyebut hal ini sebagai KESADARAN WUJUD.

Efek pencerahan adalah perubahan substansial dalam diri seseorang yang ditandai dengan Equality, yaitu sebuah kesadaran eksistensial bahwa hakikat setiap makhluk adalah setara sejak keberadaannya dalam kehidupan agama dan sosial yang kemudian meluas ke equality of outcome, equality of opportunity, equality of treatment, equality before the law, racial equality, sexual equality, dan social equality. Sikap terbuka ini tidak saja pupusnya hambatan psikologis dan ewuh pakewuh untuk bertransformasi dan passing over ke wilayah kebenaran lain yang berbeda simbol dan lakunya. Maula menyebut hal ini sebagai KESADARAN PRIVAT.

Kesadaran kosmik dan individual akan berlanjut pada kesadaran Pluralism, bahwa there are several conflicting but still true descriptions of the world. Karena hakikatnya realitas yang diperebutkan adalah Realitas yang tidak bisa dijangkau oleh semua makhluk. Pluralism adalah jejak untuk bekerjasama dengan semua kalangan “yang berbeda” dengan keyakinan bahwa “selalu ada sama”. Maula menyebut hal ini sebagai KESADARAN PUBLIK.

Kombinasi ketiga kesadaran inilah yang meniscayakan rahmat dan berkat bagi semesta, bahasa paling sederhananya adalah Welfare, kesejahteraan (the well-being or quality of life) yang tidak saja ditentukan oleh banyak faktor sosial dan ekonomi, melainkan juga terbukanya keran kebebasan, kebahagiaan, apreasi seni, pendidikan, dan kesehatan lingkungan. Maula meyakini bahwa tidak boleh ada satu pun bagian dari alam semesta ini yang disia-siakan, dimiskinkan, dan dilupakan saat sebagian yang lain dimuliakan, dikayakan dan diingat. Nah, Maula menyebut hal ini sebagai KESADARAN SISTEM.[]

Responses

  1. Halooo, How r U

  2. salam,
    saya mohon pendapat tentang perkawinan beda agama. saya muslim yang “terganjal” rencana berumah tangga karena beda “agama” dengan calon istri saya.
    terima kasih atas segalanya.

    salam,

    • dalam islam setahu saya larangan menikan itu ada beberapa macam”
      saodara kandung
      senisab
      sepersusuan
      dn beda agama
      heheheh dan hanya itu yang saya tahu”
      dalam beda agama d boleh kan tetapi setelahkita mengajak s pendaping itu masuk k dalam agama yang kita anut “islam”

      setelh itu congratulation. . . .
      Baraka Allahu Lakuma wa Baraka alikuma
      Wa jamaah baina kuma fee khair.

  3. oh, JIL ternyata..

  4. Salam. MAULA berpendapat pernikahan beda agama itu boleh dan sah menurut hukum agama masing2 pria/wanita. Apalagi kalo anda Muslim, boleh menikahi wanita non-Islam. Banyak kekhawatiran yg sengaja diembuskan oleh kalangan konservatif, spt: hak waris, agama anak, dll. Tapi semua itu akan sirna ketika rumahtangga itu diisi oleh dialog/kompromi yg sehat. Bukankah hakikat pernikahan adalah kontrak sosial/kesepakatan kedua org dewasa?

  5. @nyoto
    Menikahlah!
    Menikah dengan cinta, karena buah cinta tidak pernah mengecewakan di ujungnya.
    Baiklah menikah dengan seagama, karena persepsi cinta beda berat di pangkalnya.
    Jangan menikah dengan “perempuan sekampung”!
    Poligami, gituh? Dgn sekampung perempuan?
    Wah!
    Kita telah TAU telak bagaimana Abraham/Ibrahim berpoligami demi pemenuhan janji Allah beroleh anak. Hidup secara “trial and error” itu terpaksa dia lakukannya demi target anak, apa boleh buat, jika kini kita saling meng-error-kan yg satu dari yg lain, bahkan ada yg terpaksa menjadi “terroris” dalam menyikapi beda taqwa keturunan Ismail dgn taqwa keturunan Ishak dari dulu hingga kini sampai nanti, entahlah.
    http://myquran.org/forum/index.php/topic,14649.msg890806.html#msg890806

    Salam Damai!

  6. Di jajaran pengurus sih mudah untuk mengakumulasikan beberapa konsep visi dan misi.
    Sementara di akar rumput, sulit memberikan pencerahan.
    Masing-masing agama itu memiliki esensi, kaidah, dasar, yang tidak bisa diganggu gugat. Tidak ada kata toleran karena berpijak pada aqidah.
    Sedangkan dari sisi kemanusiaan, sosio kemasyarakatan, dan lainnya terkait dengan hubungan dengan manusia dan kemasyarakatan, itu wajar-wajar saja dan tidak boleh saling mencurigai.

  7. Dear sir

    tertarik untuk bergabung denmgan organisasi ini. bagimana caranya?. ada ngak buku2 gratis yang bisa di baca. thank u

    regards

    gazalba

  8. Semua orang cinta damai, tetapi sebenarnya ada Yang Lebih Agung dari sebuah perdamaian. Dan damai adalah sebuah mimpi semu, karena dunia akan berakhir dengan tidak damai – kehancuran. Tapi sebagai suatu upaya, bolehlah.

  9. ingat….kita belum Merdeka 100% kawan!!!

  10. Bebas dari rasa takut adalah hak setiap manusia. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa, maka apa yang kemudian membuat kita menolak semangat yang dibawa untuk pencerahan, jawabnya sudah jelas kan … Tidak ada. Mulialah mereka yang masih memiliki cinta kasih dan rasa damai itu. Salam.

  11. Kayak yang bener yah ?! seolah2 paling benar menjembatani antar agama…. kasian…….

  12. Apa belum cukup dalam Islam ada aturan dasar LAKUM DINUKUM WALIYA DIIN , masih saja tidak puas-puas menjelek-jelek dan bercuriga-curiga terhadap kami muslim.
    Ketidak becusan hidup itu hanya milik kamu sendiri mbok kebablasan dalam berbuat munkar nanti bisa kwalat.

  13. all you guyszzz…
    inilah tanda2 aliran agama yang menyesatkan…
    karena yang buat adlah orang pinter..maka dia bungkus kata2nya secra lembut dan rapi..padahal di dalamnya terdapat ajakan suatu paham…yg kalau kalian ikuti akan menyesengsarakan kalian sendiri beserta keluarga..percayalah bahwa ini kalau bahasa intelejennya..”penggalangan halus” sangat berbahaya..terutama bagi orang2 yang labil..dan ketika kalian sudah masuk kedalam sisitim ini..akan susah keluar..kerena mereka pasti buat suatu ikatan..yang tdk pernah dituliskan di website ini..jadi sekali lagi..pikirkan masak2..sebelum bergabung..sayangi keluarga kalian..karir kalian..masa depan anak2..
    ok..trims..

  14. and addition…
    yang menulis/konsultasi/membenarkan..dlam testimoni ini adalah temen2 mereka sendiri…
    ini merupakan suatu” operasi pembentukan opini publik” sehingga temen2 yg br masuk kesitus ini..ikut membenarkan ajaran ini…kerena terpengaruh dgn temen2 yg lain yg ikut membenarkan statment ini…
    be carefful!!!
    never joint with this group!!
    thanks
    krida 1

  15. Kasihan betul dia yang kekurangan cinta ini. Dia merasa orang-orang yang berkumpul atas nama cinta kasih sedang menggalang kekuatan HALUS (BUSET DEEH..)menyusun…PEPERANGAN MELAWAN KEMANUSIAAN? For God’s Sake, tentu saja MENGGALANG CINTA KASIH SESAMA. Logika Keilahian Anda ini rupanya sudah korslet. No offense.

  16. He..he..he… JIL yaa..??? tobat akh..
    nanti saya tanya dulu sama ustadz yaa..
    Halal apa kagak darahnya di tumpahin..
    gregetan ana ngeliat kelakuan orang2 kayak nt ngebahasan masalah agama. udah gitu bawa2 islam lagi. Laknatullahi wal malaaikati wannaasi ajmaiin…

    • terima kasih doanya :)
      mudah-mudahan kita semua diberkati karena laknat anda :)

  17. Maaf, saya kurang beri infonya. Respon saya di atas saya tujukan buat orang-orang yang nggak cinta damai dengan orang-orang beda keyakinan. Beda keyakinan…so what gittu lhoooh…! Sama seperti sifat alam semesta yang beragam. Tuhannya kan SATU, YANG MAHA MENCIPTA.

  18. Mari kita bersama-sama perjuangkan keberagaman keyakinan, Mas Maula. Hidup Perdamaian..!

    • Amien.. Terima kasih atas dukungannya :)

  19. ooo ternyata ummatnya si ulil abshar-abdalla majenun ….

    ngacirrrr …………………………………..

  20. wew JIL yah….
    kaboooooooooor…………….

  21. wah wah …

  22. hmm.. hmmm…

  23. OO…. ini toh yg disebut2 “para penyeru ke pintu neraka”. Mbok yah kl sesat itu buat sendiri az,,…jgn ngajak2 org lain. Para Nabi terdahulu itu datang buat “ngasih tau” dari semua keyakinan mana yg paling benar…jd mslh agama itu bkn semata-mata ttg hubungan sosbud tp bagaiman kita memilih Tuhan paling yg benar…dari segala yg dituhankan.

  24. Hai pembuat blog yg ingin memprovokasi dan memasukkan agamu dgn dalih tema-tema kontroversial!! Sudah tercium bahwa si pembuat blog ini ingin mendakwahkah agama sesatnya kepada org lain tapi berbungkus rapi. Kita umat muslim jgn sampai percaya apa isi blog ini, ingin menyesatkan kita para muslim (oleh sebab itu kaum muslim carilah solusi kalian pada tempat yg benar yaitu dalam Al Quran dan hadist’) JANGAN PADA SI PEMBUAT BLOG INI! IA BENAR2 INGIN MENYESATKAN MUSLIM. Bahwa sesungguhnya bangkai itu akan tercium juga walau engkau simpan ditempat yg tersembunyi! We’re moslem! dan tdk akan terpengaruh dgn isi dari blog ini!!Siapa engkau sebenarnya? Yahudikah? nasranikah? yg jelas dikau bukan Muslim!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 98 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: