Oleh: MAULA | Juni 5, 2010

10 Istilah Dasar Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Hosting merupakan salah satu faktor pendukung dalam ngeblog. Selain mengetahui tips memilih web hosting, Anda juga perlu tahu istilah-istilah hosting agar tidak bingung dibuatnya. Jika Anda belum mengenalnya, di bawah ini adalah 10 istilah dasar hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Web Space (Disk Space) –  Kapasitas ruang untuk menyimpan semua file suatu situs atau blog seperti halaman, gambar, video, dan sebagainya.

2. Bandwith – besaran data yang ditransfer dari hosting ke pengunjung. Penyedia hosting umumnya membatasi bandwith dalam hitungan bulan (satuannya GB).

3. Shared Hosting – Jenis layanan hosting di mana ratusan atau bahkan ribuan website/blog disimpan pada satu server.

4. VPS – Kepanjangannya adalah Virtual Private Server.  Ini berupa sebuah server yang dipartisi menjadi beberapa drive virtual. Masing-masing drive ini bisa dimodifikasi dan digunakan sebagai dedicated server.

5. Dedicated Server – Sebuah server yang digunakan hanya oleh satu pelanggan (tidak di-share dengan pelanggan lain). Sang pelanggan memiliki kontrol penuh terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan server tersebut.

6. Cpanel – Sebuah panel admin yang terpopuler saat ini. Di bagian ini pengguna bisa dengan mudah mengatur fitur yang ada, misalnya menginstal theme, upload plugin, dan sebagainya. Sekarang ini yang paling banyak digunakan adalah cPanel 11.

7. Add On Domain – Fitur yang memungkinkan menambahkan beberapa domain dalam satu akun hosting.

8. DNS – Kepanjangannya adalah Domain Name System (Sistem Penamaan Domain). Ini adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama hosting maupun nama domain dalam bentuk database terdistribusi (distributed database).

9. Fantastico Deluxe – fitur atau software yang tersedia di penyedia hosting untuk menginstall beragam script diantaranya WordPress, Joomla, OsCommerce dan sebagainya hanya dalam beberapa kali klik saja. Awalnya saya menggunakan software ini, namun dalam beberapa bulan lalu mengubahnya dengan menggunakan Simple Script yang lebih cepat dan mudah.

10. FTP – Kepanjangannya adalah File Transfer Protocol. Ini adalah sebuah protokol Internet untuk pentransferan file komputer dalam sebuah jaringan internet.

Sumber: http://www.blogodolar.com/10-istilah-dasar-hosting-yang-perlu-anda-ketahui/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: