Oleh: MAULA | Agustus 9, 2016

Manfaat Tidur Siang bagi Anak Usia 5-12 Tahun

 

Catatan redaksi: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melontarkan gagasan full day school dengan alasan untuk pengembangan karakter anak dan sekaligus menunggu orangtuanya yang masih bekerja (7/8/16). Sontak saja gagasan ini menuai kritik dari berbagai kalangan pemerhati pendidikan. Salah satu keberatan atas sistem full day school adalah ketiadaan jam tidur siang pada anak. Berikut ini adalah artikel yan menyorot bagaimana tidur siang dalam perspektif kesehatan.

 

Jangan pernah meremehkan tidur siang karena ia sangat bermanfaat, terutama untuk anak usia 5-12 tahun, dimana mereka tengah berada dalam masa pertumbuhan yang pesat. Tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun tidak hanya bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, tetapi  lebih dari itu. Beberapa manfaat tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun, diantaranya : membantu proses metabolisme, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya, mencerdaskan otak, membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal, meningkatkan konsentrasi anak, dan lain-lain.

Banyaknya manfaat tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun membuat para orang tua harus berusaha keras untuk membiasakan anak-anaknya tidur siang. Namun, membiasakan anak usia tersebut untuk tidur siang bukanlah hal yang mudah, karena banyak kendala yang membuat anak usia menjadi susah disuruh tidur siang. Beberapa kendala tersebut diantaranya : lebih tertarik pada acara televisi, asyik main game ataupun play station, main dengan teman-temannya, dan lain-lain. Namun jika menilik manfaatnya bagi tumbuh kembang dan juga kesehatan anak, rasanya orang tua wajib menetapkan jadwal tidur siang untuk anaknya.

Meskipun manfaat tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun sangatlah besar, namun bukan berarti orang tua harus memaksa anaknya tidur siang hingga berjam-jam lamanya. Biarkan anak tetap beraktivitas seperti biasa, dan yang terpenting kebutuhan tidur anak bisa tercukupi dengan baik. Tidur siang tidak perlu lama, 1 atau 2 jam saja sudah cukup asalkan tidurnya berkualitas. Tahukah Anda kebutuhan tidur anak usia 5-12 tahun? Pada usia segitu, anak membutuhkan waktu tidur 10 hingga 12 jam. Jadi jika ia menolak tidur siang, maka biarkan saja karena mereka akan memenuhi kebutuhan tidurnya di malam hari.

Namun jika Anda ingin membiasakan anak usia 5-12 tahun untuk tidur siang, maka simak beberapa tips berikut ini :
– Buat suasana kamar mejadi menyenangkan, misalnya suhunya yang sejuk, tenang
– Bebaskan kamar anak dari barang elektronik yang dapat mengganggu waktu tidurnya.
– Matikan gadget satu jam sebelum waktu tidur tiba.
– Ajarkan pada anak tentang manfaat tidur siang
– Berikan makanan yang mengandung serotonin, seperti : pisang, yoghurt, susu dan produk olahan lainnya,  karena makanan tersebut terbukti mampu merangsang keinginan untuk tidur.

Jika diatas kita sudah membahas tentang tips dan manfaat tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun. Kini saatnya Anda mengetahui dampak kekurangan tidur bagi anak usia 5 hingga 12 tahun yang diantaranya adalah : sulit konsentrasi dalam belajar, kelelahan, tumbuh kembangnya terhambat, perubahan perilaku menjadi kurang baik, seperti gampang marah, malas, dan lain-lain.

Jadi, alangkah bijaknya jika Anda memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh lebih optimal dengan cara yang teramat mudah dan murah, yakni tidur siang.[]

 

Source: http://artikelkesehatananak.com/manfaat-tidur-siang-bagi-anak-usia-5-12-tahun.html

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: