Lomba Sketsa Karikatur Nabi Muhammad

Artikel ini adalah untuk menanggapi sejumlah permintaan dari sejumlah member Grup Facebook KarIn yang meminta untuk KarIn menyebarluaskan ajakan pemblokiran/pengecaman terhadap sebuah halaman di Facebook yang berisi Lomba Sketsa Karikatur Nabi Muhammad (http://www.facebook.com/event.php?eid=113257775375783&ref=ts) – Lomba ini seperti keterangan pada halaman ‘undangan’ tersebut akan digelar pada 20 Mei 2010. Halamannya sendiri diluncurkan oleh si pembuatnya pada tanggal 25 April 2010 lalu.

Berikut adalah opini dan pandangan saya pribadi sebagai Admin KarIn dan disesuaikan dengan rubrik ini yang menjadi tempat curahan opini subjektif dari awak Redaksi KarIn!

Serangan, hujatan, penghinaan dan sejenisnya terhadap Agama Islam dan Nabi Muhammad SAW di Jejaring Sosial Facebook telah terjadi beberapa kali. Sebelum munculnya halaman Lomba Sketsa Karikatur Muhammad atau Everybody Draw Mohammed Day ini, beberapa kejadian/isu yang tidak jauh berbeda terjadi juga diwaktu sebelumnya. Dan sebagaimana yang terdahalu, isu dan ’serangan’ seperti ini selalu berhasil memancing kemarahan Umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai bentuk konkretnya, lahirlah grup atau halaman yang mengecam akun/halaman/grup yang ‘menyerang’ Islam tersebut! Bahkan lebih ektrem lagi, banyak yang mengajak untuk memboikot Facebook dan keluar serta menghapus akun mereka, dengan menilai Facebook dianggap membiarkan akun-akun provokatif tersebut. Hingga pada akhirnya setelah kemarahan memuncak, akun yang dianggap bermasalah itu pun dibumi hanguskan oleh Facebook!

Kejadian demi kejadian seakan menjadi drama yang tidak berunjung. Satu hilang, tumbuh seribu – filosofi itu mungkin agak tepat menggambarkan fenomena ini! Mengingat mudahnya membuat sebuah status, membuat akun, membuat halaman penggemar, grup dsb di Facebook maka setiap orang dari latar belakang apapun bisa dengan mudah membuat provokasi, hujatan, serangan moral, ideologi, agama, rasisme dsb. – Mungkin juga inilah buah dari kemajuan  teknologi dengan produknya bernama social networking dalam kerangka besar bernama New Media!

Mari kita melihat dari sisi lain dengan logika dan kerangka agenda setting! Pihak Facebook hampir dipastikan sudah tahu tentang hal ini. Sebagaimana kita tahu, Facebook (FB) punya kemampuan untuk mendeteksi dan memproteksi image, ikon dan bahkan kalimat tertentu. Sebagai contoh, seorang kawan pernah bercerita, ketika dia memasang gambar perempuan seksi sebagai profil akun FB-nya, tidak lama ada pemberitahuan dari pihak FB agar sang teman mengganti gambar/foto profilnya tersebut. Karena dia mengabaikan peringatan tersebut, tidak lama akunnya di non aktifkan oleh FB.

Melihat kasus proteksi diatas, terkait pencelaan atau penistaan Agama dan Umat Islam dan Nabi Muhammad, tentunya melihat kasus-kasus sebelumnya, seharusnya pihak FB melakukan proteksi terhadap kalimat yang bernada serangan seperti itu. Namun faktanya? Kini halaman undangan acara tentang Lomba Karikatur Nabi Muhammad melenggang dengan lancar.

Dari analisis diatas, saya berasumsi bahwa sebenarnya Admin (pengelola) Facebook tahu dan tidak perlu menunggu banyak laporan untuk memblokir halaman tersebut dari banyak member untuk mengetahuinya! Lalu, kenapa mereka tidak memblokirnya segera? Ya, mungkin inilah strategi pemasaran mereka. Mereka menahannya dan mengharapkan kemarahan umat Islam. Kemarahan Umat Islam inilah yang kemudian dijadikan sarana promosi untuk memperkokoh FB ditengah persaingannya dengan Twitter dsb. Lalu terpikirkah oleh kita, apakah jangan-jangan akun penistan terhadap Agama Islam dan Nabi Muhammad itu sengaja diciptakan oleh FB sendiri?! (Ini adalah sebuah pertanyaan yang lahir dari asumsi berdasar analisis – dan anda saya yakin punya jawabannya berdasarkan analisis anda sendiri!)

Lalu bagaimana cara kita menyikapinya?! Saya tidak bermaksud menggiring rekan-rekan untuk melakukan tindakan tertentu! Berdasarkan diskusi yang saya ikuti, setidaknya ada beberapa pilihan yang bisa kita tempuh dalam menghadapi hal-hal semacam ini yang kemungkinan masih akan terjadi lagi, tidak hanya di Facebook, bisa jadi di blog, milist, twitter dan cyber space lainnya!

  1. Ikut memboikot dan mengecam grup/halaman yang dianggap menyerang dan melecehkan umat Islam tersebut.
  2. Cuek, dalam arti tidak masuk agenda setting (jika anda sepakat ini merupakan sebuah provokasi) seperti yang saya asumsikan diatas! (Dan lagi, semakin kita sebarkan, maka semakin populer akun tersebut dan itu yang ‘mereka’ harapkan!)
  3. Hapus Akun Facebook Anda! (Bagi saya ini bukan solusi terbaik, mengingat masih banyak hal positif yang bisa kita dapatkan di Facebook)

Pada akhirnya, pilihan, persepsi dan tindakan adalah kembali pada diri masing-masing! Satu hal yang saya ingin tekankan dalam kesempatan ini bahwa di era cyberlife, cyber media, new media atau era teknologi internet seperti sekarang, setiap cyber space (ruang / halaman di internet) selalu memiliki 2 sisi, positif dan negatif, dan ini sulit untuk bisa dihindari kecuali kita tidak mengakses internet sama sekali. Jadi dengan tahu bahwa ada 2 sisi itu, minimal kita dapat melihat sesuatu tidak hanya dari 1 sisi saja, dan yang terpenting tidak mudah terprovokasi dan mesti punya sikap sendiri!

Ini adalah opini saya pribadi dari Pojok Redaksi KarIn, hasil diskusi bersama rekan-rekan! Silahkan sampaikan pendapat Anda!

Deni Andriana

http://www.karawanginfo.com


Iklan

8 comments

  1. ถ้า ชนิดของการสนทนาว่าลูกเรือทั้งหมดที่สูญเสียและที่ berunitung รัฐบาลกลางและท้องถิ่นในอำนาจของ SBY เพราะคุณไม่ได้วิพากษ์วิจารณ์สิ่งที่ไม่ดำเนินการตาม SBY และผู้ว่าราชการจาการ์ตาที่ไม่สร้างเครือข่ายรถไฟไฟฟ้ามาตรฐานรัฐสมัยใหม่ ได้หมายความว่าไม่มีการเผาไหม้ ไม่ทันสมัยเกินไปขยะ, รัฐบาล ถูกหลอกลวงท่านโดยการปัญหาอื่น ๆ ในต่างประเทศ ราชการ Jakarta เพราะไม่รู้ SBY ประธานเพียงพูดคุยลูกของฉันจะไม่ได้อะไรดีโฉนดสำหรับคุณ การไฟฟ้าชนิดรถไฟใต้ดินของ wakitu ปลอดภัยสะดวกสบายและเหมาะสมและอย่างน้อยมีเครือข่าย ไม่ และเราได้มี เพราะ SBY เท่านั้นรับพันล้านดอลลาร์ในหนี้ขอทานจากสหภาพยุโรปและ World Bank ปลูกป่าคุณต้องควบคุม ถ้าไม่เช่นนั้นจะมากเงินจะระเหยและอาจโปรแกรมรางวัลยัง เขาที่ 2014 แคมเปญ คุณ ว่า 60 ปีมีความเป็นอิสระมากขึ้น แต่คุณไม่ได้ชนิดของการขนส่งสาธารณะที่ทันสมัยในมาเลเซีย, ไทย, สิงคโปร์, จีน, นับประสาชนิดในสหราชอาณาจักร, United Sarekat รัสเซีย ฯลฯ ที่มีจำนวนมากรถไฟไฟฟ้าใต้ดิน,, มีหลายสิบปี iitu จำไม่ “เมโทร mini” สามในสี่ของรถ Indon Burok และช้านั้น รัฐบาล คุณเรื่องง่ายที่จะถูกลากเข้า ภาพล้อ การสนทนาเมื่อกฎคุณ, SBY, เสียหายยังไม่ว่ากับคุณไม่นอกจากนี้หลายคนในรัฐบาลของ SBY ความเสียหายต่อเนื่องที่ให้เขาปลอดภัยตาม SBY หาก คุณได้อย่างง่ายดาย จะเล่น กับ การ์ตูนล้อเลียนปัญหาวิศวกรรม ชนิดต่างๆและอื่น ๆ แล้วคุณจะไม่หลายชนิด”กบในกะลา”และต้องการ SBY เปลือกปิด แล้วคุณจะโง่ จะดำเนินการ SBY 1001 ปัญหาที่สืบจริงของ Orba กับแนวทางการแก้ไข สวัสดิการ เสรีภาพในการพูดไม่ได้สำหรับคนอย่างเท่าเทียมกัน SBY เหมือนระกาเล้าโลม, สนุกเอง คุณต้องการที่อยู่อาศัยใน เพื่อนบ้าน เผา – อยู่อาศัยใน Tangerang ทำไม จะ ไม่ของคุณดีกว่าเผาวิญญาณไฟโค่น SBY ชนิดเราการเคลื่อนไหวเคลื่อนที่ซึ่งได้รับการเสียสละ ความพยายาม หนักโค่นรัฐมนตรีอภิสิทธิ์เฉพาะน้ำมันรัก, ศาลากลางน้ำมันเชื้อเพลิงของคุณหากพวกเขาไม่ได้หมายถึงการโค่น SBY, ศาล เชื้อเพลิงหากไม่ได้ atrocities ร้ายแรง ประณาม อิสราเอลเผาผู้นำวัด Laura รักษา แต่ไม่มากปกป้องศาสนา เพื่อน, ฮาลาลถ้าคุณเผาอาคารรัฐสภาและพระราชวัง บ่อยครั้งเมื่อได้ยินเพลงคุณไม่สาธิตดีเมื่อ ไปจาการ์ต้า ผ่าน : ปฏิวัติปฏิวัติปฏิวัติจนตาย เพื่อ การปฏิบัติ มัน การ เคลื่อนไหวการเคลื่อนไหวของเราในประเทศไทยลูกชายของฉันได้อีกครั้งและลูกของ ฉันจะประสบความสำเร็จเพื่อโค่นอภิสิทธิ์, ในประเทศ ตุ๊กตาทหารและครึ่งกษัตริย์สัมผัสของตาย

    Bila macam itu perbincangannya, awak semua rugi dan yang berjaya kerajaan pusat dan daerah di dalam kuasa SBY, sebab kamu tidak mengkritik hal-hal yang tidak dilakukan SBY dan Gabenor Jakarta, yang tidak membina rangkaian kereta elektrik standard negara moden, tidak punya sarana pembakaran sampah moden tak juga, kerajaan Indon itu membodohi kamu, dengan membuat isyu-isyu lain dalam luar negeri. Gabenor Jakarta kerana SBY Presiden sekadar bicara, pasti tak nak beramal apa-apa buat kamu. Kereta elektrik macam metro yang selamat, selesa dan tepat waktu, dan minimal rangkaian monorel ada tak. Padahal kami sudah lama memiliki. Sementara SBY baharu sahaja menerima hutang milyaran dolar mengemis dari Kesatuan Eropah dan Bank Dunia, katanya bagi menanam hutan and musti mengawal. Kalau tak, maka wang itu akan pasti banyak menguap nanti dan mungkin juga unituk program pemenangan kempen dia pada 2014. Kamu berkata sudah merdeka 60 tahun lebih tapi kamu tidak punya angkutan umum moden macam kami di Malaysia, Thailand, Singapura, China, jangankan macam di Inggeris, Amerika Syarikat, Russia, dll, yang punya banyak kereta-kereta elektrik, metro, sudah puluhan tahun itu. Ingat, bukan metromini, iaitu bas tiga-perempat Indon burok dan lambat itu. Anda gampang banget diseret ke perbincangan karikatur, padahal kerajaan kamu, SBY, tetap korup, tidak perduli dengan kamu, lagipun banyak orang di dalam kerajaan SBY, rasuah terus-terusan, dibiarkan dia, dalam-dalam saja di bawah pemerintahan SBY. Kalau kamu dengan diombang-ambingkan dengan pelbagai macam isu macam karikatur dan yang lain, maka kamu tak ubahnya macam “katak dalam tempurung” dan “mau ditempurungi” SBY, goblok kamu. 1001 isyu diamali SBY, pengganti sejati orba dengan pengubahsuaian pendekatan kebebasan bicara bukan kesejahteraa bagi rakyat merata. SBY tak ubahnya si jago pura-pura, nikmatilah olehmu. Mengapa di antara kamu lebih suka membakar perumahan-perumahan sasamamu di Tangerang itu misalnya dan bicara semata-mata. Tidakkah ada di antara kamu lebih baik membakar api semangat kamu semua bagi menggulingkan SBY, macam rakan-rakan kita yang sudah berupatya keras mengorbankan diri menggulingkan Perdana Menteri Abhisit, bakar semangatmu, dan jangan lupa juga, bakar gedung DPR kalau mereka tidak bersungguh menggulingkan SBY, bakar istana itu kalau mereka tidak serius mengutuk kekejaman Israel, bakar pemimpin-pemimpin yang pura-ura membela tetapi tidak benar-benar membela sesama iaitu agama kamu, jadi halal kalau kamu membakar bangunan DPR dan istana itu. Sering kudengar lagu kamu saat beramal demonstrasi ketika aku berkunjung ke Kuala Lumpur masa lalu: revolusi, revolusi, revolusi sampai mati. Jadi amalkan itu. Rakan-rakan kita di Thailand nak bangkit lagi, dan nak pasti berjaya menggulingkan Abhisit, boneka tentera tempatan dan raja yang terkena mati setengah itu dn tak lagi dianggap oleh rakan-rakan tertindas di Thailand. Rakan-rakan di Indonesia jauh lebih tertindas, mengapa tidak bangkit. Tidurkah, terhiburkah.

  2. membuat karikatur islam di dunia maya, agar manusia mengenal tentang islam dan Muhammad nabi palsu, dengan ajaran kebencian dan membunuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s