Oleh: MAULA | Juli 13, 2010

5 Kudapan yang Harus diwaspadai

Cemilan dan minuman ringan biasanya menjadi teman setia kala kita menonton. Meski iseng tapi setidaknya cemilan bisa mengatasi rasa lapar yang kadang muncul secara tiba-tiba.

Di balik nikmatnya mengkonsumsi cemilan, ada yang perlu Anda cermati, terutama kenaikan berat badan yang bisa terjadi secara drastis jika Anda mengkonsumsi makanan ringan secara berlebihan setiap harinya. Kandungan garam, karbohidrat, lemak dan gula yang ada dalam cemilan dan minuman bisa mengubah tubuh Anda menjadi lebih berat dari sebelumnya.

Namun memang tidak ada yang lebih mengasyikan dibanding ‘nyemil’ makanan yang Anda sukai, dan untuk membatasinya Anda bisa saja memilih makanan yang lebih sehat. Setidaknya pastikan lima cemilan yang harus Anda waspadai selama bersantai agar tidak terus menerus dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Berikut ini lima cemilan yang patut Anda waspadai

Mengandung gula-gula

Cokelat, permen, dan makanan yang mengandung gula tinggi memberi efek menunda kantuk, semakin banyak cemilan mengadung gula yang dikonsumsi akan membuat kita terjaga, sehingga akan banyak cemilan yang kita konsumsi.

Selain itu ada yang perlu Anda ingat, di setiap makanan yang mengandung gula, kebanyakan dibuat dari gula buatan. Yang jika dikonsumsi secara berlebih tidak baik untuk kesehatan. Ada baiknya Anda menggantinya dengan cemilan yang mengadung sugar free atau low sugar.

Minuman bersoda

Rasanya memang segar dan enak jika dikonsumsi, tapi Anda juga perlu tahu bahwa minuman bersoda mengandung kadar gula tinggi dan berkarbonasi yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan berefek buruk bagi kesehatan. Senyawa asam yang terdapat didalamnya akan memberikan efek negatif bagi tubuh,

Cemilan berbumbu

Kacang, keripik, popcorn, kue-kue dan cemilan lain yang dibumbui juga berefek buruk bagi kesehatan. Bahan dasar cemilan sudah mengandung karbohidrat tinggi, yang tentunya akan mempengaruhi berat badan Anda. Ditambah lagi penggunaan bumbu penyedap yang ditabur pada cemilan. Efek yang ditimbulkan memang tidak seketika, namun perlu Anda waspadai jika berlebihan akan menimbulkan efek yang merugikan kesehatan, misalnya garam dapat meningkatkan resiko hipertensi, begitu juga dengan penyedap rasa yang dapat meningkatka resiko kanker.

Makanan cepat saji

Mie instan masuk dalam kategori makanan cepat saji. Biasanya makanan jenis ini dimakan sebagai penganjal rasa lapar manakala tidak ada makanan berat. Tapi tahukah Anda mie instan mengadung karbohidrat dan penyedap rasa yang tinggi, yang jika dikonsumsi secara berlebih dapat merugikan kesehatan? Waspadai makanan jenis ini.

Roti isi

Menyantap roti lengkap dengan krim dan gula-gulanya memang sangat memanjakan lidah dan menjadi alternatif pengganti makan di tengah malam. Namun menyantapnya tiap hari saat menonton televisi? Tentu bukan pilihan yang baik untuk kesehatan Anda. roti penuh dengan karbohidrat dan lemak yang siap menaikkan berat badan dan gula darah Anda.
Sumber: http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=35166


Responses

  1. kawan mau ngasih tahu PTC baru nih…
    yang bakal aktif tanggal 1 Agustus.
    yang berminat silakan kunjungi link dibawah ini…
    http://www.imcrew.com/?r=58489
    maaf klo mengganggu…
    salam hangat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: