Oleh: MAULA | Juni 24, 2016

Kelompok Takfiri Tembak Mati Penyanyi Sufi Pakistan

 

amjadSalah satu penyanyi terkenal Pakistan, Amjad Sabri (45 tahun), ditembak mati di kota Karachi (Rabu, 22/6/2016).

Dua pria bersenjata menembak kendaraannya di daerah sibuk Liaqatabad, kata polisi. Sabri meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Sabri adalah salah satu tokoh musik Sufi, yang dikenal dengan nama Qawwali. Qawwali adalah jenis musik yang berakar dari sufisme, salah satu aliran Islam yang selama berabad-abad banyak dipraktikkan di Pakistan dan India.

Sufisme, praktik Islam yang mistis dan toleran, memiliki jutaan pendukung di Pakistan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir menghadapi serangan kelompok ekstrem Sunni (takfiri). Kelompok ekstremis agama menolak sufisme, karena dianggap tidak berkaitan dengan Islam. Para pendukung Taliban yang anti pemerintah Pakistan dalam beberapa tahun belakangan ini melancarkan serangan terhadap para pengikut dan tempat-tempat ibadah sufisme.

Qari Saifullah, Juru Bicara Tehrik-e-Taliban Pakisatan (TTP) Hakeemullah mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu, namun, tak ada pengabsahan independen mengenai pernyataan tersebut.

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain, Perdana Menteri Nawaz Sharif dan para pemimpin politik dengan keras mengutuk serangan itu.

Di dalam satu pernyataan, Perdana Menteri Pakistan menginstruksikan lembaga terkait agar membekuk para pelaku yang terlibat dalam pembunuhan Amjad Sabri dan menyeret mereka ke pengadilan.

Sehari setelah ia ditembak mati di Karachi, kota pelabuhan di Pakistan Selatan, puluhan ribu pelayat hari Kamis (23/6) menghadiri prosesi pemakaman penyanyi sufi terkenal tersebut.

Lahir pada tanggal 23 Desember 1970, Amjad mulai belajar musik qawwali dari ayahnya. Ia mulai naik panggung pada usia 12 tahun bersama ayahnya pada tahun 1988. [bbc/antara/wikipedia]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: