Oleh: MAULA | November 27, 2008

Fatwa (Konyol) Larangan Yoga di Malaysia

yoga-dvd-download-routine

Warga Islam Malaysia kini dilarang untuk melakukan yoga karena dikuatirkan bisa menyesatkan ajaran Islam.

Majelis Fatwa Nasional telah mengeluarkan sebuah fatwa yang memerintahkan umat Islam Malaysia menghindari yoga karena akar Hindunya.

Bagi kebanyakan orang, yoga adalah olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh walau tak sedikit pula yang menempatkan yoga sebagai meditasi untuk menenangkan pikiran, atau melakukannya sebagai pengalaman spritual.

Namun Majelis Fatwa Nasioanal berpendapat bahwa yoga lebih dari sekedar kebugaran dan ketenangan pikiran karena elemen agama Hindu yang melekat di dalamnya.

Saat mengumumkan fatwa tersebut, Ketua Majelis, Abdul Syukur Husin mengatakan praktek seperti bernyanyi ritual dan hal yang disebutnya sebagai berdoa adalah tidak tepat dan bisa merusak ajaran Islam.

Fatwa ini tidak mengikat namun sebagian besar warga Malaysia memeluk agama Islam dan mereka terikat oleh fatwa.

Sembahyang dan yoga

Kelas yoga di Malaysia sebenarnya lebih banyak diisi oleh warga non-Muslim keturunan Cina dan India, walaupun di kota-kota besar ada juga beberapa perempuan Islam yang ikut yoga.

Bagi umat Islam di Malaysia –sama dengan umat Islam lainnya– hari mereka dimulai Pukul 5.030 pagi dengan panggilan untuk sembahyang subuh.

Sekelompok umat Islam yang taat terlihat mulai berdatangan ke sebuah masjid di pinggiran Kuala Lumpur.

Di seberang jalan, sekelompok orang lainnya juga berdatangan ke pusat kebugaran, dan setiap orang membawa tikar yoga di pundaknya.

Adam Junid adalah salah seorang umat Islam yang melakukan keduanya; bersembahyang dan beryoga.

Insinyur berusia 30 tahun ini ikut kelas yoga sekali seminggu, dengan peserta sekitar 30 orang.

“Menurut saya, yoga sama sekali tidak bercampur dengan agama,” tuturnya.

“Kenyataannya membantu karena membuat kita lebih sehat dan membuat orang menjadi lebih sadar akan dirinya.”

Adam bisa dikatakan agak unik karena biasanya kaum perempuan yang ikut berlatih yoga dan bukan umat Islam.

Guru yoganya berulang kali mengatakan bahwa yoga cocok dengan agama karena membuat seseorang menjadi lebih baik.

Banyak bentuknya

Dalam kenyataannya yoga beragam bentuknya. Ada yang melihatnya sebagai olahraga fisik semata namun ada juga yang melakukannya sebagai proses pencarian jiwa.

Yang dilakukan Adam Junid cukup serius dengan latihan selama 2 jam, yang sempat pula saya ikuti.

Latihan yoga yang sempat saya ikuti itu antara lain mencakup latihan pernafasan dengan bantuan metronome guna mengatur temponya.

Kemudian ada meditasi, yang diikuti dengan pengosongan pikiran selama setengah jam untuk relaksasi.

Dalam latihan itu beberapa peserta mempertahankan kepala pada posisi tegak, namun ada juga yang bisa menyentuh punggung dengan kakinya.

“Yoga bisa sejalan dengan agama apapun,” kata guru yoga, Mani Sekaran, kepadaku.

“Atau bisa juga cocok dengan orang yang tidak percaya agama apapun, karena semata-mata merupakan olahraga,” tambahnya.

Pengalaman spritual

Mani Sekaran adalah pendiri Masyarakat Yoga Malaysia. Pria botak itu amat bugar dan dulu pernah berlatih bela diri.

“Kalau saya ingin latihan untuk mendapat medali emas Olimpiade, entah saya percaya agama atai tidak, maka itu tak jadi masalah,” tambahnya.

“Dengan berdasarkan hal itu, kita bisa menggunakan yoga untuk meningkatkan apapun yang kita lakukan, entah itu agama atau cuma spritualitas. Tapi yoga berdiri sendiri.”

Dalam kelas yoga yang saya ikuti, akar Hindu dalam yoga disebut satu kali, namun bagi yang ingin mengikuti pengalaman spritual ada kelas lainnya.

Agaknya kelas dengan pengalaman spritual itulah yang membuat sejumlah umat Islam kuatir dengan yoga.

“Jika orang melakukan yoga untuk latihan fisik, saya kira tidak ada masalah,” kata Professor Osman Bakar, dari Lembaga Pengkajian Kemajuan Studi Islam.

“Banyak warga Muslim mengatakan yoga baik-baik saja, namun mereka menolak pengabungan kedua hal itu.”

“Islam adalah jalan kehidupan. Islam mampu memenuhi kebutuhan umat Islam, baik itu kebutuhan spritual, kebutuhan intelektual, dan kebutuhan lainnya. Jadi tidak ada perlu untuk memasukkan elemen dari luar,” tambahnya.

Kelas yang diikuti Adam berakhir dengan diskusi singkat tentang kesadaran atas diri sendiri, konsentrasi, dan kenapa orang perlu yoga.

Dan Adam menegaskan kepadaku bahwa yoga telah membuatnya menjadi orang yang lebih baik. Dia menegaskan tidak ada rencana untuk berhenti latihan yoga.[

Iklan

Responses

  1. jangan terlalu fanatik pasal agama. yoga itu senaman untuk mental fizikal. bukan satu program untuk menyebarkan agama hindu . bila masanya orang beragama hindu memaksa orang yang beragama lain untuk memeluk agama hindu. fikirlah. jangan terlalu otak kaku. cuba tengok mat salleh.

  2. YOGA ditemukan oleh MAHARSI PANTANJALI, merupakan hasil dari olah rasa, karsa, disiplin dan pengendalian diri yang ketat, sebagai wujud bakti kepada sang pencipta. Dan teknik – teknik olah tubuh dan pikiran yang murni tsb, telah teruji dan bermanfaat untuk kemajuan spritual umat manusia. diajarkan secara turun temurun dari ribuan tahun yang lalu dan diwariskan sampai sekarang tanpa memandang suku, agama, ras, dan berlaku secara universal.

  3. Betul itu dengan sholat aja kita sudah sehat walafiat.. ngapain juga YOGA, YOGA itu kan tidak diturunkan Oleh NABI MUHAMMAD SAW, sebaiknya itu difatwakan seperti Malaysia, … Hidup Malaysia…??? Lihat Nabi yang tidak pernah YOGA aja wafatnya dalam Umur 50-annnn kan..? Apalagi Nabi ber YOGA bisa-bisa berapa umurnya ya…??? wkwkwkwk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: