Oleh: MAULA | Agustus 10, 2011

Penyebab Kerusuhan London

Kerusuhan di Kota London yang terjadi sejak tanggal 6 Agustus lalu ternyata menimbulkan dampak yang sangat besar, selain menajdi kerusuhan di kota London yang terbesar sejak perang dunia ke dua, kerusuhan London tersebut juga telah melumpuhkan kota London (Bahkan kota-kota lainya seperti Manchester, Liverpool, Bristol, dll). Enam belas ribu polisi yang dikerahkan oleh pemerintah ternyata juga tak mampu mengatasi kerusuhan ini.

Lalu sebenarnya apa sih pemicu atau penyebab kerusuhan London ini? Ternyata Kerusuhan di London terjadi karena peristiwa penembakan seorang warga lokal bernama Mark Duggan oleh seorang anggota polisi. Tewasnya Duggan ini kemudian disambut demonstrasi sejumlah keluarga Duggan (saat demo, jumlahnya hanya sekitar 120 orang), Namun entah kenapa tiba-tiba demonstrasi ini tiba-tiba menjadi liar dan makin banyak orang yang berpartisipasi.

Demo kemudian makin membesar dan berkembang ke arah kerusuhan. Kerusuhan ini makin menjadi dan berkembang ke arah penjarahan dan perusakan massal. Kerusuhan juga mengakibatkan hancurnya beberapa fasilitas umum dan penjarahan beberapa toko. Polisi mengatakan kerusuhan ini membesar akibat penggunaan media sosial seperti Facebook dan Twitter serta fasilitas Blackberry Messenger (BBM) pada smartphone Blackberry.

Sebuah akun fan page di Facebook dengan nama R.I.P Mark Duggan muncul untuk menghormati Mark Duggan. Mark juga diduga sempat mengirim pesan via BBM kepada tunangannya di malam sebelum dia tewas yang mengatakan bahwa ia sedang diikuti oleh polisi. Para perusuh dan penjarah menurut polisi juga menggunakan Twitter sebagai sarana untuk menyebarkan foto aksi penjarahan toko dan pembakaran mobil polisi sehingga mengakibatkan insiden ini membesar.

Sumber


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: