Jangan Bunuh Diri, Darah Kamu Terbuang Percuma

Oleh:andiemil43fr313

Ketika semua terasa hampa, ketika hidup tiada bermakna. Masalah menimpa semua terasa hambar Ingatlah, bunuh diri bukan solusi.

Bunuh diri (dalam bahasa Inggris: suicide; dalam budaya Jepang dikenal istilah harakiri) adalah tindakan mengakhiri hidup sendiri tanpa bantuan aktif orang lain.

Alasan atau motif bunuh diri bermacam-macam, namun biasanya didasari oleh rasa bersalah yang sangat besar, karena merasa gagal untuk mencapai sesuatu harapan.

Pada dasarnya, segala sesuatu itu memiliki hubungan sebab akibat (ini adalah sistematika). Dalam hubungan sebab akibat ini akan menghasilkan suatu alasan atau sebab tindakan yang disebut motif.

Motif bunuh diri banyak macamnya, misalkan:
1.Dilanda keputusasaan dan depresi
2. Cobaan hidup dan tekanan lingkungan.
3.Gangguan kejiwaan / tidak waras (gila).
4.Himpitan Ekonomi atau Kemiskinan (Harta / Iman / Ilmu)
5.Penderitaan karena penyakit yang berkepanjangan.

Dalam ilmu sosiologi, ada tiga penyebab bunuh diri dalam masyarakat, yaitu egoistic suicide (bunuh diri karena urusan pribadi), altruistic suicide (bunuh diri untuk memperjuangkan orang lain), dan anomic suicide (bunuh diri karena masyarakat dalam kondisi kebingungan).

Teori-teori psikologi humanis-eksistensialis misalnya, menghubungkan bunuh diri dengan persepsi tentang hidup yang sudah tidak mempunyai harapan atau tidak mempunyai tujuan yang pasti. Beck (dalam Halgin & Whitbourne, 2003) mengatakan bahwa bunuh diri adalah ekspresi dari hilangnya harapan yang dicetuskan oleh ketidakmampuan individu dalam mengatasi stres. Shneidman (dalam Halgin & Whitbourne, 2003) menyatakan bahwa individu yang mencoba bunuh diri adalah individu yang mencoba untuk mengkomunikasikan rasa frustrasinya kepada seseorang yang dianggap penting oleh individu tersebut

Dalam pandangan Agama islam bunuh diri perbuatan yang sangat keji, dan termasuk dosa yang sangat besar. Dimana, kegiatan bunuh diri ini adalah kegiatan manusia-manusia pengecut/pecundang hidup (looser), sebab kekalahan memang sudah mutlak menjadi milik mereka jika mereka membunuh dirinya sendiri.

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (An-Nisa’ :29) “Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur’an).” (QS. Al-Kahfi ; 6)

Jangan Bunuh Diri. Daripada darah kamu terbuang percuma. Mendingan untuk didonorkan!!^_^

Sekantong darah yang didonorkan seringkali dapat menyelamatkan nyawa seseorang. daripada bunuh diri tidak bermanfaat, udah itu dosa lagi. Jadi mending donor darah aja, bisa menolong orang lain, buat badan sehat karena (Regenerasi sel darah), dan life is for God and for searching ridho Allah.

Bahas bunuh diri, panjang lebar bgt. Inti artikel ini, ngajak kalian untuk berpikir sehat, daripada bunuh diri, atau berpikir ingin bunuh diri, mending menolong orang lain, saya yakin setiap darah yang kalian sumbangkan sangat berarti bagi orang yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat. Dan berbahagialah orang-orang yang diberi kesempatan untuk donor darah.

“Berhubung saya takut dengan jarum suntik, saya mencoba membuat artikel ini, sebagai peganti donor darah saya -_-!! hohohohoh”

Iklan

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s