Oleh: MAULA | Oktober 10, 2014

Kenali Fakta Ebola Agar Tidak Panik

Ebola kini sering menjadi laporan utama sejumlah media, setelah menyebar di Afrika Barat, dan kini telah ditemukan pula di Eropa dan Amerika Serikat. Beberapa rumor dan mitos mengenai virus ini telah membuat khawatir banyak orang, apalagi banyak ditemukan hoax di jejaring sosial.

Ini adalah beberapa fakta mengenai bagaimana virus Ebola bisa disebarkan, seperti yang dirangkum dari laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat.

Tidak menyebar lewat udara

Ebola tidak menyebar lewat udara seperti penyakit flu, karenanya adanya pesan berantai yang mengatakan Ebola telah mengalami modifikasi dan kini bisa menyebar lewat udara adalah salah, seperti yang ditulis WHO.

Tidak menyebar lewat air

Ebola tidak mengkontimasi lewat air, seperti kolera atau disentri.

Ebola tidak menular dari orang yang baru memiliki gejala

Virus Ebola hanya muncul dalam cairan tubuh seseorang yang sudah memiliki simptom, tetapi ia tidak akan menularkan kepada orang lain, hingga dirinya sakit.

“Waktu terekspos virus, hingga gejala muncul, atau masa inkubasi, adalah dua hingga 21 hari, tetapi rata-rata 8 sampai 10 hari,” ujar juru bicara CDC. “Simptom atau gejala adalah deman tinggi, lebih dari 38,6 derajat celcius, selain itu juga sakit kepala parah, sakit-sakit otot, muntah-muntah, diare, sakit perut, kadang juga ada pendarahan,” tambahnya.

Tidak disebabkan gigitan nyamuk

Virus Ebola tidak dibawa oleh nyamuk, seperti pada penyakit demam berdarah.

“Sama sekali tidak ada bukti jika nyamuk dan serangga membawa virus Ebola,” jelas CDC. “Hanya saja mamalia, misalnya manusia, kelelawar, nyamuk, atau kera, yang memiliki kemampuan untuk menyebarkan virus ini.”

Ebola menular lewat pertukaran cairan atau jika memiliki kontak dengan cairan tubuh penderita

Pertukaran cairan tubuh menjadi metode utama penularan. Ebola bisa menular lewat pertukaran air liur, darah, keringat, muntah, air seni, dan air semen. Penularan ini bisa terjadi setelah melakukan kontak dengan penderita Ebola yang melibatkan cairan tubuh, seperti misalnya berciuman, berbagi makanan, atau berhubungan badan. Pertukaran jarum suntik juga sangat beresiko tinggi.

 

Source:

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2014-10-10/kenali-fakta-sebenarnya-mengenai-ebola-agar-tidak-panik/1377759


Responses

  1. Kalau lihat cara penularan seperti itu, kelihatanya mudah diatasi, tapi fakta penularanya sangat menakutkan. Apakah penjeasa diatas valid?h

    • BEGINI CARA PENULARAN VIRUS EBOLA PADA MANUSIA

      SELURUH dunia saat ini menyerukan waspada terhadap penyebaran virus Ebola. Berbagai faktor ditengarai menjadi penyebab penyebaran virus Ebola atau EBOV.

      Virus Ebola adalah penyebab penyakit demam berdarah Ebola. Ada lima strain virus Ebola, yakni Bundibugyo ebolavirus, Zaire ebolavirus, Reston ebolavirus, Sudan ebolavirus, dan Tai Forest ebolavirus. Reston ebolavirus didapati di Filipina dan China pada binatang, namun jenis ini tidak memberikan penyakit pada manusia meskipun bisa menginfeksi. Yang paling sering menimbulkan wabah adalah jenis Bundibugyo, Zaire ebolavirus, dan Sudan ebolavirus.

      Hal itu diungkapkan Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof dr Umar Fahmi Ahmadi, MPH., Ph.D. Mantan Mantan Ditjen P2PL Kemenkes RI ini menambahkan, cara penularan virus adalah melalui kontak cairan penderita, seperti keringat, darah, sperma, liur, dan lainnya.
      “Kontak dengan penderita melalui media tersebut, belum ada bukti penularan melalui udara,” katanya, dalam keterangan tertulis, baru-baru ini.
      Di Afrika, kata Umar, penularan Ebola, selain kontak dengan manusia juga dengan binatang yang sudah mati, seperti antilop, monyet, gorila, dan lainnya. Cairan dari binatang tersebut atau dari manusia lewat kontak kulit, terutama jika kulit terluka sedikit.

      “Menangani mayat korban juga dapat tertular, jadi harus dengan sarung tangan dan baju yang anti kontak cairan,” jelasnya. Karena itu, Umar menegaskan bahwa sangat dianjurkan menjaga kebersihan badan dan sering cuci tangan menggunakan sabun. (fik)

      http://lifestyle.okezone.com/read/2014/08/13/482/1023975/begini-cara-penularan-virus-ebola-pada-manusia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: