Oleh: MAULA | Mei 16, 2010

Menyelamatkan Hutan lewat Kondom

Sebagai salah satu negara dengan tingkat prostitusi terbesar di dunia, Brazil telah berhasil mengembangkan kampanye anti HIV/AIDS yang terbukti mampu mencegah penyebaran epidemi yang banyak menjangkiti negara-negara berkembang lain. Pemerintah Brazil adalah pembeli kondom dengan jumlah terbesar di dunia, dengan mengimpor kira-kira 1 miliar kondom setiap tahun.

Pada tahun 2008, pemerintah Brazil mengumumkan dimulainya program baru untuk memproduksi kondom dengan menggunakan karet yang ramah lingkungan, yang akan mengurangi kebutuhan akan impor alat kontrasepsi, menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, dan menolong melindungi hutan hujan terbesar di dunia. Untuk itu, didirikan sebuah pabrik di barat daya negara bagian Acre, yang akan memproduksi 100 juta kondom setiap tahun. Lateks yang digunakan berasal dari Cagar Alam Chico Mendes.

Penyadapan karet yang ramah lingkungan telah menjadi bagian dari kehidupan tradisional di Amazon, namun produk karet yang dihasilkan lebih mahal dari produk sejenis berbahan sintetis, yang menyebabkan harga karet terpuruk dan para penyadap getah kehilangan pekerjaan. Sebaliknya, pembuatan kondom yang diinstruksikan pemerintah bersifat ramah lingkungan dan ekonomis. Produksi kondom akan memberikan penghasilan bagi sekitar 550 keluarga dan mengurangi deforestasi, karena kondom tersebut merupakan satu-satunya kondom di dunia yang terbuat dari lateks yang dipanen dari hutan tropis.

Tindakan yang sama telah dikembangkan untuk memproduksi tas tangan dan dompet dari karet ramah lingkungan. Sebuah perusahaan bernama Treetap telah mematenkan lateks yang diproduksi dari karet alami. Perusahaan ini menempatkan pemeliharaan hutan hujan sebagai bagian utama dari bisnis mereka yang bekerjasama dengan Rubber Tappers Association yang diprakarsai oleh Mendes.

Sumber: http://iklimkarbon.com/2010/04/29/menyelamatkan-hutan-lewat-kondom/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: